top of page
  • Gambar penulisLeend

15 Langkah Menjadi Pemburu Emas

Diperbarui: 19 Jan 2023




#1 Konsultasi Pilihan Detektor

Kalau mau menggunakan detektor maka harus memilih detektor yang tepat untuk target dan jenis lokasi Anda. Jangan memilih detektor secara sembarangan. Tidak bisa. Harus tepat kalau mau berhasil di lapangan nanti.


  • Yang ingin mencari harta karun jangan menggunakan detektor untuk emas halus.

  • Yang ingin mencari emas halus jangan menggunakan detektor harta karun.

  • Yang ingin menggunakan detektor dalam air jangan pakai detektor tidak tahan air.

  • Dan seterusnya.

Info tambahan & Checklist Download:




#2 Membeli Detektor Tepat


Sesuai apa yang diputuskan sesudah konsultasi ya. Sudah aman. Berarti pilihan detektor sudah tepat. Silahkan lanjutkan dan membeli detektor. Karena sudah matang keputusan maka nanti juga bisa berhasil di lapangan.





#3 Unboxing Detektor Logam

Silahkan unboxing ya. Silahkan cek apa segala komponen lengkap. Tidak ada yang kurang. Tidak ada kerusakan dll.. Silahkan merekam prosesnya. Itu selalu lebih baik. Silahkan bandingkan komponen dalam box dengan komponen yang disebutkan di faktur dan dokumen transaksi. Kalau ada yang kurang mohon segera sampaikan.


  • Rekam pembukaan paket

  • Banding dokumen dan isi paket

  • Cek keadaan barang

  • Dokumentasi



#4 Merakit Detektor.


Di dalam box ada dua hal yang sangat membantu.


1. Buku panduan lengkap. Dengan segala detik.

2. Buku panduan memulai cepat. Versi buku panduan singkat supaya bisa mulai cepat.


Silahkan merakit detektor sesuai panduan memulai cepat. Ikut instruksinya.

Perakitan detektor biasanya sangat cepat. Maksimal 2 menit sudah selesai.


Kalau ada pertanyaan silahkan hubungi kami. Tim selalu tersedia untuk suport.




#5 Nyalakan Detektor


Nyalakan detektor. Lebih bagus detektor dinyalakan di luar rumah ya. Saat nyalakan detektor koil menuju ke atas. Jangan ke bawa. Supaya tidak ada sinyal pada nyala detektor pertama kali.


Silahkan ikut Panduan Memulai Cepat. Di situ ada tahapan yang harus dilakukan untuk semua detektor.


  1. Nyalakan detektor

  2. Pilihan modus.

  3. Ground balancing.

  4. Frequency Check (jika ada interferensi).

  5. Start detecting.



#6 Berlatih Sebelum Turun Ke Lapangan



Testing awal

​​Bawa detektor Anda untuk testing awal di halaman belakang rumah Anda sendiri. Anda dapat menempatkan barang-barang logam di tanah, seperti koin, perhiasan dan benda logam lainnya, lalu mengayunkan detektor Anda diatas logam sehingga Anda bisa belajar mengenai sinyal dan cara kerjanya detektor Anda. Get a feeling for it.


Membiasakan Diri Dengan Sinyal Detektor

​Penting bagi Anda untuk belajar membedakan sinyal detektor yang dibuat detektor Anda. Cobalah meletakkan rupiah dan cincin emas di tanah dan mengayunkan detektor Anda diatasnya, sehingga Anda bisa mempelajari peringatan untuk berbagai jenis logam. Semakin baik Anda memahaminya, semakin banyak emas yang akan Anda tangkap.


Berlatih Dengan Berbagai Macam Benda Logam

Anda juga dapat mengubur item pada kedalaman yang berbeda sehingga Anda bisa terbiasa dengan pengaturan kedalaman dan peringatan suaranya yang terdengar seperti item di bawah tanah. Uji dan mainkan dengan itu. Dapatkan perasaan bagaimana suara untuk menemukan emas dan benda lainnya. Itu akan membantu Anda saat Anda pergi ke lokasi sesungguhnya.


Tolong berlatih dengan beberapa item yang berbeda. Kalau ada benda emas silahkan mendengar sinyal detektor saat mendeteksi emas. Supaya nanti di lapangan sudah tahu jenis bunyinya ketika mendeteksi emas dalam tanah.


Begitu pula dengan benda besi. Supaya Anda sudah memahami sinyal detektor saat ada benda logam dalam tanah.


