top of page

Cara Mendulang Emas Manual

Diperbarui: 29 Mei 2022

Berikut adalah panduan cara mendulang emas manual dan sederhana untuk membantu kamu menggunakan alat dulang emas dengan cara yang benar dan efisien.


Penjelasannya disediakan dalam bentuk video maupun teks. Apabila kamu membaca dan menonton instruksi ini maka kamu bisa mencapai level keahlian mendulang emas tinggi dan mencapai penghasilan jauh lebih baik dari pada pendulang tradisional.


  • Mendulang emas adalah profesi yang menguntungkan dan hobi yang menyenangkan yang dilakukan di seluruh dunia.

  • Kamu ingin mengambil emas, kamu harus mengetahui cara mendulang emas manual. Segala hal mulai dengan kemampuan para penambang untuk mendulang emas.

Namun, saya merasa bahwa diperlukan panduan yang lebih lengkap untuk melampaui langkah-langkah sederhana dalam proses pendulangan emas ini. Ada banyak hal yang lebih terlibat dalam keberhasilan menemukan emas dari pada hanya menggunakan piring dulang emas dengan cara yang benar. Namun itu titik mulainya. Proses pendulangan berdasarkan sains yang jelas. Hal yang baik tentang sains, itu bukan sihir. Kamu dapat mempelajarinya, lalu menerapkannya, hingga mendapatkan emas. Cara mendulang emas tetap sederhana. Jangan khawatir.


Kenapa mesti belajar cara mendulang emas yang benar dan modern?


67% orang yang mendulang emas gagal karena salah teknik!

Itu fakta. Dan ini yang menyebabkan mayoritas para pendulang gagal:

  • Teknik pendulangan emas tidak bagus.

  • Mengolah material dari titik yang tidak layak.

  • Menggunakan dulang kayu dan alat dulang yang tidak tepat.

  • Menggunakan piring dulang buatan Cina dari bahan yang licin maka emas tidak bisa ditangkap dalam dulangnya.

  • Tidak menggunakan dulang plastik modern yang berkualitas.

Jadi mari kita mengkaji tentang cara pendulangan emas yang benar sehingga kamu juga yakin berhasil menemukan emas secara mudah dan cepat.




 

Tema / Tabel Isi


Berhubungan dengan Lokasi Pendulangan


Berhubungan dengan Teknik Dulang Emas


Peralatan

Peralatan Dulang Emas yang Modern



Lain


 


PANDUAN MENDULANG EMAS


# 1 . Mencari titik yang sesuai yang mengandung emas.


Ini ilustrasi sederhana. Tema ini bisa diperdalamkan di artikel: Tipe endapan emas dan juga di ujung artikel ini.





# 2. Menyaring batu dan tanah sebelum mendulang emas.


Menyaring material sebelum mulai mendulang emas. Itu penting karena kerikil besar hanya mengganggu proses pedulangan. Pakai saringan yang sudah termasuk dalam set alat dulang. Namannya klasifikasi.


Semakin kecil dan merata ukuran material dalam piring dulang kamu, semakin efisien proses pendulangan.

Langkah ayakan ini penting agar langkah pengolahan berikutnya bisa berfungsi dengan baik.


Mengklasifikasikan Bahan kamu Sebelum Mulai Mendulang

Mengklasifikasikan Bahan kamu Sebelum Mulai Mendulang Set peralatan dulang lengkap - seperti Gold Panning Kit - harus mencakup classifier (saringan / ayakan). Ini adalah semacam saringan yang digunakan untuk ayak material yang kasar dari material yang halus.

Ingat, kebanyakan emas yang kamu temukan berukuran kecil. Sebagian besar emas adalah debu dan PICKERS (serpihan kecil) yang berdiameter kurang dari 1 milimeter. Menemukan bongkahan emas besar dengan alat dulang adalah kejadian langka, maka material kasar wajib dipisahkan dari material halus terlebih dahulu. Tidak ada gunanya membuang-buang ruang di dalam dulang emas kamu dengan batu besar dan berat yang hampir pasti tidak mengandung emas.

