top of page

Detektor Logam Jarak Jauh. Fakta yang mengejutkat!

Diperbarui: 5 Mei 2023


banner pengguna detektor jarak jauh

Introduksi Masalah Detektor Jarak Jauh

Apakah Anda ingin menemukan harta karun, emas, dan intan dengan mudah? Detektor logam jarak jauh mungkin tampak seperti solusi yang tepat. Namun, sebelum Anda membeli, Anda mungkin meragukan apakah klaim tentang detektor logam jarak jauh benar atau tidak. Terutama jika Anda pemula dalam berburu emas.


Jangan khawatir, kami akan menjelaskan tentang sains di balik detektor logam jarak jauh dan memberikan solusi terpercaya untuk perburuan harta karun Anda. Dengan informasi yang sah dan akurat, Anda dapat memilih produk yang tepat untuk membantu Anda dalam mencari harta karun yang Anda cari. Temukan solusi terbaik untuk masalah detektor jarak jauh Anda di artikel ini.


 

  • Apakah beneran detektor logam jarak jauh itu bisa ngedeteksi emas atau cuma bohong aja?

  • Bisa ga sih detektor logam jarak jauh sampe nyampe kedalaman puluhan atau bahkan ribuan meter?

  • Detektor logam jarak jauh bisa ngedeteksi intan atau berlian juga ngga sih?

  • Teknologinya apa sih yang dipake buat detektor logam jarak jauh ini?

  • ...


 

Di bawah ini Anda akan menemukan penjelasan mengenai teknologi dan kemampuan detektor logam jarak jauh tersebut.



Pilihan Long Range Detector

Ada banyak produk detektor logam jarak jauh yang dijual dengan klaim jangkauan yang fantastis. Namun, jangan terlalu percaya dengan janji-janji tersebut. Jangan terlalu tergiur dengan kinerja yang dijanjikan, karena sebenarnya jangkauan pendeteksian yang dihasilkan sangat mengecewakan dan atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.


Manufaktur detektor logam jarak jauh seperti OKM, GER, TITAN, AKS, HAWKEYE, dan banyak manufaktur dari China menjual produk mereka dengan klaim jangkauan pendeteksian hingga 500.000 kali lebih baik dari detektor biasa. Namun, sebaiknya jangan terlalu percaya dengan klaim tersebut dan lakukan penelitian terlebih dahulu sebelum membeli.


Jika Anda ragu, itu wajar. Jangan mudah terpengaruh oleh klaim penjual, pertimbangkan secara hati-hati sebelum membeli detektor logam jarak jauh.



Bentuk Long Range Detector

contoh barang detektor logam palsu yang tidak berfungsi

Detektor logam jarak jauh dapat memiliki bentuk yang beragam, ada yang seperti pistol sinar di film fiksi ilmiah, ada juga yang bentuknya seperti detektor logam biasa. Tidak hanya itu, ada juga perangkat detektor jarak jauh yang bentuknya seperti tongkat atau batang. Bentuk perangkat tersebut biasanya terkait dengan klaim yang dibuat oleh pabrik tentang produknya. Perangkat ini diproduksi oleh berbagai pabrik, termasuk yang biasanya membuat mainan anak-anak.



Klaim dan Ekspektasi Detektor Logam Jarak Jauh

Detektor logam jarak jauh dijanjikan mampu menangkap frekuensi resonansi logam dan dapat melacak logam yang sangat dalam di bawah tanah, termasuk barang berharga seperti emas. Namun, seberapa jauh klaim tersebut dapat dipercaya?

Janji Kedalaman 500.000 x lebih bagus

Penjual detektor logam jarak jauh menjanjikan kedalaman pendeteksian hingga 500.000 kali lebih dalam dibanding dengan detektor biasayang menggunakan teknologi VLF, PI, Multi Frequency. Namun, hal ini hanya sebuah janji manis yang tidak berdasarkan realitas apa pun. Variasi tampilan detektor logam jarak jauh juga berhubungan dengan klaim yang dibuat oleh pabrik tentang produk tersebut.


Penting bagi para pemburu harta karun untuk memiliki ekspektasi yang realistis mengenai kedalaman yang bisa dicapai dengan pendeteksi emas. Untuk itu, disarankan untuk menonton video "Rahasia Kedalaman Alat Detektor Emas" untuk mempelajari faktor-faktor yang memengaruhi jarak pendeteksian.


Daftar promosi perangkat detektor logam

Peralatan untuk mencari emas, harta karun, uang, berlian dan intan, ....

