Pengujian AAS & ICP

AAS dan ICP yaitu kombinasi metode pengujian sample batuan untuk mengetahui komposisinya. Metode pengecekan komposisi ini sangat akurat. 

mesin aas untuk menguji mineral

Definisi AAS dan ICP

Apa itu analisis AAS?


AAS adalah teknik analisis yang digunakan untuk menentukan berapa banyak elemen tertentu dalam sampel. Ini menggunakan prinsip bahwa atom (dan ion) dapat menyerap cahaya pada panjang gelombang tertentu yang unik. Ketika panjang gelombang cahaya tertentu diberikan, energi (cahaya) diserap oleh atom.


Apa itu analisis ICP?


Analisis ICP, juga disebut Pengujian ICP, dilakukan untuk mengidentifikasi dan mengukur berbagai elemen kimia dalam sampel logam dan mineral. Proses ini berdasarkan pada ionisasi sampel oleh plasma yang sangat panas. Spektroskopi ICP (Inductively Coupled Plasma) adalah teknik analisis yang digunakan untuk mengukur dan mengidentifikasi elemen dalam matriks sampel berdasarkan ionisasi elemen dalam sampel.



 

Aplikasi Analisa AAS & ICP

AAS & ICP digunakan untuk 3 hal. 


  1. Pengujian mineral dan komposisi batuan. 

  2. Pengujian unsur logam dalam mineral. 

  3. Penentuan kandungan mineral yang akurat dan persis. 

Biaya Analisa AAS & ICP

Rp3.779.000 / sample pertama

Rp1.967.000 / sample berikutnya*


Analisa diakhiri dengan laporan tertulis. 


*Kalau kirim lebih dari 1 sample yang harus diuji maka untuk sample kedua dan berikutnya harga lebih murah berlaku. Namun semua sample tersebut harus dikirim bersama dengan sample pertama. 

 

Keunggulan Pengujian AAS dan ICP

Apa keunggulan analisa AAS dan ICP


Analisa ini mencapai akurasi pengujian tinggi sekali. Maka analisa ini juga bisa digunakan untuk menguji unsur dengan kandungan sangat rendah. Presisi tersebut penting sekali.


  • Analisa mencapai akurasi sangat tinggi. 

  • Pengujian diakhiri dengan laporan tertulis tentang:

  • Kandungan unsur masing masing dalam material

  • Info harga per unsur

  • Asesment terkait kelayakan ekonomis.


Analisa AAS dan ICP harus dilakukan di laboratorium dan harus dilakukan oleh operator yang memiliki keahlian yang sesuai. Proses pengujian ICP melibatkan plasma yang mencapai kepanasan hingga 10.000 derajat celsius. Maka alat ini tidak untuk umum.

 
 

Download Info AAS & ICP

Download ilustrasi mengenai AAS dan ICP. Overview. 

brosur servis pengujian kandungan batuan
 

Info Tambahan Terkait AAS dan ICP

Perbandingan Metode ICP dan AAS


ICP lebih akurat, menguntungkan, lebih hemat waktu namun lebih mahal dibanding AAS untuk mengukur banyak atom. AAS tidak seakurat ICP, kurang menguntungkan, tidak hemat waktu namun murah. Peralatan ICP mahal sekali karena mencapai kepanasa hingga 10.000 derajat Celsius dan operator membutuhkan sertifikasi khusus untuk pengoperasian alatnya.