Training ini sangat berguna. Kalau kami turun ke sebuah lapangan baru kami biasannya menggunakan sebuah butiran emas dari sana untuk berlatih. Ukuran, bentuk dan kadar setiap lokasi sedikit unik maka sinyal juga sedikit berbeda. Latihan ini tidak wajib. Namun disarankan supaya di lapangan nanti bisa langsung kerja efektif.


Nanti bisa memperdalamkan ilmu terkait detektor. Kedalaman misalnya. Ada beberapa trik untuk memastikan bahwa jarak pendeteksian sudah optimal.



#7 Seleksi Lokasi


Jangan lupa ya. Detektor tidak bisa membuat emas. Detektor hanya bisa mendeteksinya. Maka perlu turun ke lapangan yang memang mengandung emas. Baru bisa berhasil. Oleh karena itu seleksi lokasi itu penting sekali.


Indikasi positif ada banyak. Termasuk faktor berikutnya:


  • Lokasi bekas tambang

  • Lokasi tambang aktif

  • Wilayah Pertambangan Rakyat

  • Wilayah di mana ada pendulangan

  • Wilayah yang sudah diketahui sebagai lahan yang mengandung emas.

  • Lokasi dengan gedung bersejarah (candi, kraton, pasar kuno dll)

  • Perkuburan yang telah ditinggalkan

  • Lokasi pelabuhan zaman lalu.


Kumpulkan info terlebih dahulu. Semakin efektif pilihan lokasinya semakin berhasil nanti. Jangan lupa adab yang sesuai ya. Sosialisasi dulu dengan pihak lokal. Kan kalau ada orang luar masuk ke wilayah Anda tanpa sosialisasi itu tidak benar. Maka baik baik saja.


Niat baik. Cara baik. Hasil baik.





#8 Mulai Menggunakan Detektor di Lapangan


Mulai menggunakan detektor di lapangan yang Anda telah pilih. Ini sudah serius. Sekali lagi tolong ikut panduan memulai cepat ya.


Langkah 1 - Nyalakan Detektor

Tekan tombol "On"


Langkah 2 - Pilihan Mode

Memilih salah satu Mode.


Langkah 3 - Noise Cancel

Noise Cancel = Pembatalan Kebisingan Detektor


Langkah 4 - Atur Sensitifitas Detektor

Sensitifitas = Tingat sensitifitas detektor terhadap logam.

Atur tingat sensitifitas detektor dengan tombol + dan -


Langkah 5 - Atur Treshold

Treshold = Sinyal Latar Belakang


Langkah 6 - Atur Ground Balance

Ground Balance = Keseimbangan Tanah


Langkah 7 - Mendeteksi Emas

Silahkan mulai mendeteksi emas dan harta karun. Detektor Anda sudah siap dipakai.




#8 Cara Penggunaan Detektor Yang Benar


Saat Anda memburu sebuah tempat, pastikan melakukannya dalam sebuah pola sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu berburu Anda dengan sebaik-baiknya. Sebagian besar detektor menggunakan pola grid saat mencari, tapi Anda bisa menggunakan pola apapun yang Anda pilih - asalkan itu membantu Anda menutupi semua yang Anda inginkan. Jangan sampai Anda kelewatan sesuatu. Harus sistematis. Jangan menggunakan detektor secara sporadis.




Grid Detecting

Areal yang anda mau uji pakai detektor dibagi dalam beberapa unit. Unit itu menjadi grid. Kotak per kotak. Setiap kotak maximal 1 m lebar dan 1 m panjang. Dengan cara itu Anda bisa tahu persis areal apa yang telah dicek dan sampai mana dan yang belum.




#9 Pinpointing dan Cross Step


Sapu koil secara perlahan di atas lokasi target. Mayoritas detektor ada fitur indikasi kedalaman maka layar menunjukkan seberapa dekat target ke tengah koil. Detektor akan menghasilkan sinyal dan nada tertinggi ketika target berada di bawah coilnya. Perhatikan respons, kurangi jarak ayunan detektor berturut-turut sampai Anda yakin dengan lokasi target. Ingat posisi ya. Tandai garis dengan sepatu Anda atau alat penggali. Pindah ke satu sisi sehingga Anda dapat melewati koil di atas target pada sudut kanan dari posisi awal / pertama Anda. Ketika detektor berbunyi, Anda harus tahu persis di mana harus menggali. Itu namanya Cross Step. Metode ini membantu untuk pinpointing posisi target dalam tanah.