Keunggulan klasifikasi material



# 3. Mengisi piring dulang emas secara benar.


Isi alat dulang kamu hingga maksimal ⅓ sampai ⅔ penuh dengan kerikil, tanah dan pasir. Jangan sampai piring dulang kamu terlalu penuh dengan material.


Semakin penuh dulangnya pada awalnya semakin rendah efisiensinya.

Terlalu banyak material dalam piring dulang emas adalah kesalahan lain yang dilakukan banyak penambang emas. Untuk satu hal, itu membuat piring dulang emas kamu sangat berat, yang bisa sangat tidak nyaman dan tidak sehat menambang emas seperti itu. Jika kamu merasa tidak nyaman, kemungkinan besar kamu akan ceroboh dengan teknik pendulangan emas dan kalau itu terjadi banyak emas akan hilang. Jadi hanya masukkan kerikil / tanah dalam jumlah sedang ke dalam alat dulang emas kamu. Jangan overload.

Ini juga saat yang tepat untuk menyebutkan bahwa kamu harus menggunakan alat dulang emas dengan ukuran yang tepat untuk badan kamu. Bagi kebanyakan pria, piring dulang emas berukuran 14 inci adalah ukuran universal yang baik. Kalau badang agak gede maka bisa pakai dulang yang 15 inci. Untuk wanita dan anak-anak, dulang berukuran 10” yang lebih kecil mungkin merupakan ukuran terbaik.

Tentu, alat dulang emas yang lebih besar dapat menampung lebih banyak bahan, tetapi pasti akan menjadi berat setelah kamu mengisinya. Secara pribadi, punggung dan bahu saya jauh lebih bahagia jika saya menggunakan dulang emas berukuran cukup dan bekerja dengan kecepatan yang wajar.



# 4. Rendam material dalam dulang secara rapi.

Rendam material yang ada dalam alat dulang kamu. Tepat di bawah permukaannya air. Membasahi semua material. Tidak boleh masih ada material yang kering.




# 5. Menghancurkan Tanah Liat

Tanah liat adalah musuh penambang emas !


SEBELUM kamu melakukan panning (mendulang), kamu mulai hancurkan gumpalan tanah dan tanah liat yang ada.


Gumpalan tanah liat dapat menangkap dan menahan partikel emas kecil, menariknya keluar dari alat dulang. Maka wajib menghancurkan gumpalan tanah liat sampai semuanya longgar dan terpisah. Ini akan memungkinkan partikel emas bebas untuk mengendap di dasar piring dulang emas seperti yang seharusnya.





# 6. Stratifikasi material: Goyangkan dulang emas.


Goyangkan alat dulang kamu dengan tenaga yang mencukupi beberapa kali. Goyangkan dulangmu maju mundur dan dari sisi ke sisi. Pastikan kamu tidak menggoyang piring dulang terlalu keras agar material-materialnya tidak terhanyut keluar dari dulang. Ini namannya stratifikasi emas, berarti material berlapis-lapis sesuai tingkat keberatan.


  • gerakkan dulang kamu dari kiri ke kanan

  • gerakkan dulang kamu maju mundur

  • singkirkan kayu, daun, dan bahan lain yang tidak diinginkan

  • gerakan: jangan terlalu keras, jangan terlalu lemah

  • kasih kesempatan ke emas untuk mengendap dalam piring dulang

Mulai dengan menggunakan gerakan melingkar yang lembut. Kerikil akan mulai berputar dalam sebuah lingkaran di dalam alat dulang. Hal ini akan melarutkan sebagian besar tanah liat dari dulang. Keluarkan akar, lumut, kayu dan material lain dari alat dulang dengan cara manual. Pastikan bahwa semua material kerikil, tanah dan pasir tetap dalam piring dulangnya.






# 7. Sweeping & Trapping - Tangkap Emas melalui Riffle


Masuk dulang kamu dalam air. Posisi tepat di bawah air. Pastikan bahwa piring dulang penuh dengan air. Miringkan alat dulang agar menjauh dari kamu. Sekitar 10-15 derajat ke bawah.

Gunakan gerakan melempar ke depan secara perlahan. Berhati-hatilah, tetapi gunakan daya yang mencukupi untuk mengeluarkan kerikil dari piring dulang.


