top of page

Apa Bisa Menghasilkan Uang dengan Detektor Logam ? 7 Taktik Untuk Berhasil!

Diperbarui: 16 Apr 2023

Mayoritas hunter anggap metal detecting sebagai hobi yang menyenangkan dan hobi di luar. Kebanyakan hunter tidak berharap menjadi kaya dengan detektor mereka. Namun, Indonesia beda dengan Australia atau Amerika Serikat di mana detektor biasannya digunakan dalam rangka kegiatan rekreasi. Dalam hal ini Indonesia lebih mirip dengan Afrika. Ada banyak hunter di sini yang memang menggunakan detektor untuk mencari nafka dan sebagai sumber penghasilan utama. Dan …. ada banyak yang berhasil!


Cara kerja hunter yang menggunakan detektor professional dan menguntungkan beda dengan cara orang yang menggunakan detektor sebagai hobi saja. Yang profesional tidak langsung turun ke lapangan tanpa melakukan riset untuk menemukan area yang bagus untuk berburu benda yang bernilai pakai detektor. Itu sudah jelas.




# 1. Mencari Koin Langka & Kuno

Kebanyakan orang yang berburu harta karun dengan detektor logam tertarik untuk menemukan koin langka dan kuno. Ini tetap target utama untuk mayoritas pengguna detektor.

Agar bisa berhasil menemukan koin yang benar-benar langka dan kuno Anda harus berburu di area yang bersejarah di mana koin tersebut bisa muncul. Salah satu lokasi seperti itu adalah lokasi pasar di zaman lalu di mana pedagang dan pembeli tukar uang dan barang.


Ini daftar titik lain yang layak diuji:

  • Tempat pasar di zaman kuno.

  • Lokasi keraton zaman lalu.

  • Tempat persembahan zaman lalu.

  • Daerah pelabuhan zaman lalu.

  • Semua tempat di mana orang bertukar uang dan barang


Namun, di mana pun Anda tinggal, selalu ada kemungkinan Anda dapat menemukan koin langka dan berharga. Dan tidak semua koin langka sangat bernilai. Seringkali kelangkaan mereka lebih berkaitan dengan tanda mint dan keadaan / kondisi daripada koin itu sendiri. Meskipun demikian, untuk keberhasilan terbaik biasanya merupakan ide yang baik untuk meneliti dan berburu di daerah yang memiliki sejarah tertua.


Di Amerika Serikat para hunter sudah senang kalau menemukan benda logam dari tahun 1800’an. Sudah dianggap sangat luar biasa di sana karena negaranya relatif mudah. Indonesia beda jauh. Kaya sejarah. Di Indonesia itu hal biasa biasa saja. Koin dengan usia lebih dari seribu tahun pun ada, yang usia ratusan tahun banyak apalagi harta karun lain. Koin dari zaman Yunani pun ada di Indonesia yang usianya sudah lebih dari 2000 tahun. Bahkan koin kerajaan seperti Mataram, Majapahit, Sriwijaya, Samudra Pasai dan lain sebagainya.



Koin dari zaman kerajaan Majapahit.



2 koin asal Yunani yang ditemukan di Flores Indonesia. Barang ini bisa dilihat di galeri ATM Promining di Jakarta atas permintaan.




# 2. Menguji area setelah ada acara besar

Ini strategi yang sudah diketahui oleh mayoritas hunter. Mungkin ada pernah melihatnya. Setelah ada acara besar seperti konser musik, pasar mingguan atau acara lain yang dihadiri oleh ribuan orang hari berikutnya selalu ada pengguna detektor yang akan cek areal tersebut. Di Indonesia belum begitu tapi di luar Indonesia itu selalu terjadi. Dan alasannya sangat logis.


Pada saat ribuan orang mengumpul di suatu tempat, maka selalu ada orang yang ketinggalan / kehilangan barang seperti jam tangan, perhiasan, uang, kartu kredit, gelang kaki, gelang tangan, kalung, anting-anting dan benda lain. Itu masalah matematis. Kemungkinan menemukan barang yang hilang di daerah yang dikunjungi oleh banyak orang jauh lebih tinggi dibandingkan tempat lain. Oleh karena itu hunter hampir selalu berhasil menemukan beberapa item yang bernilai setelah ada acara besar seperti dijelaskan di atas. Dan Anda juga bisa melakukan hal itu.

