top of page

8 Cara Mengoptimalkan Kedalaman Detektor Harta Karun

Diperbarui: 8 Apr


Bagaimana Anda menemukan harta karun dan Nugget Emas besar yang telah dilewati orang lain? Dan mengapa beberapa orang menemukan barang di satu tempat tertentu meskipun yang lain telah mencoba sebelumnya dan tidak berhasil menemukan apa pun?


Anda harus memastikan detektor Anda mencapai kedalaman terbaik. Itu sangat penting. Dan seringkali inilah perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan. Semakin bagus jarak pendeteksian detektor logam Anda, semakin besar peluang Anda untuk menemukan harta karun atau gumpalan emas.



Para pemburu yang mengikuti langkah-langkah ini mencapai hasil yang jauh lebih baik daripada seseorang yang tidak tahu bagaimana mengoptimalkan kemampuan kedalaman detektor mereka. Silahkan dibaca sampai ke ujung supaya jelas caranya.


Dalam panduan ini saya menjelaskan kepada Anda bagaimana mengoptimalkan kedalaman detektor Anda. Anda akan belajar tentang 8 langkah untuk mengoptimalkan kedalaman deteksi sehingga Anda bisa berhasil menemukan lebih banyak harta karun.



Berikut langkah-langkahnya:

  1. Mengayunkan detektor dengan benar

  2. Melakukan ground balancing

  3. Mengurangi diskriminasi

  4. Latih diri Anda mengenal suara detektor

  5. Sesuaikan sensitivitas detektor

  6. Sesuaikan frekuensi detektor

  7. Menggunakan coil besar

  8. Menggunakan headphone



Video ada di tip nomor 3. Silahkan membaca terlebih dahulu.


Tidak perlu khawatir. Saya akan menjelaskan masing-masing tip ini sehingga detektor Anda bisa mencapai akurasi dan kedalaman lebih optimal lagi. Anda melakukan ini dan Anda akan berhasil di mana orang lain gagal. Mari kita mulai!


Apa yang harus saya lakukan supaya detektor logam saya bisa mencapai kedalaman maksimal?



Tip #1 - Cara Anda Mengayunkan Detektor Itu Penting


Bagaimana gerakan benar dengan detektor Anda? Perhatikan bagaimana Anda mengayunkan atau menyapu dengan detektor logam Anda. Lihat gambar di bawah ini. Detektor bergerak terus posisi coil tetap harus persis di atas tanah. Jangan angkat posisi koil ke atas. Semakin dekat posisi coil dari tanah, semakin bagus.

Cara Mengayunkan Detektor Emas dengan Benar

Banyak operator melakukan kesalahan fatal karena mereka memposisikan koil 10-20 cm di atas tanah. Anda akan kehilangan kedalaman deteksi 20 cm kalau begitu! Sangat logis. Letakkan kumparan detektor Anda 2-3 cm di atas tanah. Jaga jarak antara koil dan tanah. Harus konsisten.




Kecepatan Deteksi Tepat


Ini kesalahan lain yang sering terjadi. Kecepatan gerakan terlalu cepat supaya detektor tidak dikasih waktu yang mencukupi untuk membaca info dari coil. Sebagai patokan dasar ya.

1 detik untuk 30 cm itu kecepatan yang bagus.

Kecepatan ideal untuk mengayunkan detektor emas

Kecepatan gerakan tepat ini membantu detektor Anda supaya bisa mencapai jarak pendeteksian yang lebih dalam dan akurasi yang lebih bagus. Kecepatan deteksi yang tepat bervariasi, tergantung model detektor yang Anda miliki. Beda dari satu detektor ke detektor lainnya. Sadarilah itu. Coba cek kecepatan mana yang terbaik khusus untuk MD Anda. Biasanya ada info di buku panduan. Jika tidak ada silahkan bertanya ke kami.




Tumpang tindih


Tip lainnya adalah tumpang tindih gerakan detektor Anda. Ini akan memastikan bahwa Anda mencakupi semua area tanpa kehilangan apa pun.