Keluarkan sisa batu dan kerikil ketika masih ada. Pastikan batunya sudah bersih. Seharusnya terjadi secara otomatis ketika kamu mengikuti langkah-langkah proses pendulangan emas yang disebutkan di atas. Ulangi langkah-langkah ini sampai semua bebatuan besar sudah keluar dan yang tertinggal dalam dulang yaitu hanya konsentrat yang lebih berat (seperti emas, pasir hitam dll) yang menetap di bagian dasar dulang.


  • dulang emas diposisikan dalam sudut 10 hingga 15 derajat ke bawah

  • keluarkan sisa batu kerikil

  • kuantitas konsentrat tidak lebih dari 2 cangkir teh

Proses ini mesti diulangi beberapa kali. Saat kamu menyelesaikan proses dulang pada tahap ini, harusnya hanya ada sisa sebanyak satu sampai dua cangkir material berat dalam dulangnya. Kerikil dan batu seharusnya sudah tidak ada lagi. Material-material yang tersisa yaitu hanya material yang berat seperti pasir hitam dan emas. Namannya konsentrat. Info tambahan.



# 8. Side Tapping - Kumpulkan emas di satu sisi dulang.

Ketuk piring dulang dengan ringan di telapak tangan kamu. Artinya, kamu harus melakukan gerakan di pergelangan tangan. Gerakan yang cukup sehingga semua material dan pasir hitam akan bergerak, emas akan pindah ke sisi dulang yang dekat dari telapak tangan.


Side tapping itu mudah. Dan itu bisa menjadi kejutan yang sangat menyenangkan, karena akan segera mengekspos semua emas yang tersembunyi di bawah pasir. Teknik mendulang emas sederhana ini mudah dan kamu tidak butuh lama sampai menguasainya. Dan cara ini jauh lebih mudah dan efisien daripada memutar / menggoyang dulang emas besar secara manual. Info lebih lanjut.




# 9. Tip Tapping - Mengetuk bagian atas piring dulang emas.


Tip tapping berbeda dari Side Tapping karena Tip Tapping memisahkan emas dalam bentuk garis jelas dalam piring dulang. Garis emas tersebut langsung bisa disedot dari dulang pakai botol sedot emas (Sniffer/ Guzzler). Tip Tapping menyebabkan emas memisahkan diri dari material lain. Tip Tapping selalu dilakukan setelah Side Tapping.




# 10. Gold Snuffing - Menyedot emas dari alat dulang.

Langkah terakhir untuk mendapatkan emas murni adalah penggunaan botol sedot emas. Botol ini memungkinkan kamu untuk menyedot emas yang sangat halus yang tidak mungkin diambil dengan pinset. Peralatan tambang ini sudah termasuk dalam Set Dulang dari Garrett juga. Di botol ada vakum maka kamu bisa menyedot emas dari dulang secara manual, mudah dan cepat. Alat ini juga disebut Snuffer di kalangan penambang emas profesional. Dengan Snuffer kamu dapat menembakkan air di atas konsentrat kamu, yang meniup pasir hitam ke samping sambil meninggalkan emas. Setelah emas murni benar-benar terpisah, kamu cukup menyedotnya dengan botol snuffer kamu. Emas rapi disimpan dalam botol dan tidak bisa ke mana mana lagi.


 

Rahasia Pendulangan Emas


Saya merasa bahwa diperlukan informasi yang lebih lengkap untuk melampaui langkah-langkah sederhana dalam proses pendulangan emas ini. Ada banyak hal yang lebih terlibat dalam keberhasilan menemukan emas daripada hanya menggunakan piring dulang emas dengan cara yang benar. Namun itu titik mulainya. Selain apa yang dijelaskan dalam panduan di atas ini ada beberapa faktor lain.

Mendulang emas adalah profesi yang menguntungkan dan hobi yang menyenangkan yang dilakukan di seluruh dunia.