#10 Mengatasi Gangguan


Pahami Sumber Interferensi seperti Garam.


Garam atau mineralisasi tanah bisa mengganggu sinyal detektor. Ini bisa menjadi masalah jika Anda berburu di pantai samudra. Anda mungkin harus mengubah penyesuaian sensitivitas agar sinyal stabil. Sayangnya, hal ini dapat menyebabkan Anda kehilangan beberapa kedalaman, namun ini akan membantu Anda menghindari gangguan tersebut.


Model berikutnya sudah hampir imun terhadap mineralisasi tanah:

  • Vanquish

  • Equinox 700

  • Equinox 900

  • Manticore

  • SDC2300

  • Axiom

  • SDC2300

  • GPX6000


Info tambahan terkait:



#11 Tutup Lobang Setelah Kegiatannya Selesai


Jika sudah gali lobang maka tutup lobangnya kembali. Jangan membiarkan lobang dalam keadaan terbuka. Itu bisa membahayakan orang lain. Tutup rapi lobangnya. Hal itu termasuk kewajiban pada detektorist. Sebagai pengguna detektor Anda harus kerja rapi. Jangan merusak sesuatu. Jangan buang sampah sembarangan. Lobang tutup kembali. Tanpa pengecualian.



#10 Simpan Emas

Setelah emasnya dicuci pakai air mohon disimpan di tempat yang kering. Jangan ada kontak dengan bahan kimia. Kalau mau bersihkan emasnya silahkan pakai air saja. Kalau emasnya dalam bentuk seperti koin atau perhiasan jangan menggunakan bahan kimia untuk membersihkannya. Kalau mau bisa pakai cuka dan air. Cukup. Setelah emasnya dibersihkan silahkan timbang dulu. Jangan lupa emas harus disimpan di tempat yang aman ya. Kalau tidak tahu di mana bisa jual emasnya silahkan menghubungi kami kembali. Jangan jual emas tanpa mengerti kadar dan kemurniannya. Tanpa mengerti kadar dan kemurniannya Anda tidak bisa menentukan harga emasnya. Jangan ditipu oleh pembeli. Selain itu jangan lupa hak orang lain. Sesuai dengan kesepakatan dan peraturan yang ada.




#11 Membersihkan Benda Emas Bersejarah


Sangat menggoda untuk membersihkan barang-barang yang Anda temukan saat berburu, tapi untuk koin kuno yang langka serta benda bersejarah dan barang berharga lainnya cara pembersihan benda tersebut bisa merusak bendanya dan mengurangi nilainya. Buatlah peraturan bahwa Anda mengidentifikasi barang itu dan melakukan sedikit riset tentang nilainya sebelum Anda membersihkan dengan sabun.





#12 Buang Sampah Pada Tempatnya


​Saat Anda mendeteksi dan Anda menggali sesuatu yang tidak Anda minati, seperti sepotong pembungkus dari foil atau tab sekaleng soda, jangan membuangnya kembali. Jangan buang sampah sembarangan. Anda mungkin ingin berburu di daerah itu lagi dan Anda tidak ingin terus menggali sampah logam yang sama berulang-ulang. Seorang Prospektor ada kewajiban untuk membawah benda yang berharga namun sambil kerja mereka membersihkan lokasi dari segala sampah logam, terutama benda logam yang dapat membahayakan orang lain seperti paku dan benda logam tajam.Good deed! Terima kasih sebelumnya.




#13 Repeat. Ulang lagi prosesnya.


Sudah. Kalau ini sudah dilakukan maka Anda sudah menjadi prospektor sejati. Tinggal tambah pengalaman. Tinggal sering turun ke lapangan supaya hasil juga bertambah. Practice makes masters. Harus praktik. Teori hanya ada guna yang terbatas. Harus diamalkan.


Ada pertanyaan lain? Butuh support?


Silahkan hubungi kami.

Free. Friendly. Fast.

Kontak


261 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Hallo. Saya Stephen.

 

Saya dan tim saya di ATM Promining™ membantu Anda mendeteksi dan mengolah segala jenis emas. 

Silahkan Sign Up agar saya bisa kirim membantu Anda. 

stephen-atmpromining-blog.webp

Thanks for registering.

tombol-whatsapp-suport.webp
Ahli-Pendeteksian-Emas-ATM-Promining_edited.png

Signup . Kamu juga bisa detektsi emas.

bottom of page