top of page
  • Gambar penulisLeend

Memahami Karat dan Kemurnian Emas

Diperbarui: 24 Des 2022

Jika ingin mengerti, membeli, menjual atau memahami mengenai benda emas dan nilainya, maka info ini penting untuk Anda. Kalau tidak memahami istilah seperti karat yang digunakan untuk mengukur kemuranian dan nilai emasnya mudah tertipu nanti.


Cara tulisnya karat atau carat. Dalam artikel ini kita menggunakan kata "karat" dengan "k" karena mayoritas cap emas juga menggunakan singkatan "k" atau "kt".



Batangan emas 24k.
Batangan emas 24K

Smart Konsumen Harus Mengerti Istilah “Karat”.

Cap pada batangan emas di atas ini dapat menjelaskan mengenai kegunaannya, kemurnian dan kehalusan. Dari cap itu juga ketahuan apa batangan ini dicampur dengan logam lain atau tidak dan persentase campurannya.

Jika Anda pernah berbelanja atau menjual perhiasan emas, Anda mungkin akrab dengan "karat" yang diterapkan pada emas. Semakin tinggi karatnya, semakin mahal harganya. Tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa? Jawaban singkatnya adalah benda dengan karat yang lebih tinggi mengandung lebih banyak emas, tetapi ada lebih dari itu yang harus diketahui.

  • Apa artinya semua itu?

  • Dan apa artinya semua cetakan halus itu yang dicap ke dalam benda emas Anda?

  • Apa sebenarnya karat itu?

  • Bagaimana Anda tahu seberapa murni emas itu sebenarnya?

Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan banyak lagi.

Apa Itu Karat?

Karat adalah angka yang tertera pada benda emas dalam format "xxK" ,"xxKT" atau "xxCT". Angka-angka mengacu pada jenis emas dan kandungan emas pada perhiasan atau benda emas tertentu.

Berikut informasi lebih lanjut tentang karat:

  • Karat adalah pengukuran rasio emas terhadap logam lain.

  • Karat diukur dalam skala dari 0 hingga 24.

  • Semakin tinggi angka karat, semakin banyak emas yang ada dan semakin sedikit kandungan logam lainnya.

  • Logam dan paduan lainnya yang mungkin dicampur dengan benda logam yaitu mungkin tembaga, nikel (tidak dipakai lagi), perak, atau palladium.

Dengan pemikiran ini, emas 24 karat adalah emas paling murni yang bisa Anda beli. Kalau benda emas memiliki 24 karat maka berarti tidak ada logam lain dalam benda tersebut.



Mengapa Emas Murni Dicampur Dengan Logam Lain?

Emas dapat ditempa dalam keadaan murni. Materialnya sangat lembut. Logam lain ditambahkan untuk memperkuatnya material emasnya supaya bentuknya stabil. Dan dalam beberapa kasus logam lain ditambah untuk mengubah warna. Contohnya adalah "rose gold" (Emas Mawar) yang terdiri dari emas dan tembaga.


Karat Dan Cara Mengukur Kemurnian Emas.

Mengetahui jumlah karat adalah kunci untuk menghitung kandungan emas perhiasan dan benda yang Anda miliki sendiri. Berikut adalah cara menggunakan jumlah karat untuk mengetahui seberapa murni kepingan emas Anda.

Katakanlah Anda membeli cincin emas 14K. Karena jumlah karat maksimal yang dapat Anda miliki adalah 24K, bagilah 14 Karat dengan 24. Anda akan mendapatkan 0,583. Ini berarti emas itu 58,3% murni.


Tabel Konversi Kemurnian Emas



Seperti yang dapat Anda lihat pada tabel di atas, "kehalusan millesimal" mengacu pada persentase emas, sedangkan karat mengacu pada rasio emas terhadap logam lain dalam benda emas tersebut. Mengonversi keduanya agak mudah saat Anda mengubah persen menjadi bentuk pecahan, atau sebaliknya.


Terminologi Kemurnian Emas

Apa Itu "Kehalusan" (Fineness) Emas?

Ukuran kemurnian emas (Fineness), atau kehalusan, mengacu pada rasio aditif emas-ke-logam. Mari kita lihat beberapa istilah yang mungkin Anda temui saat mempelajari atau berbelanja emas:


Assay:

Tes yang menentukan kandungan dan kualitas mineral, terutama mineral logam.