Bukan hanya penghobi saja yang menggunakan alat dulang emas untuk mencari emas. Bahkan penambang berpengalaman pun menggunakannya alat dulang untuk mencari emas aluvial di sekitar sungai. Di Indonesia, pendulangan emas lebih merupakan pekerjaan profesional untuk mencari nafkah sementara di barat Gold Panning lebih merupakan hobi rekreasi dan outdoor. Tidak ada kegiatan eksplorasi emas, bahkan untuk perusahaan besar, tanpa proses pendulangan dan sampling emas.



Peralatan Dulang Emas yang Modern

Pertama, mari kita bicara tentang peralatan yang tepat dan tentu saja hal pertama yang kamu butuhkan adalah panci dulang emas yang bagus. Ada banyak tipe dulang emas berbeda. Lagi pula, proses pendulangan bergantung pada gravitasi untuk menangkap emas. Jadi secara teoritis semua alat dulang emas yang memiliki titik rendah akan bekerja untuk menahan emas. Namun efisiensi tergantung pada desain alat dulang serta keahlian penambang yang menggunakannya.



Sejak tahun 1800 orang mengembangkan dan menguji berbagai desain piring dulang emas emas dan tipe dulang emas yang kami gunakan hari ini adalah hasil penelitian dan pengujian selama 200 tahun lebih.

Disain dan Bahan Alat Dulang Emas Profesional

Desain alat dulang emas profesional mempermudahkan pekerjaan penambangan emas dan merupakan peningkatan efisiensi pengolahan emas signifikan jika dibandingkan dengan apa yang digunakan kaum penambang emas zaman lalu. Dulang emas produksi massal pertama terbuat dari baja, yang perlu "disembuhkan" (cured) untuk menghilangkan minyak pabrik sebelum dapat digunakan. Selain itu mudah berkarat jika tidak dirawat dengan benar. Alat dulang dari Cina sampai hari ini memiliki masalah minyak tersebut. Alat dulang emas plastik yang modern memiliki banyak keunggulan dibandingkan wajan besi yang masih populer di Indonesia sampai saat ini. Dulang modern tahan lama, memiliki warna yang sangat kontras dengan emas sehingga kamu dapat melihat bintik emas terkecil di bagian bawah dulang dengan mudah. Selain itu sudah ditambah fitur riffle (Gold Traps) yang membantu dan meningkatkan retensi kepingan emas kecil. Ada banyak dulang emas bagus hari ini dan satu yang benar-benar bagus adalah Set Dulang Garrett. Ini adalah pilihan pribadi saya untuk mayoritas kondisi lapangan emas. Tidak mahal dan tahan lama dan mencapai efisiensi tinggi sekali. Hanya dulang Garrett yang memiliki garansi seumur hidup. Itu mencerminkan tingkat kualitasnya. Garrett Gold Pan ini juga dipilih oleh sebagian besar penambang profesional di luar Indonesia.

Apa lagi kebutuhannya untuk mulai mendulang emas ya?


Jika kamu telah menonton Gold Rush di TV, kamu menyadari bahwa juara penambang emas menggunakan dulang emas Garrett.

Bukan karena mereka dibayar untuk itu tetapi karena Garrett Gold Pan mampu menghasilkan emas untuk mereka - dan saya, dan juga kamu.





Titik Pengambilan Material Dulang

Yah, saya rasa kebanyakan orang tahu bahwa emas itu berat; sebenarnya itu adalah elemen terberat yang akan kamu temukan di sungai. Artinya, emas mengendap, turun. Dan itu mengendap di tempat-tempat di mana gravitasi memungkinkannya. Biasanya titik paling rendah dan dalam.


Sebagian besar kerikil dan pasirnya tandus dan tidak mengandung emas.

Bahkan jika kamu mencari emas di sungai yang sudah terkenal mengandung banyak emas, emasnya tidak tersebar secara acak atau merata. Jadi, jika kamu hanya menggali beberapa sekop kerikil dari atas sebongkah kerikil dan menggalinya, kamu mungkin tidak akan berhasil.


Di mana kamu menemukan air di jalan setelah hujan? Benar, di lubang. Titik dan jebakan terdalam. Semakin besar lubangnya, semakin banyak air yang kamu temukan di sana. Dan emas berperilaku persis seperti itu. Itu mudah dimengerti kan?



