Mesin Tambang Emas Modern

Jenis Alat Tambang Emas

Ada beberapa jenis peralatan tambang emas. Perbedaan alat bisa dikategorisasikan melalui kapasitas atau spesifikasi.

 

Klasifikasi melalui Kapasitas: 

1. Skala tambang rakyat.

2. Skala menengah.

3. Skala industri.

Tujuannya alat tambang emas utama selalu sama. Alat harus menghasilkan emas secepat dan seekonomis mungkin. Selain itu mesin tambang harus aman digunakan dan ramah lingkungan. 

Peralatan tambang emas tidak bisa diratakan. Alat harus sesuai dengan konteks lapangan, bajet dan tujuan para penambang. Alat tambang rakyat beda dengan peralatan pertambangan oleh perusahaan skala industri. 

Semua kategori tersebut tersedia di ATM Promining. 

 

Piring Dulang Emas

Penambang emas, surveyor dan prospektor perlu alat dulang emas yang modern dan efisien supaya hasil tambang yang optimal bisa dicapai. Set dan piring dulang ini direkomendasikan oleh asosiasi penambang emas profesional di Kanada dan USA.

Pendeteksi Emas

Peralatan untuk mencari dan mendeteksi emas di dalam tanah dan batu. Alat pendeteksi emas digunakan untuk mencari lokasi dan titik tambang emas optimal, mendeteksi butiran dan biji emas, mencari deposit dan urat emas.

 

Dompeng Selam (Gold Dredge)

Dredges (Dompeng Selam) adalah sistem penangkapan emas untuk di dalam sungai / danau / lobang berair langsung. Efisiensi saringan emas alat ini tinggi, kapasitasnya besar dan ongkos operasional rendah sekali. Dompeng ada untuk skala kecil maupun besar.

 

Kasbok Emas Portabel / Gold Washer

Gold Washer (truk kasbok emas) memisahkan emas dari bahan lain (pasir, tanah, batu, dll.) dengan cepat. Mesin ini portabel dalam bentuk semi trailer dan bisa didorong / ditarik ke lokasi. Sistem pengolahan emas mobile dengan kapasitas besar. Kasbok goyang portabel. Fleksibel dan nyaman.

 
image-peralatan-alkon-emas.webp

Karpet Emas / Highbanker Jet Combo

Sluice (karpet emas) ini untuk kegiatan tambang skala kecil dan tanpa excavator. Sudah termasuk sistem untuk menyedot emas, pasir, batu dan tanah. Efisien dan murah. Kapasitas juga bagus.

 

Kasbok Emas (Sluice Box) Skala Besar

Sluice (kasbok emas) ini harus digunakan dengan excavator. Sistem penaring emas ini signifikan lebih efisien dibanding dengan kabok tradisional. Sesuai dengan Clarkson Gold Mining Standard. Untuk kapasitas besar dan efisiensi optimal.

image-peralatan-karpet-emas-industri.webp
 
image-peralatan-tambang-rakyat.webp

Tromol Emas Kecil / Small Rotary Washer

Tromol atau Rotary Screen adalah alat yang digunakan untuk menyaring material kasar untuk mendapatkan konsentrat mineral dan logam berat yang berharga, emas misalnya. Alat tromol mencapai efisiensi lebih tinggi jika material mentahnya sulit diproses seperti tanah liat misalnya.

 

Tromol Emas / Rotary Washer Systems

Tromol emas ini digunakan untuk mengolah tanah liat yang mengandung emas. Tanah liat dihancurkan logam berat disaring sebelum masuk ke karpet / sluice. Sistem pengolahan emas ini ada beberapa variasi dengan kapasitas yang berbeda. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien masing-masing. Alatnya ada dalam versi mobile (semi-trailer) dan quick assembly (cepat dirakit).Alat ini sudah skala industri dan bisa mengolah jumlah material banyak sekali.

image-trommel-washer-besar-untuk-emas.webp
 
image-trommel-washer-besar-untuk-emas.webp

Flotasi. Sistem Pengolahan Emas.

Flotation adalah teknik yang digunakan untuk ekstraksi mineral dengan cara memanfaatkan sifat antar fasa dalam sistem solid–liquid–gas. Prosesnya bisa disesuaikan agar semua tipe logam mulia bisa diekstraksi. Sistem ini biasannya disediakan dalam set lengkap. Berarti batu yang dimasukkan dapat diolah sampai menjadi batangan emas murni. Smelter.

 

Konsentrator Ampas Emas

Konsentrator emas yang portabel dan ringan. Backpack outdoor mining equipment. Digunakan untuk memproses konsentrat dari sluice box agar emas dapat dipisah dari bahan lain terutama pasir hitam.

alat-untuk-memisahkan-emas-dari-pasir.webp
 
image-aksesoris-tambang-emas.webp

Aksesoris Penambang Emas

Di lapangan tambang selalu perlu beberapa asesoris seperti puller machine (traker), sekop prospektor emas, kaca pembesar / mikroskop, magnet tambang, botol hisap (sniffer), alat uji mineral dan logam, alat uji tingkat kekerasan material, detektor intan dan batu permata, electrical alloy tester, dll.. Aksesoris yang tepat bisa mempermudahkan pekerjaan para penambang secara signifikan. 

 

Klasifikasi Peralatan Tambang

Kelas A: 

Alat kecil, ringan dan mudah dipindahlokasikan. Tidak menggunakan ekskavator. 

Fokus: Harga dan Portabilitas.

Kelas B:

Alat yang mudah dipindahlokasikan namun kapasitas sudah lumayan besar. Sudah menggunakan ekskavator. 

Fokus: Portabilitas dan Kapasitas. 

Kelas C:

Alat dengan kapasitas semaksimal mungkin. Kegiatan skala industri. Sudah menggunakan beberapa ekskavator. 

Fokus: Kapasitas maksimal. 

Peralatan tambang emas tidak bisa diratakan. Alat harus sesuai dengan konteks lapangan, bajet dan tujuan para penambang. Alat tambang rakyat beda dengan peralatan pertambangan oleh perusahaan skala industri. 

Apa ada Pertanyaan?

Silahkan menghubungi tim ATM Promining langsung. Kami akan membatu Anda dengan pertanyaan. No problem.