Pabrik pembuat peralatan detektor jarak jauh sering kali menjanjikan bahwa detektor tersebut bisa mendeteksi benda selain logam. Sehingga operator berpikir bahwa tidak hanya logam mulai dan emas yang bisa dideteksi, tetapi juga intan dan berlian.


Screenshot Wikipedia Artikel mengenai Long-Range Locator
  • "perangkat penipuan"

  • "(...) perangat tidak berfungsi waktu diuji dengan standard ilmiah tepat (double blind test) dan prinsip resonsansi juga tidak berfungsi juga pada diuji di laboratorium."

  • "(...) tidak pernah ada perangkat detektor logam jarak jauh yang berfungsi sesuai dengan ruang lingkup artikel ini, dan alat yang dipresentasikan tidak mampu memenuhi janjiannya sama sekali.

  • Industri Detektor Jarak Jauh adalah penipuan terdokumentasi dan harus diangkap sebagai sebuah penipuan."


Anda bisa membaca informasi yang telah diverifikasi dan melihat istilah-istilah yang dipublikasikan oleh Wikipedia.


Namun, menurut sumber terpercaya, perangkat detektor jarak jauh dianggap sebagai perangkat penipuan. Perangkat tersebut tidak berfungsi ketika diuji dengan metode ilmiah yang tepat (double blind test) dan prinsip resonansi yang dijanjikan juga tidak bekerja ketika diuji di laboratorium. Oleh karena itu, tidak ada perangkat detektor logam jarak jauh yang benar-benar bekerja sesuai dengan yang dijanjikan oleh pabrik. Industri detektor jarak jauh dianggap sebagai penipuan terdokumentasi dan harus dianggap sebagai penipuan.


Detektor logam jarak jauh bekerja dengan menangkap frekuensi resonansi logam. Mereka menggunakan perangkat seperti antena untuk memancarkan pulsa elektromagnetik yang sesuai dengan frekuensi logam yang dicari. Beberapa detektor logam jarak jauh menggunakan sensor yang masuk ke dalam tanah, yang disebut "probe". Banyak produsen detektor logam jarak jauh mengklaim bahwa mereka dapat mengatur frekuensi supaya operator bisa menemukan logam tertentu seperti emas, perak, dan sebagainya.


Meskipun penjual detektor logam jarak jauh suka menjanjikan bahwa alatnya juga bisa digunakan untuk mencari benda selain benda logam, seperti intan, berlian, petroleum, gas, dan uang, klaim ini belum tentu berdasar pada kenyataan. Di artikel ini, kita akan membahas klaim ini secara lebih rinci.



Teknologi Detektor Logam Jarak Jauh

Daftar berikut mencakup ringkasan klaim seputar sains (semu) di balik detektor logam jarak jauh.

  • Teknologi di balik detektor logam jarak jauh tergantung pada kemampuan alatnya untuk menangkap frekuensi resonansi logam.

  • Dengan menggunakan perangkat seperti antena, mereka mengklaim bahwa detektor ini dapat memancarkan pulsa elektromagnetik yang sesuai dengan frekuensi yang tepat dari logam yang Anda cari.

  • Kadang-kadang antena diganti dengan sensor yang ditanam ke dalam tanah, disebut "probe". Itulah trik psikologi supaya konsumen awam lebih mudah diyakinkan ketika ada bagian sensor yang harus ditanam dalam tanah karena usaha untuk menanam sensor ke dalam tanah lebih besar dan alatnya lebih mirip dengan alat eksplorasi geomagnet dan geolistrik yang digunakan oleh geolog untuk menguji karakteristik tanah dan mineral.

  • Karena detektor logam jarak jauh seharusnya mengidentifikasi benda harta karun / emas melalui frekuensi resonansi yang tepat, banyak produsen mengklaim bahwa mereka dapat mengatur frekuensi sehingga operator dapat menemukan logam tertentu seperti emas, perak, dll.

  • Oleh karena itu, penjual detektor jarak jauh suka menjanjikan bahwa alatnya juga dapat digunakan untuk mencari benda selain logam, seperti intan, berlian, minyak bumi, gas, uang, dll. Kami akan membahas ini secara lebih rinci nanti.



Apa itu Resonansi dan Bagaimana Berhubungan dengan Detektor Logam Jarak Jauh?