Tempat Emas Dalam Sungai


Emas di dalam tikungan sungai

Ada banyak tempat di mana emas dapat bersembunyi, tetapi emas akan selalu terkonsentrasi dalam titik yang disebut "paystreaks" di bagian dalam tikungan sungai, di mana gravitasi memungkinkan emas untuk mengendap. Sedimen emas di kali di situ.


Emas di belakang batu besar

Di belakang bongkahan batu (boulders) besar adalah salah satu tempat lain yang bagus untuk mengambil kerikil dan pasir dulang. Dengan cara yang sama seperti di dalam belokan: arus air di balik bebatuan besar dan bongkahan batu besar dapat menciptakan kondisi di mana emas aluvial dapat turun dan mengendap.

Sebenarnya semua benda besar dalam kali dapat menyebabkan efek yang sama. Misalnya batangan kayu dalam sungai dengan mudah menciptakan lingkungan serupa di mana emas akan mengendap.



Harus Gali Lebih Dalam Untuk Menemukan Emas

Kebanyakan pencari emas memahami bahwa di dalam tikungan dan di belakang bebatuan adalah tempat yang baik untuk menggali emas. Namun, BANYAK pendulang emas tetap gagal di situ karena ...


MEREKA MESTI GALI LEBIH DALAM LAGI!

Apa yang terjadi ketika kamu mencampurkan emas dengan pasir dan kerikil dan menggetarkan ember atau wajan? Kamu akan melihat emas segera tenggelam ke bawah. Kamu tahu itu ketika kamu pernah mendulang emas. Nah pasir dan kerikil di sungai atau anak sungai melakukan hal ini terus-menerus. Begitu emas mulai mengendap, ia mulai bergerak ke bawah melalui pasir dan kerikil. Ia turun, turun, turun, sampai tembus ke napal (bedrock) yang menghentikannya.


Bersihkan retakan dalam batuan dasar (napal) tersebut!. Di sinilah alat-alat yang saya sebutkan sebelumnya benar-benar berperan. Coba gali sampai ketemu titik napal ini karena konsentrasi emas placer terakumulasi di retakan ini. Emas di lapisan ini biasannya agak kasar dan malah ada bongkahan emas besar. Emas seperti itu disebut Crevice Gold.


Seringkali, satu ember material dari dasar sungai akan mengandung jumlah emas yang sama dengan ratusan atau bahkan ribuan ember dari lapisan di atasnya. Kadang kadang hanya 5 sentimeter sudah cukup dan kandungan emas material berubah drastis.


HARAP BACA INI 2 ATAU 3 KALI.

Kesalahan pendulang emas fatal.

Luangkan lebih banyak waktu untuk mendapatkan material yang bagus dari titik yang benar.

Pada akhirnya, saya pikir inilah alasan utama mengapa banyak penambang emas di Indonesia kurang berhasil. Mereka umumnya bersemangat untuk mulai menemukan emas, jadi mereka mulai menggali di mana mana. Mereka mengolah dan mendulang material sebanyak mungkin. Namun perhatian yang diberikan untuk mengambil material dari lokasi yang paling tepat itu kurang, maka kandungan emas dalam material yang merak olah akhirnya juga kurang. Harap mengerti: Itu salah.


  • Hard work: Bagus.

  • Smart work: Lebih bagus lagi.


Sebagian besar waktu harus diluangkan untuk menembus sampai ke lantai sungai (napal) dan itu kadang-kadang bukan tugas yang mudah. Tergantung pada area yang kamu kerjakan, mungkin ada lapisan penutup (overburden) yang cukup besar dan perlu banyak waktu dan usaha untuk turun ke lapisan kerikil yang mengandung emas.



Para pendulang emas harus menjawab pertanyaan berikutnya secara jujur:

  1. Jika kamu tidak berusaha ekstra untuk mengakses lapisan yang kaya emas, lalu apa gunanya? Kamu ingin mencari emas, bukan?