Hal yang menyenangkan tentang jenis perburuan ini adalah Anda tidak perlu melakukan penggalian apa pun. Semua temuan Anda akan langsung muncul di permukaan sehingga Anda dapat menemukan banyak hal dalam waktu yang sangat singkat. Tidak perlu repot gali lobang dalam sama sekali.





# 3. Perhiasan di Pantai

Deteksi logam di pantai adalah pengalaman yang sangat berbeda. Anda dapat menemukan apa saja di pantai mulai dari koin biasa hingga perhiasan perak dan emas yang sangat berharga. Beberapa pantai bahkan menghasilkan koin kuno yang berharga karena kapal karam Portugis, Belanda dan yang lain yang tenggelam di perairan Nusantara selama berabad-abad. Tentu saja, ada banyak target sampah yang tersembunyi di pasir pantai itu juga. Silahkan membaca mengenai kapal karam San Jose yang nilainya triliunan.

Kalau di pantai, barang berharga yang Anda sering bisa temukan adalah perhiasan yang hilang. Risiko kehilangan barang di pantai itu paling tinggi. Barang sering ditutupi oleh pasir atau handuk atau dua dua duanya.


Selain itu jenis gerakan adalah indikator risiko kehilangan barang seperti perhiasan. Semakin banyak gerakan semakin tinggi resikonya dan semakin semakin berbeda gerakannya, semakin tinggi resikonya. Gerakan di pantai termasuk: berdiri, berjalan, jongkok, duduk, berbaring, berbalik, berenang … . Lengkap. Risiko kehilangan barang di pantai sangat tinggi. Di Bali misalnya, sebelum pandemi, nilai barang yang hilang di pantai setiap tahun mencapai nilai puluhan miliar Rupiah. Dan hanya sebagian kecil dari orang itu akan menemukan benda tersebut lagi. 95-97% tidak akan menemukan benda yang hilang kembali. Maka metal detecting di Bali, Ancol, Gili Trawangan, Sire Lombok Triko, Nongsa dan tempat lain seperti itu bisa menguntungkan Anda.


Namun ada 1 hal lagi yang sangat penting diketahui. Kenapa begitu banyak orang kehilangan perhiasan di pantai waktu berenang atau pas setelah berenang? Ini pernah menjadi tema pengujian sains. Ini jawabannya.




Kalau berenang di laut, air dingin membuat jari-jari lebih kecil dan cincin bisa terlepas dari jari mereka dengan mudah. Pemilik cincin tersebut tidak menyadari hal itu dan biasanya tidak sadar mengenai risikonya. Risiko kehilangan cincin setelah dan selama berenang di air yang agak dingin jauh lebih tinggi daripada situasi yang lain. Dan itulah alasan kenapa begitu banyak orang kehilangan perhiasan di pantai saat berenang dan saat menyimpan perhiasan tersebut di lokasi yang berpasir.

Oleh karena itu pantai adalah lokasi yang sangat makmur dan memiliki potensi tinggi untuk menemukan perhiasan yang sangat berharga. Bagi seorang detectorist penemuan cincin atau liontin dari emas atau platinum yang mencapai nilai puluhan atau ratusan juta Rupiah itu bukan hal yang aneh lagi. Anda bisa menghasilkan uang dari kegiatan metall detecting di pantai, tetap harus bersabar ya.




# 4. Berburu Relik dan Barang Peninggalan

Berburu relik kuno dan artefak yang langka itu mirip seperti penggunaan detektor untuk mencari koin kuno. Yang penting harus meneliti dan menemukan daerah tempat orang berkumpul ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu.


Tentu saja barang peninggalan kuno tidak selalu memiliki banyak nilai intrinsik. Paku tua yang berkarat tidak akan membuat Anda kaya tidak peduli berapapun usianya, tetapi ada peninggalan berharga jika Anda tahu di mana mencarinya.