Logam Bullion:

Logam mulia dalam bentuk seperti emas batangan. Benda emas yang murni akan tetapi belum dijadikan koin, perhiasan dll.


Karat (Emas):

Dalam konteks pengujian emas maka karat adalah satuan untuk klasifikasi kemurnian emas dalam skala 0 (nihil) sampai 24 (murni). Maka setiap karat adalah bagian kedua puluh empat. Maka emas dengan 24 karat itu sama seperti emas murni. “Karat” digunakan untuk menentukan kehalusan / kemurnian emas.

Contoh:

1 karat = kemurnian 1/24. Kemurnian sangat rendah. 1 dari 24 bagian yaitu emas. 23 dari 24 bagian itu bukan emas.

24 karat = kemurnian 24/24. Kemurnian sangat tinggi. 24 bagian dari 24 bagian yaitu emas.


Karat (Batu Mulia):

Kalau dalam konteks batu mulia makna istilah karat itu beda. Dalam konteks batu mulia karat adalah satuan berat yang digunakan untuk klasifikasi batu mulia. Satu karat sama dengan 200 miligram.


Daktil / Daktilitas / Kelembutan:

Seberapa mampu suatu logam berubah bentuk menggunakan gaya tarik (misalnya, bahan ulet dapat diregangkan menjadi kabel tipis tanpa patah).


Hallmark:

Simbol atau tanda yang dicap pada benda logam mulia yang menyatakan standar kemurniannya.


Malleability / Kelenturan:

Seberapa mampu logam dideformasi menggunakan gaya tekan (misalnya, logam yang lebih lunak dapat dipalu atau digulung menjadi lembaran tipis).


Kehalusan Millesimal:

Suatu sistem yang digunakan untuk menunjukkan kemurnian logam mulia dengan bagian per seribu, bukan karat.


Troy Ounce:

31,1034768 gram, atau sekitar 1,09714 standar “avoirdupois” ons.


Troy Weight:

Sebuah sistem pengukuran yang digunakan untuk batu permata dan logam mulia, di mana satu pon Troy penuh terdiri dari 12 ons "troy ounces" daripada 16 ons "avoirdupois" dalam satu pound standar.




Apa Makna Stempel Pada Emas?

Berikut daftar Cap yang mungkin Anda temukan pada benda emas dan artinya.


EPNS — Electroplated Nickel Silver

Jika seseorang mencoba menjual kepada Anda benda "emas" bertanda "EPNS", langsung menjauhi dari penjualnya. EPNS itu singkatan dari "Electroplated Nickel Silver," yang merupakan pelat perak. Ini berarti bahwa bahan ini bukan emas, dan tidak berharga. Banyak penjual menawarkan ini sebagai benda emas dan cari konsumen yang tidak mengerti emas dan bayar mahal untuk benda ini padahal itu bukan emas.


EPBM — Electroplated Britannia Metal

Sekali lagi, jika seseorang mencoba menjual "emas" dengan tanda "EPBM" kepada Anda, menolak transaksinya segera. EPBM adalah singkatan dari "Electroplated Britannia Metal," yang sama sekali bukan emas. Ini adalah paduan perak/timah yang terdiri dari tembaga, timah, atau seng.


GE — Gold Electroplate

GE adalah benda yang terdiri dari logam yang bukan logam mulia. Seringkali kuningan, dengan pelapis emas tertentu yang diendapkan secara elektrolitik ke alasnya. Standar minimum yang perlu dipertimbangkan GE adalah 7 sepersejuta inci dan setidaknya 10K emas sebagai pelapisnya.


HGE — Heavy Gold Electroplate

Sama seperti GE di atas, tetapi hanya dapat membuat klasifikasi "berat" jika pelapisan setidaknya 100 juta inci.


GF — Gold Filled

Ini berarti "Gold Filled". Bahan bukan logam mulia namun mengandung 1/20 emas. Emas itu harus bersifat 10 karat. Hati hati dengan emas seperti ini. Penjual sering coba menjual bahan ini dengan harga sangat mahal.