  2. Apakah kamu hanya ingin menggeser material banyak tanpa hasil yang tepat?

  3. Apakah kamu ingin mengolah 1 panci dulang emas dengan hasil yang bagus atau 1000 dulang emas tanpa hasil?


Pastikan kamu menggunakan Gold Trap (Riffles)


Garrett Gold Pan memiliki beberapa riffle (garisan / retakan gravitasi) yang membantu menahan emas agar tidak jatuh dari dulang emas. Kamu harus memastikan bahwa posisi dulang kamu benar sehingga pasir dan kerikil yang keluar dari dulang diproses di atas riffles (garisan).

Ini adalah semacam "asuransi" untuk menghindari kehilangan emas . Terutama pemula harus memperhatikan hal ini.


Riffles (Gold Trap Riffles) akan membantu kamu untuk :

  1. tidak kehilangan emas

  2. mengolah material lebih cepat

  3. mempermudahkan proses pendulangan emas.




Konsentrat pendulangan emas.

Lanjutkan proses ini sampai hampir semua bahan yang lebih ringan tersapu keluar dari dulang emas. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit, jadi jangan terlalu terburu-buru dan cobalah untuk menyelesaikannya dengan cepat. Setelah kamu mendapatkan hanya beberapa gram bahan di bagian bawah dulang emas kamu, hentikan kegiatannya dan lihat isinya dulu.


Hampir semua daerah (terutama tempat-tempat yang diketahui memiliki emas) akan memiliki banyak "pasir hitam" atau "pasir besi". Pasir hitam yaitu biasannya hematit dan magnetit. Keduanya memiliki berat jenis yang berat dan akan muncul di bagian bawah dulang emas kamu. Pasir hitam tersebut itu temannya emas. Jarang ada emas tanpa pasir hitam.


Terkadang akan ada mineral lainnya dengan berbagai warna. Garnet minsalnya adalah permata lain yang akan sering ada. Material tersebut biasanya berwarna merah tua/ungu. Setelah kamu mengurangi jumlah material dalam dulang emas kamu menjadi hanya mineral-mineral ini, berhentilah dan menguji material terlebih dahulu.


Langkah pengkonsentrasikan emas dengan dulang bisa dilakukan dengan piring dulang emas kecil, namannya concentrator pan atau finishing pan. Lebih kecil dan handal daripada dulang emas lain maka proses pemurnian konsentrat lebih cepat dan mudah.




Periksa Isi Gold Pan Secara Visual dan Cari “Picker”

Silahkan cek material dalam alatnya. Apa sudah kelihatan butiran emas dan pasir hitam? Emas yang langsung kelihatan dalam dulang dan yang bisa diambil dengan pinset dalam dulang namannya “Picker” (butiran emas). Ingat, emas jarang berbentuk bongkahan besar, melainkan serpihan kecil yang menonjol di dalam pasir hitam. Lanjutkan proses pendulangan (Side dan Tip Tapping) dengan santai sambil melihat isinya, mencari kepingan emas yang mungkin tersingkap.


Inilah keunggulan memiliki dulang emas berwarna hijau gelap, daripada dulang emas logam lain. Dulang emas plastik baru yang berwarna hijau menciptakan kontras yang bagus dengan emas agar mudah kelihatan dan seringkali potongan-potongan kecil emas benar-benar menonjol. Garrett menggunakan warna hijau yang lebih gelap yang memberikan kontras terbaik yang memungkinkan kamu untuk segera dan dengan mudah melihat emas yang halus sekalipun.



Jika kamu menemukan kepingan emas silahkan menggunakan pinset untuk mengambil kepingan yang agak kasar dan memasukkannya ke dalam botol.


Ketika kamu ambil emas dengan pinset itu selalu menjadi pengalaman yang istimewa dan menyenangkan. Sebagian besar emasnya itu terlalu kecil untuk diambil dengan pinset. Setelah kamu mengeluarkan kepingan emas kasar kamu melakukan proses Tip Tapping untuk memisahkan emas murni dari pasir hitam yang tersisa sehingga kamu dapat menangkap dan menyedot emas yang halus dengan Snuffer / Guzzler Bottle.