Di Amerika Tenggara, pendeteksian logam untuk peninggalan perang saudara lama sangat populer. Peluru tua sering ditemukan dan bisa dijual padahal nilainya kecil. , Benda seperti senjata kuno, pisau atau keris kuno bisa mencapai nilai jauh lebih tinggi tergantung pada usianya dan bahannya. Jangan jual cepat dan terima harga rendah langsung. Selalu harus cek nilai yang sebenarnya terlebih dahulu.


benda logam emas yang ditemukan dengan detektor
Hasil hunting di Jawa. Penemu: Pak Marzuki.

Di Eropa pengguna detektor menemukan benda bernilai setiap hari. Di pantai tertentu di Portugal dan Spanyol bisa menemukan koin kuno dan benda kuno setiap hari. Ada beberapa pantai yang agak terkenal. Ada turis berangkat ke sana tanpa memiliki banyak uang. Ada yang tidak memiliki uang untuk pulang saat tiba di sana. Mereka mendanai liburan disana dengan penemuan yang mereka dapat di pantai tersebut. Indonesia juga begitu namun cara kerjanya para hunter di sini belum terlalu sistematis.




# 5. Berburu Peti Harta Karun – Mimpi atau kenyataan?

Potensi menemukan peti dengan harta karun yang membuat banyak orang tertarik pada kegiatan pendeteksian logam. Kisah harta karun bajak laut yang terkubur dalam tanah, emasnya Yamashita di Indonesia atau kapal karam yang penuh dengan emas dan batu mulia langsung muncul di pikiran. Jelas, tidak banyak orang yang menemukan harta karun seperti itu. Yang menemukan harta karun seperti itu biasanya melakukan penelitian sebelumnya.


Tapi dari sisi lain, kenapa ada beberapa orang yang berhasil menemukan harta karun seperti ini terus menerus seperti Michael Hatcher di Indonesia?

Jawabannya jelas. Untuk menemukan harta karun besar seperti ini maka butuh fokus dan tingkat preparasi dan penelitian yang lebih tinggi. Dan yang memiliki ilmu mengenai cara pencarian harta karun seperti ini berhasil terus karena mereka sudah biasa dengan pekerjaan tersebut. Ini termasuk pemburu harta karun tingkat profesional. Mereka bisa menghasilkan uang dengan nilai puluhan miliar per tahun. Jelas itu bukan kelas biasa saja.


Ok. Jadi apa yang harus dilakukan jika mau menemukan harta karun seperti ini?

  1. Harus menyadari bahwa pencarian harta karun besar adalah kegiatan dengan risiko kegagalan besar.

  2. Pencarian benda logam seperti koin kuno dan emas lebih mudah dan risiko gagal jauh lebih renda. Maka jangan hanya fokus ke harta karun besar saja. Dua duanya dilakukan.

  3. Pencarian harta karun besar perlu preparasi. Jangan mulai tanpa preparasinya.

  4. Jangan banyak bicara. Semua hal dari preparasi sampai ke eksekusi pencarian dan pemulihan itu rahasia. Kalau tidak begitu Anda tidak akan berhasil. Anda tidak akan mendengar berita mengenai pemulihan harta karun besar kalau dilakukan dengan cara yang profesional.


Preparasi pencarian harta karun termasuk beberapa langkah.

  • belajar tentang sejarah sebuah tempat

  • belajar tentang budaya

  • belajar cerita nenek moyang terkait harta karun

  • pelajari di mana orang memiliki konflik dan di mana orang harus melarikan diri

  • belajar mengenai titik kapal karam, keraton, candi, kuburan dan pasar zaman lalu

  • memperhatikan penemuan orang lain, benda dan umur bendanya

  • mengumpulkan segala indikator lokasi lain.


Kenapa harus belajar mengenai budaya masyarakat zaman lalu ya?

Ada banyak faktor dan kriteria. Mungkin Anda akan bertanya seperti itu.

Saya kasih contoh ya.


Budaya ada kaitan dekat dengan manajemen kekayaan.

  • upacara penguburan (ada budaya yang memerintah untuk membawa sebagian dari kekayaan dalam kubur).

  • upacara persembahan (ada budaya yang minta benda logam emas, perak, koin dll.)


