Chalcopyrite Rock

SERVICES

Sukses di bidang pengolahan tidak terjadi secara kebetulan. Sukses tergantung pada preparasi yang benar dan profesional. Preparasi tersebut akan menurunkan risiko dan meningkatkan efisiensi. 

Kategori Servis Terkait Pertambangan dan Pengolahan Mineral

Metalurgi / Pengujian Sample Batuan

Anda harus mengetahui kandungan kandungan logam (mulia) dalam batuan yang Anda mau mengolah. Itu persyaratan paling utama. Tanpa mengetahui komposisi material, kehalusan bijih unsur mineral target, jenis unsur ekonomis, pengotor dll. tidak bisa merencakan sistem pertambangan dan pengolahan mineral sama sekali. Kegalalan  perencanaan dan preparasi selalu menyebabkan kerugian. Preparasi yang benar menyebabkan cash flow yang sesuai harapan dan proyek dan investasi yang aman. Langkah awal selalu adalah analisa komposisi material. 

Metallurgical Testing

Pengujian metalurgi adalah langkah pengujian material yang dibutuhkan supaya bisa mulai merencanakan sistem pengolahan. Sangat penting.

Pengujian AAS & ICP

AAS dan ICP yaitu kombinasi metode pengujian sample batuan untuk mengetahui komposisinya. Metode pengecekan  ini sangat akurat. 

Pengujian XRF

XRF adalah methode pengecekan komposisi material paling cepat dan murah. Metode ini ada keunggulan dan keterbatasan tertentu. 

Specific Gravity

Specific Gravity Testing adalah metode manual untuk mengkategorisasikan jenis logam dan untuk menguji tingkat kemurnian emas (karat / persen). 

 
 

Konsultasi Tambang

Pengoperasian smelter atau fasilitas pengolahan mineral menbutuhkan ilmu dan kualifikasi luas. Kami sediakan know how yang berdasarkan pendidikan tinggi di luar negeri maupun pengalaman eksekusi proyek di Indonesia maupun di luar. Ilmu kami Anda bisa menggunakan secara ekslusif untuk merealisasikan proyek tambang Anda atau sebagai konsultan yang menyediakan pandangan alternatif, korektif dan komplementer. Modus kerja sama yang profesional dan lancar sangat krusial. 

  • Dalam bidang pertambangan kekurangan ilmu akan selalu berujung pada kerugian.

  • Surplus dalam pengetahuan akan selalu mengarah pada surplus.

 
mineral-processing-engineering.gif

Mine & Processing Engineering

Proses pengolahan mineral, setiap segment, konektivitas antara segment masing masing dan cara pengolahan harus direncanakan secara benar. Engineering tersebut adalah persyaratan untuk pengolahan mineral yang hemat biaya dan efisien. Selain itu setiap mesin yang digunakan dalam proses harus sesuai dengan mesin yang dipakai sebelumnya dan setelahnya (konrektifitas). Proses ini adalah tugas engineering khusus dan komplex. Mine engineering wajib dilakukan karena sistem pengolahan harus sesuai konteks lapangan, material dan tujuan proyeknya.

Operations, Operations Support & Monitoring

Tim operasional fasilitas smelter dan pengolahan mineral harus profesional. Banyak perusahaan tidak memiliki tim dengan kualifikasi yang sesuai maka mesti mengintegrasikan tim eksternal dengan keahlian yang sesuai. Ada beberapa level servis operasional tersebut.

  1. Full operational service: semua anggota tim operasional disediakan dari eksternal (full team)

  2. Co-operation services: sebagian tim berasal dari tim pemilik proyek, sebagian berasal dari tim eksternal.

  3. Mointoring services: tim exkternal memantau tim internal dan kerja sama. 

Servis ini hanya disediakan ke pelanggan tertentu dan untuk proyek tertentu. Silahkan hubungi kami untuk membahasnya.