Gunakan Magnet

Mayoritas pasir hitam bersifat magnetis, jadi kamu bisa menggunakan magnet yang sangat kuat dapat membantu memisahkannya. Ada magnet khusus untuk memisahkan emas dari pasir besi. Kalau tidak menggunakan magnet maka bisa jadi langkah proses ini butuh waktu 2 atau 3 kali lipat.

Ketahuilah bahwa terkadang emas yang sangat halus dapat menempel pada pasir hitam yang kamu ambil dengan magnet untuk tambang emas, jadi sebaiknya kamu mengambil pasir hitam bekas dan menyimpannya dalam ember untuk diperiksa lagi sebelum membuangnya. Sangat mudah untuk kehilangan beberapa butiran emas halus dalam proses ini, jadi luangkan waktu untuk memeriksa semuanya dan memastikan kamu sudah menangkap semua emas.



Goyangkan Alat Dulang (Pan Whirling)

Pan Whirling: pasir dalam dulang berputar dalam lingkaran. Teknik ini sering digunakan di Indonesia dan di luar Indonesia. Namun teknik ini tidak bagus untuk memisahkan emas. Side dan Tip Tapping lebih efisien. Namun Pan Whirling bisa digunakan untuk menguji secara cepat apa ada emas dalam dulangnya atau tidak.



Kesimpulan

Kalau mau belajar mengenai cara menambang emas maka harus mulai dengan tema ini. Meskipun mempelajari langkah-langkah mendulang emas yang benar itu penting, sebenarnya seluruh proses dimulai dengan mendapatkan peralatan yang tepat, mencari tempat yang tepat dan material yang tepat dan mengandung emas.

Ketika kamu ingin mencapai hasil yang lebih baik daripada yang lain maka kamu perlu mempersiapkan diri dengan lebih baik, mengeksekusi kegiatannya dengan cara yang lebih baik dan memahami masalah pendulangan emas lebih baik daripada yang lain.


Jika kamu mempraktekkan apa yang baru saja saya jelaskan, kamu akan mencapai keterampilan ahli pendulang emas dalam waktu singkat dan hasil kamu akan berbeda dari penambang lainnya.

Jika harus ambil kesimpulan dari artikel ini yaitu kamu perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk menentukan titik yang bagus dan ambil material dari kedalaman yang tepat daripada hanya fokus terhadap teknik dan cara mendulang emas itu sendiri.


Teknik mendulang emas yang paling buruk pun akan menghasilkan emas jika kamu mencari di area yang tepat, tetapi kamu tidak akan dapat emas di tempat yang tidak mengandung emas! Dukun pun hanya menipu saja kalau dia janji hal seperti itu.


Jadi luangkan waktu ekstra yang diperlukan untuk menemukan bahan kaya emas dan berkualitas. Baru mendulang. Kalau materialnya bagus dan teknik kamu juga bagus, maka itu jackkpotnya. Hasilnya bisa luar biasa.


Saya harap artikel ini membantu kamu. Jika kamu suka silahkan Subscribe, Like dan bagikan artikel ini dengan teman-teman kamu. Penambang, terutama penambang rakyat, harus gotong royong. Dan bagi ilmu itu hal yang mudah yang bisa menyebabkan efek yang sangat signifikan. Jangan kita pelit dengan ilmu. Sharing is caring.


 

Apakah kamu memiliki pertanyaan tentang cara mendulang emas? Apa pun pertanyaannya, saya akan menjawab pertanyaan kamu sesegera mungkin.


 

ATM Promining™

Mining & Metal Detection Center Indonesia


T. (021) 7992077

Hp / Wa. 08994181142

Hp / Wa. 081213955538


Koordinat Toko dan Kantor:

Jalan Mampang Prapatan Raya No. 39. C5. 12790 Jakarta Selatan.



⛔ JANGAN BELI BARANG TIRUAN.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Hallo. Saya Stephen.

 

Saya dan tim saya di ATM Promining™ membantu Anda mendeteksi dan mengolah segala jenis emas. 

Silahkan Sign Up agar saya bisa kirim membantu Anda. 

stephen-atmpromining-blog.webp

Thanks for registering.

tombol-whatsapp-suport.webp