375 — Gold 375

Ini berarti emas itu 37,5% atau sama dengan 9 karat. Di AS, standar minimum untuk emas adalah 10 karat namun banyak negara lain, termasuk Indonesia, mengizinkan pemasaran ini sebagai emas dan oleh karena itu emas 375 sering digunakan dalam aplikasi perhiasan dan untuk isi gigi.


417 — Gold 417

Ini berarti emas itu 41,7% murni atau 10 karat. Di Amerika Serikat jenis ini dominan untuk perhiasan karena sangat kuat. Ini bagus untuk perhiasan dan membuat perhiasan tahan lama tanpa ada perubahan bentuknya.


585 — Gold 585

Ini berarti bahwa emas itu adalah 58,5% atau 14 karat. Emas yang bagus dan kuat tetapi dengan emas lebih dari 10 - 14 karat.


750 — Gold 750

Ini berarti emas 75,0% murni atau 18 karat. Jauh lebih murni daripada emas 14 karat. Emas 750 masih memiliki kekuatan yang baik dengan keseimbangan kemurnian yang luar biasa.


916 — Gold 916

Ini berarti emas 91,6% murni atau 22 karat. Ini mungkin emas paling lembut dan paling murni yang ingin Anda miliki untuk sebuah perhiasan.


999 — Gold 999

Ini berarti emas 99,9% murni atau 24 karat. Ini adalah yang paling murni yang dapat Anda beli, dan meskipun kemurniannya bisa mencapai 999.999, sangat jarang menemukannya emas dengan kemurnian tinggi seperti ini. Kehalusan emas seperti itu terakhir kali disediakan pada tahun 1950 oleh Perth Mint di Australia.




Apakah Karat Tinggi Berarti Emas Berkualitas Tinggi?

Emas yang lebih murni tidak berarti lebih baik. Kalau untuk perhiasan misalnya emas yang 24k tidak bagus, tidak baik. Konteks menentukan jenis emas yang baik pada konteks tertentu. Namun semakin murni emasnya semakin mahal emas tersebut. Ada konteks penggunaan emas di industri yang membutuhkan emas yang agak kuat maka untuk aplikasi tersebut emas 24 karat juga tidak bisa dipakai. Emas yang 24 karat hanya bagus untuk membuat batangan emas (Gold Bullion).

 

Semakin rendah karat dalam sebuah cincin, semakin kuat cincin tersebut. Mari kita bandingkan karat yang lebih rendah dan lebih tinggi:

  • Semakin rendah karatnya, semakin kuat, sedangkan emas dengan karat yang lebih tinggi akan semakin lunak.

  • Emas karat rendah tidak tahan noda. Emas karat yang lebih tinggi jauh lebih tahan terhadap noda.

  • Emas karat rendah tidak semahal emas karat tinggi. Emas dengan karat lebih tinggi lebih berharga karena lebih murni.

  • Emas karat yang lebih tinggi akan tampak lebih kuning.




Emas alami kadar 24 karat


Ketika ditemukan dalam bentuk alami, nugget emas cenderung berkisar dari kemurnian 20 karat hingga sebanyak 22 karat. Itu sama dengan 83 sampai 92 persen.

Nugget dengan kemurnian sedikit lebih tinggi tampaknya umumnya ditemukan dan terletak di belahan bumi selatan di tempat-tempat seperti Australia dan Asia Tenggara. Di sisi lain, nugget berkualitas buruk cenderung terletak jauh di utara di tempat-tempat seperti Alaska dan Kanada. Kemurnian nugget sangat berbeda sehingga mempengaruhi warna logam dalam bentuk alami. Secara umum, semakin kaya warna kuning nugget, semakin tinggi kandungan kemurniannya. Konon, nugget telah terkena pencampuran unsur mineral logam lain dan biasanya dicampur dengan logam seperti tembaga dan perak. Ketiganya adalah logam yang kelas lembut maka mudah dicampur saat dalam keadaan panas dan cair di dalam lapisan bumi yang dalam. Proses menggabungkan logam-logam tersebut bersama-sama secara acak.


Sering ada orang yang bilang “emas di lokasi kita sudah murni 24k”. Maka itu membuktikan hanya 2 hal.