Resonansi adalah fenomena di mana suatu benda bergetar pada frekuensi tertentu sesuai dengan karakteristik fisiknya. Teknologi detektor logam jarak jauh didasarkan pada kemampuan alatnya untuk menangkap frekuensi resonansi logam. Namun, banyak penjual detektor jarak jauh mengklaim bisa menemukan benda berharga yang berada jauh di bawah permukaan tanah. Pernyataan ini tidak didukung oleh fakta dan mungkin merupakan tindakan penipuan. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang resonansi dan kebenaran di balik klaim detektor logam jarak jauh.


Fakta dan Fiksi tentang Konsep Resonansi Detektor Logam Jarak Jauh

Konsep Resonansi adalah konsep ilmiah yang terbukti nyata, didukung oleh matematika kompleks dan ilmu fisika modern. Ini adalah salah satu alasan mengapa produsen detektor logam jarak jauh dapat begitu meyakinkan. Namun, ketika seseorang mencoba memeriksa fakta klaim produsen, mereka kadang-kadang menemukan link ke situs web sains yang memang benar, tetapi informasi tentang resonansi yang disediakan tidak ada hubungannya dengan aplikasi atau kemampuan detektor logam jarak jauh.


Fiksi ilmiah sering kali berada di perbatasan antara fakta dan fantasi, oleh karena itu, penting untuk berhati-hati agar tidak mencampuradukkan kenyataan dengan fantasi. Dalam hal detektor logam jarak jauh, ada banyak klaim fantastis yang tidak didukung oleh sains yang benar-benar berlaku. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami konsep resonansi yang sebenarnya dan cara kerja detektor logam jarak jauh secara akurat sebelum membeli atau menggunakannya.


Video Tes Ionika VR Forward Gauss

Jean saat menguji Ionika VR Forward Gauss

Silakan tonton video pengujian perangkat detektor Ionika VR Forward Gauss yang terkenal untuk membuktikan fungsionalitasnya. Anda tidak akan percaya apa yang dilakukan oleh operator pada akhirnya. Hal itu bahkan jauh lebih buruk dari yang diperkirakan.



Alasan Mengapa Detektor Logam Jarak Jauh Tidak Dapat Berfungsi

Mungkin Anda berpikir, mengapa detektor logam jarak jauh tidak mungkin berfungsi jika frekuensi resonansi adalah hal yang nyata? Hal ini terutama disebabkan oleh Hukum Kuadrat Invers (Inverse Square Law). Menurut Merriam Webster, Hukum Kuadrat Invers didefinisikan sebagai "hukum fisika apa pun yang menyatakan besarnya suatu kuantitas atau kekuatan fisika berbanding terbalik dengan kuadrat jarak dari sumber pemancarnya." [Source Link: https://en.wikipedia.org/wiki/Inverse-square_law]


Dengan kata lain, resonansi logam dan benda lain yang seharusnya dapat ditangkap oleh peralatan ini tidak cukup kuat pada jarak yang diklaim. Jika teknologi semacam itu memang ada, itu akan menjadi terobosan sains yang sangat signifikan dan fundamental, sehingga akan menarik perhatian media internasional dengan cepat. Penemuan teknologi semacam itu akan memiliki dampak yang mirip dengan penemuan roda, listrik, motor, dan lain sebagainya.

Namun, karena detektor jarak jauh hanya didasarkan pada ilmu semu dan tidak berfungsi, maka hanya orang yang naif dan awam yang akan memperhatikannya.




Apakah Detektor Logam Jarak Jauh Memiliki Kegunaan yang Nyata?

Mengapa Produsen Detektor Logam Jarak Jauh Memasukkan Teknologi Pseudosains Mereka ke dalam Daftar Teknologi? Produsen detektor logam jarak jauh sering kali memasukkan teknologi pseudosains mereka ke dalam daftar teknologi bersama dengan teknologi detektor logam standar untuk memberikan kesan kredibilitas dan serius dalam produksi detektor logam. Trik ini didasarkan pada ilmu psikologi, terutama dalam psikologi konsumen dan pasar.



Jenis Detektor Jarak Jauh Lain yang Perlu Anda Ketahui

Selain detektor logam jarak jauh, ada juga jenis detektor jarak jauh lainnya yang dipasarkan dengan klaim ilmiah semu yang sama, seperti detektor untuk bola golf, bahan peledak, harta karun, dan sebagainya. Mereka mengklaim menggunakan prinsip frekuensi resonansi untuk mendeteksi target yang diinginkan. Namun, perlu diingat bahwa klaim tersebut tidak didukung oleh fakta ilmiah yang valid. Berikut beberapa jenis detektor jarak jauh palsu yang terkenal.



