• sl1782

Tipe endapan Emas dan cara pencariannya.

Diperbarui: 4 hari yang lalu


Bagaimana cara menemukan endapan emas.


Kata pengantar. Motivasi para penambang emas.

Emas tidak bohong, tidak seperti manusia. Emas mengikuti prinsip sederhana waktu menjadi deposit. Karena itu Anda dapat menemukan Emas dengan mudah jika Anda mengetahui prinsip-prinsip tersebut.

Di masa krisis ekonomi, pencarian Emas dapat menjadi sumber pendapatan alternatif yang menarik sekali. Jika dilengkapi dengan detektor emas dan mesin pengolahan emas yang efisien dan ramah lingkungan, itu adalah peluang serius dan dapat menghasilkan kekayaan besar.


Menemukan Emas adalah masalah yang berhubungan dengan keinginan / semangat Anda dan lingkungan alam. Anda tidak bergantung pada orang lain. Yang penting hanya Anda, tim Anda, alam dan Emasnya. Agar mengerti cara pencarian emas, ada ilmu tertentu yang harus diketahui. Sebagian akan dijelaskan dibawah ini:

Jenis Deposit / Lapangan & Endapan Emas

Proses erosi alami menghasilkan berbagai tipe deposit emas yang berbeda. Tipe lapangan emas diklasifikasikan sesuai dengan mekanisme pembentukkan.


Alluvial Placers / Plaser / Emas dalam sungai.

Deposit emas ini sering ditemukan di seluruh dunia, termasuk Indonesia, dan biasanya merupakan tipe deposit pertama yang dieksploitasi oleh penambang emas. Ciri khas lapangan emas ini adalah konsentrasi di dekat aliran sungai aktif maupun yang non aktif yaitu tepi sungai lama (yang sudah kering sekarang). Endapan aluvial tersebut ada karakter yang tertentu. Emas sudah lepas dari batu lain dan cara ekstraksi emasnya biasanya lebih mudah dan murah. Mekanisme untuk ekstraksinya adalah gravitasi kecuali untuk emas yang halus sekali. Alat yang biasannya digunakan di area endapan emas seperti ini adalah karpet, kasbuk, dompeng, dredge, dongfeng. Penambang profesional menggunakan alat seperti ATM Promining, SECA atau Proline untuk memastikan bahwa efisiensinya (jauh) lebih bagus daripada alat tambang tradisional yang biasannya digunakan oleh penambang rakyat. Investasi awalnya lebih murah karena tidak butuh bahan kimia untuk mengolah emasnya.


LIHAT ALAT DETEKTOR EMAS


Eluvial Placers, Emas Eluvial.

Endapan emas eluvial adalah emas yang sedang dalam proses transisi dari titik sumbernya (uratnya) ke titik yang lebih rendah (sungai, dll).. Gaya gravitasi memindahkan material ke titik yang bawah. Karena air juga pindah ke titik yang sama (titik paling rendah) maka jalur emas, mineral lain dan airnya sama. Kalau emas masih belum tiba di sungai maka namanya eluvial. Kalau sudah menembus sampai ke sungai maka namannya emas aluvial. Emas eluvial adalah indikator penting waktu mencari urat emas. ​


Deposit Bench. Emas di pinggir sungai.

Deposit ini biasanya merupakan sisa dari placers kuno lainnya. Tapi lapangan emas ini sudah kering, misalnya dulu di posisi ini adalah sungai aktif yang mengandung emas. Posisi sungai sudah berubah dan deposit emas yang dulu posisinya di sungai aktif sekarang sudah kering.


KONSULTASI GRATIS


Residual Placers. Sisa endapan emas kuno.

Efek erosi terus-menerus menyebabkan pengendapan emas. Bahan yang lebih ringan akan dibawa oleh angin dan hujan, meninggalkan konsentrasi mineral yang berat seperti emas, platinum, perak dan logam berat yang lain. Meskipun tipe lapangan / endapan emas ini umumnya tidak cukup untuk usaha penambangan komersial skala besar, tipe deposit ini dapat menjadi sangat produktif bagi para penambang dan individu yang menggunakan detektor logam untuk menemukan emas.




Endapan Emas Glasial.

Endapan emas ini dibentuk oleh pergerakan glasial, mengangkut kerikil yang mengandung emas dari berbagai sumber dan menyimpannya di tempat lain. Emas ini hampir selalu berbentuk emas yang sangat halus yang telah dihancurkan oleh tindakan glasial. Meskipun tersebar luas, endapan ini umumnya tidak ekonomis untuk usaha penambangan komersial apalagi penambang rakyat.


Eolian Placers. Emas Eolia.

Tipe emas ini biasanya ditemukan di daerah gersang, proses erosi alami menyebabkan pasir dan material ringan lainnya meledak sampai emasnya dibebaskan dari material lain.Dasarnya mengekspos vena (urat emas). Meskipun ini bisa menjadi sumber yang kaya, prediksi distribusi dan cadangan sulit dan mahal. Pemburu emas yang menggunakan deteksi emas seringkali dapat bekerja dengan sangat efisien

​di area endapan eolian.

Endapan Emas Banjir.

Emas sangat halus dapat diangkut dalam jarak yang cukup jauh oleh aliran air yang tinggi dan deras. Meskipun konsentrasi sudah terjadi ratusan tahun, emas banjir hampir tanpa kecuali bertekstur sangat halus. Karena begitu halus emasnya maka tipe emas ini sulit diolah oleh para penambang emas. Kalau menggunakan alat deteksi emas di daerah ini maka harus menggunakan model yang kelas profesional dengan tingkat sensitivitas yang sesuai. Alat detektor biasa tidak bisa digunakan karena sensitifitasnya tidak mencukupi untuk pendeteksian emas yang begitu halus. ​

Ada banyak sub-klasifikasi yang berhubungan dengan konteks alami dan geologi. Memahami karakteristik endapan placer yang berbeda ini sangat penting kalau ingin memahami cara menemukan emas.

Artikel lain buat Anda.


10 Tips Mencari Emas. Bagaimana mulai, Bagaimana bisa sukses.


Contoh Kedalaman Detektor Emas.


Sukses mendeteksi emas di Indonesia.




Anda ingin tahu titik emas dalam tanah di mana?

stephen-atmpromining-blog.webp

Hallo. Saya Stephen. Saya dan tim saya di ATM Promining™ membantu Anda mendeteksi dan mengolah emas. 

Silahkan Sign Up agar saya bisa kirim info terbaru. Info tersebut penting buat Anda agar bisa mencapai efisiensi yang tinggi juga. 

Jangan khawatir. Kita melayani penambang kecil maupun perusahan besar. Teknologi harus disebarkan secara sejahtera. 

Archives

Tema / Divisi

Whatsapp Chat Button.webp