1. Dia tidak tahu apa apa mengenai emas. Emas alami dengan 24k tidak ada sama sekali.

2. Kemungkinan besar ada niat menipu Anda terutama kalau dia mau ajak Anda untuk investasi atau membeli emas dari sana.


Dalam konteks ini ada pepatah yang mungkin tepat diingatkan:


Don't do business with a donkey. (Jangan berbisnis dengan keledai.)

Kegunaan Emas

Meskipun lebih dari 75% emas yang digunakan setiap tahun dibuat menjadi perhiasan, ada kegunaan lain. Emas sangat fleksibel dan digunakan di banyak industri untuk berbagai keperluan, tergantung kemurniannya. Banyak industri menggunakan emas untuk pembuatan perhiasan hingga aplikasi makanan.

  • Koin / emas batangan: Mata uang adalah salah satu kegunaan terbesar karena emas akan selalu memiliki nilai tinggi terutama kalau mata uang seperti dolar lagi runtuh. Dalam skenario ini emas digunakan sebagai asuransi terkait risiko krisis moneter. Anda bisa ambil koin emas atau batangan emas misalnya untuk menyimpan nilai dalam emas.

  • Komputer/teknologi: Karena emas adalah konduktor listrik yang hebat, emas sering ditemukan di komputer dan alat elektronik. Setiap ponsel mengandung emas dengan nilai Rp10.000 atau lebih dari itu.

  • Dirgantara: Berbagai papan sirkuit untuk pesawat ruang angkasa menggunakan emas sebagai perisai untuk menjaga suhu pesawat tetap stabil.



  • Gigi: Kita semua pernah melihat rapper dengan gigi emas. Emas bukan hanya untuk penampilan! Ini sangat berguna di mulut dan dapat ditemukan di tambalan, mahkota dan jembatan gigi dan aplikasi gigi lainnya.

  • Medis: Emas tidak hanya digunakan dalam peralatan dan instrumen medis, tetapi juga secara harfiah digunakan sebagai "obat" untuk keperluan medis untuk berbagai kondisi, termasuk pengobatan radiasi untuk jenis kanker tertentu! Emas memiliki karakter anti-bakterial maka memiliki beberapa aplikasi medis khusus.

  • Kuliner: Beberapa restoran menggunakan emas sebagai hiasan, tetapi hiasan yang dapat dimakan memiliki kemurnian rendah dan tidak beracun. Jelas itu sebuah mubazir yang luar biasa.



Tujuan Stempel Atau Cap

Anda mungkin menemukan beberapa benda emas yang tidak memiliki cap dengan angka kemurnian. Kebanyakan benda emas, terutama perhiasan, akan memiliki cap dengan apa yang disebut "Hallmark" sebagai referensi kemurnian material dan sebagai patokan nilai moneter. Benda emas antik sering tidak memiliki Hallmark. Selain itu mayoritas perhiasan memiliki cap. Ada regulasi terkait dari pemerintah. Namun undang-undang terkait emas dan perhiasan berbeda di setiap negara, dan jika Anda menemukan emas yang tidak dicap yang dipasarkan dengan kemurnian tertentu, sebaiknya lanjutkan dengan hati-hati. Jangan membeli emas tanpa menguji kemurniannya. Sebaiknya emas yang memiliki cap tetap diuji karena para penipu juga pinter membuat cap.

Terkadang, perhiasan yang dicap sebagai kemurnian tertentu bisa saja palsu atau disalahartikan. Ini lebih umum ketika memesan secara online atau dari negara asing.


Apa Itu Hallmark?

Jika Anda berbelanja perhiasan di luar negeri kemungkinan besar Anda akan menemukan beberapa gambar aneh pada perhiasan yang mungkin disertai atau tidak disertai dengan cap angka kemurnian yang sebenarnya. Gambar itu namannya Hallmark dan tidak perlu disertai dengan stempel kemurnian tertentu. Gambar itu otomatis mengindikasikan kemurnian emasnya. Seperti logo untuk kemurnian khusus. Jika Anda mengetahui Hallmark, Anda akan tahu kemurnian emasnya dan kemurnian tersebut dijamin, jika tidak palsu.

Simbol yang akan Anda temukan akan berbeda tergantung pada negara asal dan periode waktu. Hallmark seperti ini tidak hanya bagus untuk mengidentifikasi emas atau logam mulia yang digunakan dalam perhiasan, tetapi juga membantu menentukan tanggal pembuatan perhiasan.