Daftar Detektor Jarak Jauh yang Palsu dan Telah Diadili

Detektor logam jarak jauh bukanlah satu-satunya perangkat palsu berdasarkan ilmiah semu yang dijual. Ada banyak jenis detektor jarak jauh yang seharusnya dapat mendeteksi segala hal, mulai dari air tanah hingga bom dan obat-obatan, namun, klaim dasar mereka semuanya berakar pada prinsip frekuensi resonansi yang tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat. Di bawah ini adalah daftar beberapa perangkat palsu yang terkenal.


  • Dowsing Rods: Meskipun tidak modern, perangkat ini mungkin adalah pelacak jarak jauh palsu pertama yang diciptakan untuk membantu menemukan air tanah. Batang berbentuk Y ini konon menarik pengguna ke arah deposit air, namun tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan keakuratan klaim ini. Detektor-detektor ini dilarang digunakan dalam segala bidang yang terkait dengan pemerintahan atau industri yang bersifat sensitif karena terbukti hanya bersifat fiktif dan tidak memiliki bukti fungsional yang sah.


  • ADE 651: Perangkat palsu ini dikembangkan oleh perusahaan ATSC (Advanced Tactical and Security Communications) dan dimaksudkan untuk mendeteksi bom. Sangat meyakinkan sehingga digunakan oleh Tentara dan Polisi Irak untuk sementara waktu, namun tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat. Para produsen dan penjual dinyatakan bersalah atas tindakan penipuan, dan beberapa di antaranya dipenjara. Perwira militer yang membeli alat tersebut dipecat dan dianggap tidak layak secara mental untuk menduduki jabatan publik apapun.


  • Sniffex/Sniffex Plus: Teknologi penipuan ini diciptakan oleh Homeland Safety International dan diklaim dapat mendeteksi bom. Perusahaan ini digugat pada tahun 2008 karena penipuan dan kejahatan keuangan. Tidak ada dari fitur dan fungsi yang dijanjikan yang benar-benar ada karena teknologi yang diklaim tidak ada dalam aplikasi nyata hingga saat ini.


  • Alpha 6: Benar bahwa perangkat seperti ADE 651 dan Sniffex mengklaim dapat mendeteksi bom, tetapi perangkat deteksi jarak jauh lain yang disebut Alpha 6 bahkan mengklaim dapat mendeteksi obat-obatan juga. Inggris melarang ekspor produk Alpha 6 ke Afghanistan dan Irak pada tahun 2010 setelah jelas bahwa perangkat tersebut adalah perangkat penipuan dan teknologinya tidak berfungsi. Para pihak yang terlibat dijatuhi hukuman penjara yang cukup berat.


  • Quadro Tracker: Pabrikan perangkat ini mengklaim bahwa ia bisa mendeteksi molekul dari segala sesuatu mulai dari bom hingga bola golf. Ini hanya menunjukkan bahwa siapa saja bisa terjerat klaim palsu ini jika didorong cukup meyakinkan, karena produk ini dijual ke sekolah dan departemen kepolisian pada awal tahun sembilan puluhan.


Pengurus beberapa perusahaan tersebut serta penjual alat tersebut telah dijatuhi hukuman penjara bersama-sama dengan rekan mereka yang menjanjikan kemampuan alat detektor yang tidak berdasarkan fakta. Mereka kalah dalam persidangan karena menjual alat ini ke pihak yang mampu menuntut mereka di pengadilan. Berbeda dengan konsumen swasta yang biasanya tidak sanggup mengeluarkan ratusan juta Rupiah untuk menuntut penipuan manufaktur detektor jarak jauh.


Kita berharap bahwa semua penjual perangkat penipu seperti detektor jarak jauh palsu akan dihukum dan kegiatan mereka dapat menyebabkan tindakan investigasi kriminal.


Fakta Tentang Harga Detektor Jarak Jauh

Detektor jarak jauh seringkali dijual dengan harga yang lebih mahal daripada detektor biasa karena klaim kinerjanya yang jauh lebih unggul. Namun, beberapa penjual menggunakan trik dan modus tertentu untuk memperdaya konsumen dengan klaim palsu yang tidak bisa dipercaya. Integritas mereka dikorbankan demi keuntungan, dan ini sangat tidak etis.


Sebelum membeli detektor, pastikan untuk me