Latihan Tambang Emas

Belajar Cara Menambang Emas

tim-pelatih-menyedot-emas.webp

Untuk mencapai hasil yang diingingkan harus belajar cara tambang yang tepat.   

Ilmu tambang emas itu luas. Ada beberapa jenis latihannya sesuai dengan jenis material dan sistem pengolahaan yang tepat.   

Knowledge is  Power  and  Gold.      

#1 Latihan

Belajar dari eksper.

#2 Kerjakan

Implementasi profesional.

#3 Untung

#1 + #2 = #3

Latihan Dompeng Emas

Latihan pengunaan dompeng emas termasuk beberapa faktor unik. Faktor tersebut termasuk pengetahuan underwater mining. Tambang di bawah permukaan air. Latihan termasuk faktor seperti berikutnya: 1. Ciri khas lokaksi emas di sungai. 2. Karakter titik khas untuk menyedot emas. 3. Perakitan dan perawatan alat sedot emas. 4. Aksesoris dompeng emas seperti crevicing tools, pullers (traker), jaringan baja, detektor emas dan konsentrator. 5. Teknik menyelam khusus untuk penambang emas. 6. Koordinasi dan pos operator dredge dan tugas masing masing. . 7. Keamanan untuk anggota team operator gold dredge. a. Proses (SOP). b. Faktor lingkungan dan site setting. 8. Pencucian karpet penangkapan emas. 9. Pendulangan emas / pengolahan konsentrat.

Latihan Combo Highbanker (Karpet Emas) 

Latihan pengunaan sluice box atau highbanker termasuk segala aspek operasion termasuk: 1. Ciri khas lokaksi emas di sungai. 2. Karakter lokasi yang mengandung emas di pinggir sungai. 3. Perakitan dan perawatan alat sluice box. 4. Aksesoris alat kasbuk emas seperti crevicing tools, pullers (traker), jaringan baja, detektor emas dan konsentrator. 5. Teknik pengambilan material termasuk suction feed (nozzle sedot tanah) dan pemasukan material manual (hopper feeder). 6. Koordinasi dan pos operator karpet emas dan tugas operator masing masing. 7. Keamanan untuk anggota team operator. a. Proses (SOP). b. Faktor lingkungan dan site setting. 8. Cara pencucian karpet penangkapan emas. 9. Pendulangan emas / pengolahan konsentrat.

Latihan Talang Emas / Gold Washer

Gold Washer juga menggunakan sluice box atau karpet penangkapan emas seperti Highbanker dan Dredge. Namun Gold Washer sudah kerja sama dengan ekskavator sebagai pemasuk material ke talang. Karena ada alat berat dan kuantitas material juga tinggi maka standard operational procedure (SOP) harus disesuaikan juga. - Teknik pemasukan material dari stockpile ke alat pengolahan. - Teknik pengawasan segmen hopper feeder / skrin talang emas. - Teknik pengawasan sluice box termasuk: a. Kapan karpet emas harus diganti. b. Cari pencucian karpet. c. Tugas dan posisi operator alat tambang masing masing dan komando. - Pengecekan karakter material yang diolah.

Latihan Operator Trommel Emas 

Gold Trommel Washer atau Rotary Washer membutuhkan keahlian operator tambang lebih tinggi daripada sistem talang emas. Trommel washer digunakan untuk mengolah material yang lengket. Material tersebut tidak bisa diolah secara eifisien dengan sistem sluice box saja. Emas harus dipisahkan terlebih dahulu dari tanah liatnya. Latihan termasuk: - Pengujian tanah dan asesment kelengketan. - Penentuan kecepatan pemasukan material ke skrin dan hopper. - Penyesuaian supli air ke sistem rotary gold washer (trommel). - Penyesuaian koneksi trommel ke karpet emas. - Settingan lokasi. Posisi mesin, limbah, pond, stockpile, supli air dll.

Latihan Pengolahan dan Pemurnian Emas

Sistem pegolahan emas termasuk sistem: - Rerendamaan, - Heapleach, - Tong, - CIL dan CIP, - Direct Leaching, - Flotasi, - Elektrowinning, - Solvent Extraction dll. Sistem pengolahan tersebut tidak bisa digunakan secara sembarangan. Alat dan metode pengolahan emas harus dimulai dari komposisi material dan konteks lokasi. Latihan ini ada unsur geologi, metalurgi dan teknik penambangan. Biasannya servis ini disediakan ke perusahaan tambang emas.

Latihan Sampling & Gold Prospecting

Sampling atau prospecting itu ilmu cara pencarian titik yang mengandung emas. Prospecting menggunakan ilmu tanda emas alami visual. Dalam latihan ini kami mengajar: - ciri khas material yang mengandung emas - ciri khas tanah yang mengandung emas - sedimentasi emas dan faktor gravitasi - checklist ciri khas emas - metode sampling saat mencari emas termasuk: a. cara pengambilan sample b. kedalaman dan lapisan yang mengandung emas (gravel layer dll). c. cara dokumentasinya d. cara mengolah sample - alat prospecting seperti detektor, perlengkapan dulang, saringan dll.

latihan-kompetensi-tambang-emas-.webp

Jenis Latihan Operator Penambangan Emas

On Site Trainings

Kami menyediakan latihan menyedot dan tambang emas di lokasi pelanggan langsung. Ini semacam latihan tambang emas yang praktis. 

Durasi: 7 - 21 hari

In House Trainings

Latihan di salah satu workshop dan fasilitas kami. 

Durasi: 2 - 3 hari

International Trainings

We train international players to mine Gold successfully. Training can be conducted in Indonesian and English language.  

  • Indonesia

  • Malaysia

  • Papua New Guinea

  • elsewhere.

Latihan Reguler

Jika perlu kami sediakan latihan reguler secara teratur. Berarti latihannya penggunaan dredge tidak dilakukan hanya sekali tetapi dalam interval waktu yang tertentu. Dengan latihan ini tim pelanggan mampu mencapai level pengetahuan tambang emas lebih dalam dan komprehensif.  

Supervisi Operasional

Supervisi dan monitoring kegiatan tambang emas alluvial. Jadi kami kerja sama dengan tim pelanggan dan memastikan pekerjaannya sesuai dengan SOP dan efektif. 

Durasi: minimum 6 bulan

Pelaltihan Tambang

Pelatihan operator tambang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dan konteks tertentu.  

web dredge sign uo (2).webp

 GET TRAINED 

Pelatihan operator penambangan emas menyebabkan kegiatan tambang lebih efisien, aman dan lancar. 

Silahkan minta penawaran di sini.