Varna Treasure. Kuburan kaum Varna yang sudah tiada lagi. Emas dan logam mulia serta batu mulia dimasukkan ke dalam kubur.



Mulai tertarik? Ya kan? Nah inilah kenapa kegiatan ini istimewa. Preparasi pun sudah seru. Ilmunya seru dan menarik. Dan semua ini mempunyai unsur petualangan. Tidak membosankan.

Kalau Anda sudah tahu golongan budaya zaman lalu di Indonesia yang ada kebiasaan untuk memasukan sebagian dari kekayaan ke dalam kubur pemiliknya maka Anda sudah mulai, on track, untuk menentukan titik yang bagus. Dan penelitian dan ilmu seperti ini yang membedakan orang yang suka gagal dari orang yang berhasil terus menerus.




# 6. Masalah kinetik gerakan kehilangan harta karun.

Ini istilah yang menjelaskan kaitan di antara gerakan manusia dan kehilangan benda logam. Analisa yang logis yang membantu mengerti kenapa dan di mana orang kehilangan benda logam.


Sejak ratusan tahun orang pakai saku celana untuk menyimpan koin dan benda logam kecil. Karena praktis. Namun saku tersebut ada kelemahan. Kalau bergerak dalam posisi berdiri benda logam dan saku masih aman. Gerakan horizontal masih dianggap aman. Namun gerakan vertikal tidak bisa dianggap aman. Mayoritas benda logam kehilangan pada momentum gerakan vertikal (gerakan risiko tinggi).

Gerakan risiko rendah:

  • berdiri

  • berjalan

Gerakan risiko menengah

  • naik tangga

  • duduk berdiri

  • berdiri duduk


Gerakan risiko tinggi:

  • jongkok - berdiri

  • berdiri - jongkok

  • berbaring - berdiri

  • berdiri - berbaring

  • berjuang / bertarung

  • mengangkat barang dari tanah

  • sujud

  • membungkuk


Ini salah satu contoh kriteria analisis yang dilakukan oleh pemburu harta karun profesional. Hampir semua koin dan perhiasan ditemukan di lokasi di mana pemilik kehilangan benda tersebut karena ada gerakan vertikal. Sebagai konsekuensi tempat di mana ada gerakan vertikal menjadi salah satu fokus analisisnya.


# 7. Deteksi Nugget Emas

Pencarian emas dengan detektor logam berfungsi di area yang secara alami mengandung dan menghasilkan emas. Yang penting itu bentuk dan ukuran emas tersebut. Kalau emasnya seperti debu, maka detektor sulit mendeteksinya. Tapi kalau bentuknya seperti butiran, serpihan, seperti separuh biji cabai, biji jagung dll. maka detektor bisa bantu untuk menghasilkan uang.

Menemukan nugget emas dengan detektor logam perlu kesabaran dan keahlian. Dari segi teknis pencarian emas alami lebih sulit daripada pendeteksian koin atau benda logam lain. Silahkan membaca mengenai Saleh, anak yang berhasil mendeteksi emas misalnya atau laporan pengujian GPX6000 di Sumatra.


Tapi sekali lagi. Indonesia benar benar unik! BANYAK EMAS DI INDONESIA yang hanya menunggu dideteksi.

Betul, kebanyakan butiran emas akan berukuran relatif kecil tapi itu tidak masalah. Kan 1 gram pun sudah hampir sejuta Rupiah. Tidak perlu langsung kiloan. Dan … di Indonesia banyak bongkahan emas dan Gold nugget besar pula. Atau urat emas yang kasar yang juga mudah terdeteksi. Ada semuanya.


Banyak orang yang bilang dengan detektor tidak bisa menghasilkan banyak uang. Kita tidak setuju karena harus menyebutkan perbedaan di antara orang yang sudah melakukan preparasi sebelumnya dan orang yang tidak melakukan preparasinya. Kalau Anda sudah melakukan preparasinya, sudah memiliki indikasi mengenai titik yang berpotensi misalnya atau ada teman yang sudah menemukan emas yang cocok untuk detektor di sebuah area, maka tentu saja Anda bisa berhasil. Jelas, hasilnya akan beda dengan orang yang langsung nyalakan detektor dan tidak memikirkan apa lokasinya layak diuji atau tidak. Kegiatannya dan preparasinya juga tetap sederhana.