Cara Mengayunkan Detektor Logam Tanpa Meninggalkan Celah

Jika Anda tidak menggunakan detektor dengan cara sistematis dan rapi ini maka Anda meninggalkan banyak ruang di antara gerakan detektor dan Anda tidak akan tahu apa yang terlewatkan di situ. Logis ya.





Baca buku panduan.


Saran konyol bukan? Tidak. Manufaktur detektor mengetahui detektor mereka dan Anda akan menemukan beberapa saran dan trik penting dalam buku panduan. Ingat, semua detektor logam berbeda sedikit.


Banner Promo Detektor Logam




Tip #2 - Menyesuaikan Keseimbangan Tanah


Semua atau sebagian besar detektor logam memiliki fitur Ground Balance (keseimbangan tanah). Fitur ini menyesuaikan detektor Anda dengan jenis mineral yang ada di tanah. Sangat penting. Bisa dibandingkan dengan ban mobil. Ban untuk offroad di hutan beda dengan ban balapan. Nah Ground Balancing mirip dengan itu.


Kesimbangan Tanah yang tepat memungkinkan Anda untuk mencapai akurasi dan kedalaman lebih optimal karena medan magnet antara detektor Anda dan tanah sudah disetel / disetting dengan benar dan tepat.


Ada tiga jenis mode keseimbangan tanah. Jenis dan opsi tergantung pada jenis detektor yang Anda gunakan.




3 mode keseimbangan tanah adalah:


  • Keseimbangan Tanah Manual – Dengan jenis keseimbangan tanah manual, Anda dapat menyesuaikan jumlah kebisingan sinyal yang Anda terima dari tanah secara manual.



  • Melacak Keseimbangan Tanah - Jika detektor Anda memiliki pengaturan ini, ia akan terus menyesuaikan keseimbangan tanah Anda saat Anda mencari harta karun. Jadi padahal mineralisasi tanah berubah, detektor menyesuaikan kesimbangan tanah.


Periksa buku manual Anda untuk melihat opsi keseimbangan tanah yang dimiliki detektor Anda. Detektor untuk pemula biasanya memiliki opsi keseimbangan tanah yang lebih sederhana daripada detektor harta karun profesional. Tidak masalah itu kecuali tingkat mineralisasi tanahnya tinggi sekali.






Tip #3 - Mengurangi Diskriminasi Detektor


Diskriminasi adalah kemampuan detektor untuk membedakan antara benda besi dan benda bukan besi. Ketahuilah bahwa jika Anda menggunakan fitur diskriminasi, kedalaman detektor Anda berkurang. Maka kalau mengurangi tingkat diskriminasi Anda dapat meningkatkan kedalaman detektornya. Anda akan mendengar lebih banyak sinyal dari detektor Anda, tetapi itu tidak masalah.


  1. Kurangi diskriminasi untuk mempertahankan kedalaman yang optimal.

  2. Setelah Anda menemukan target, Anda dapat memeriksa target tersebut dengan fitur diskriminasi.

Hampir semua operator detektor logam professional melakukan hal itu. Mulai dengan modus tanpa diskriminasi. Kalau sudah menemukan sesuatu baru menggunakan fitur diskriminasi untuk menguji apa itu besi atau tidak.


Model profesional seperti GPZ7000, SDC2300, GPX6000 atau ATX Deepseeker pada Monocoil bahkan tidak memiliki fitur Diskriminasi sama sekali.

seorang pengguna gpx 6000 dan headline post



Tip #4 - Latih Diri Anda Mengenal Suara Detektor


Ini sangat penting. Kebanyakan orang tidak melakukan ini karena mereka terlalu malas. Jangan malas jika ingin sukses.


Berlatih menempatkan benda logam yang berbeda di depan koil dan mendengarkan sinyal apa yang dihasilkannya oleh detektor. Ini akan membantu Anda untuk mengenal cara kerja mesin Anda dan nada apa yang dihasilkannya.


  • Gunakan objek yang berbeda (besi, emas, perak dll) dan periksa bagaimana detektor Anda berbunyi dengan objek yang berbeda.