Berikut adalah petunjuk yang harus dicari:

  • Bentuk segi delapan di Hallmark mengindikasikan emas.

  • Jika ciri khasnya mencakup angka tiga digit, kemungkinan besar ini adalah kemurnian emas. Misalnya, jika angka "585" dicap di dalam oktagon, ini menunjukkan bahwa Anda memiliki benda emas dengan kemurnian 14K, atau 0,585.

  • Simbol lain yang dicap ke dalam emas menunjukkan perusahaan mana yang membuat benda emas tersebut dan kantor pengujian mana yang menguji dan mencap tanda persetujuan.


 

Tanya Jawab

Gold F.S.J.C.O.

Pertanyaan: Saya memiliki gelang emas milik nenek buyut saya, dan dia menikah sekitar tahun 1897. Di dalamnya tertulis "solid gold fsjco". Saya memakainya setiap hari dan telah memilikinya selama 20+ tahun, dan sebelumnya dipakai oleh Ibu dan nenek buyut saya. benda itu belum berumur sama sekali. Bagaimana saya tahu karat itu?

Jawaban: Seorang pembuat perhiasan bisa memberitahu Anda. Mereka memiliki kit pengujian emas di mana mereka menggosokkan sedikit bahan ke batu abrasif, lalu mengujinya dengan asam yang berbeda. Setelah larut, mereka dapat mengetahui karat apa itu. Saya percaya ada cara yang lebih mahal untuk menguji emas dengan Specific gravity scale (pengujian gravitas spesifik). Anda juga dapat menggunakan pistol XRF untuk memeriksa kemurnian emas. Ini bekerja sangat andal pada Emas bersih seperti itu.


Perhiasan dengan Cap 826 dan 925

Pertanyaan: Saya punya perhiasan dari Singapura yang memiliki cap dengan angka 826 dan 925. Apa artinya jika berwarna pink?

Jawaban: Dugaan saya mungkin berlapis perak, atau mungkin ternoda. 826 dan 925 mengacu pada kemurnian perak. Kemurnian perak 82,6% dan 92,5%, masing-masing.


Berat Emas 14 karat

Pertanyaan: Berapa berat satu mililiter emas 14k?

Jawaban: Pertanyaan ini sulit karena liter dan mililiter adalah ukuran volume, dan emas diukur dengan massa. Menurut Physics Factbook, satu sentimeter kubik emas pada suhu 20 derajat Celcius akan memiliki berat 19,32 gram. Ini sama dengan 11,27 gram emas murni dalam 1 mililiter emas 14K.


Perhiasan dengan Cap 4762

Pertanyaan: Saya memiliki kalung yang dicap dengan angka 4762. Apakah itu berarti itu emas asli, atau hanya sampah?

Jawaban: Saya tidak dapat mengatakan bahwa saya pernah mendengar atau melihat cap seperti itu maka saran saya mohon membawa benda emas ke toko perhiasan atau lab untuk mengujinya. Silahkan hubungi divisi pengujian logam ATM Promining atau lab lain.


Pakai detektor untuk cek kadar emas.

Pertanyaan: Apa saya bisa pakai detektor emas untuk menguji kemurnian perhiasan saya?

Jawaban: Tidak bisa Pak. Detektor emas tidak dimaksudkan untuk itu. Alat detektor itu dimaksudkan untuk mencari benda emas dalam tanah dan batuan. Detektor tidak bisa digunakan untuk menguji kemurnian atau karat emas. Silahkan membaca artikel ini mengenai aplikasi detektor logam kalau masih ada pertanyaan terkait detektor.


Apa Anda ada pertanaan mengenai tema sekitar karat? Kami akan menjawab dengan senang hati. Silahkan bertanya di bagian komentar.


Kontak ATM Promining™




117 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

1 Comment


Guest
Dec 23, 2022

Penjelasan super lengkap. 👍

Like

Hallo. Saya Stephen.

 

Saya dan tim saya di ATM Promining™ membantu Anda mendeteksi dan mengolah segala jenis emas. 

Silahkan Sign Up agar saya bisa kirim membantu Anda. 

stephen-atmpromining-blog.webp

Thanks for registering.

tombol-whatsapp-suport.webp
Ahli-Pendeteksian-Emas-ATM-Promining_edited.png