Kesimpulannya

Saya ingin menekankan lagi bahwa pendeteksian logam adalah hobi yang luar biasa, dan saya pikir kebanyakan orang harus memperlakukannya sebagai hobi.

Tetapi juga tidak jujur ​​untuk mengatakan bahwa tidak mungkin menghasilkan uang dengan detektor logam Anda. Sebaliknya, ada banyak orang yang telah sukses pakai detektor mereka dan secara konsisten dapat menemukan benda yang dapat mereka jual. Dan ada banyak orang yang sudah mencapai tingkat profesional di Indonesia. Untuk mereka detektor adalah alat kerja. Saya kadang kadang kaget melihat hasilnya mereka.



Namun 3 hal penting yang saya mau sampaikan:

  1. Jangan langsung keluar dari pekerjaanmu yang mungkin masih ada. Jangan.

  2. Kalau mau menggunakan detektor sebagai alat kerja maka coba ada transisi dari pekerjaan saat ini ke pekerjaan baru (detektor) yang bertahap. Pelan pelan.

  3. Jangan lupa masalah preparasi.

Beberapa poin untuk ditekankan kembali:

Rahasia emas: Lokasi, lokasi, lokasi.

Kalau mau berburu emas, harus kerja di sebuah area yang mengandung emas. Detektor tidak bisa membuat emas. Detektor hanya bisa mendeteksinya. Preparasi ya.

Silahkan membaca info lebih lanjut mengenai tema titik khas endapan emas di sini. Anda juga bisa download peta titik khas emas di sini. Sign up saja. Peta akan disediakan secara gratis.

Rahasia harta karun: Lokasi, lokasi, lokasi.

Sama dengan koin, harta karun dan relik. Kalau menggunakan detektor di sebuah area yang tidak bersejarah, yang tidak dikunjungi oleh banyak orang sebelumnya maka kemungkin keberadaan harta karun di sana kecil. Tolong preparasi ya. Harus menggunakan detektor di tempat yang sesuai dan layak.

Preparasi

Kedua, penelitian sangat penting. Terlepas dari strategi atau metode pendeteksian logam yang Anda lakukan, Anda perlu meluangkan waktu untuk menemukan area yang akan memiliki hasil tertinggi untuk item yang Anda cari.

Alat detektor logam yang tepat.

Kalau mencari emas alami maka pakai detektor emas, bukan detektor harta karun. Kalau mencari harta karun jangan pakai detektor emas tetapi detektor harta karun. Alat harus sesuai dengan jenis kegiatannya. Atau pakai detektor Multi Frekuensi yang bisa digunakan untuk mencari emas dalam tanah maupun harta karun karena sudah menggunakan frekuensi operasional seperti detektor harta karun maupun frekuensi yang biasannya digunakan detektor emas.


Akhirnya berhasil. Panen.

Ya, Anda dapat menghasilkan uang dengan detektor logam Anda, tetapi dibutuhkan preparasinya untuk mewujudkannya. Baru kemudian detektor bisa menjadi alat yang bantu Anda untuk menghasilkan uang dan keuntungan.



 

Kalau senang penjelasan ini silahkan signup supaya tidak kelewatan info seperti ini kedepan. Signupnya gratis, jangan khawatir.


Apa Anda pernah menemukan benda kuno atau benda emas juga? Apa ceritanya? Silahhkan membagi pengalaman tersebut dengan kami di section komentar di bawah ini atau hubungi kami langsung. Apa ada pertanyaan? Silahkan hubungi kami.



Kontak dan Alamat ATM Promining



Postingan Terakhir

Lihat Semua

Hallo. Saya Stephen.

 

Saya dan tim saya di ATM Promining™ membantu Anda mendeteksi dan mengolah segala jenis emas. 

Silahkan Sign Up agar saya bisa kirim membantu Anda. 

stephen-atmpromining-blog.webp

Thanks for registering.

tombol-whatsapp-suport.webp
Ahli-Pendeteksian-Emas-ATM-Promining_edited.png

Signup . Kamu juga bisa detektsi emas.

bottom of page