  • Gunakan jarak yang berbeda untuk memeriksa sinyal untuk objek tersebut.

Dengarkan suara-suara detektor ini dengan cermat dan Anda akan menjadi ahli menemukan harta karun! Orang yang berlatih seperti itu beda dengan orang yang tidak melakukan latihan ini. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang berhasil di area di mana orang lain tidak berhasil.


Jika Anda pernah ikut seorang hunter profesional, Anda akan menyaksikan bahwa dia ada kemampuan khusus untuk membedakan suara detektor padahal Anda mungkin merasa sinyalnya sama saja. Itu karena mereka sudah terlatih. Saya tahu banyak pemburu profesional yang memiliki keahlian lebih bagus daripada saya sendiri. Jika mereka mulai mendeteksi, mereka menghasilkan uang. Mereka bukan amatir. Alasannya adalah karena mereka memahami segala nuansa suara detektor. Dan itulah alasan kenapa mereka lebih berhasil daripada orang lain. Jauh sekali.



Analogi Orang Yang Telah Dilatih
Mari kita bandingkan. Siapa pun dapat duduk di depan piano dan menggerakkan jari-jari mereka. Mudah. Tapi hanya mereka yang terlatih benar-benar bisa membuat musik.
Latihan membuat sempurna! Mulailah berlatih.



Tip #5 - Sesuaikan Sensitivitas


Putar pengaturan sensitivitas setinggi mungkin di detektor Anda. Dengan melakukan ini, Anda akan mendapatkan deteksi kedalaman yang hebat. Triknya adalah menyeimbangkannya. Jika sensitivitas Anda terlalu tinggi dan detektor Anda mulai berteriak tanpa henti, Anda perlu mengurangi sensitivitas sampai Anda mendapatkan sinyal yang halus.


mengatur sensitifitas detektor

Hanya perlu diingat pastikan bahwa Anda selalu bekerja dengan tingkat sensitivitas setinggi mungkin.





Tip #6 - Sesuaikan Frekuensi Detektor


Detektor harta karun untuk pemula biasanya hanya memiliki satu frekuensi dan tidak dapat disesuaikan. Contoh: Simpleks, ACE200i, ACE300i, ACE400i.


Model yang kelas lebih bagus biasanya memiliki opsi penyesuaian frekuensi. Jika demikian, pilih frekuensi yang lebih rendah untuk mencapai kedalaman deteksi maksimal. Contoh: Nokta Anfibio Multi.


infografik menjelaskan kaitan antara sensitifitas metal detector dan jarak pendeteksian


Detektor harta karun generasi baru seperti seri Equinox atau Vanquish Minelab, Apex Garrett atau Nokta’s Legend sudah pakai Teknologi Multi Frekuensi. Berarti Anda bisa menggunakan beberapa frekuensi secara bersamaan / simultan. Alhamdulillah ini merupakan perkembangan teknologi yang bagus.


Silahkan cek artikel dan video yang menjelaskan detail tentang rahasia kedalaman detektor emas.



Tip #7 - Deteksi lebih dalam dengan coil besar


Semakin besar coil, semakin baik kedalaman deteksi. Prinsip yang sangat sederhana dan penting. Berarti jika Anda ingin meninju sangat dalam dengan detektor Anda, Anda memerlukan coil besar. Coil besar direkomendasikan ketika mencari:

  • Segala benda Harta Karun

  • Benda logam agak besar

  • Artefak / Barang Peninggalan / Relik


Coil besar tidak direkomendasikan ketika mau mencari nugget emas kecil atau perhiasan yang sangat kecil karena kepekaan terhadap benda kecil berkurang.


Silahkan membaca info lebih lengkap terkait kumparan untuk detektor logam. Ini adalah topik yang terpisah.





Tip #8- Pakai Headphone


Kalau menggunakan headphone maka Anda dapat mendengar sinyal lebih halus juga. Dan itu bisa meningkatkan efisiensi secara keseluruhan, termasuk sensitivitas dan kedalaman.


pengguna detektor yang pakai headphone

Jadi, jika Anda ingin seperti para master hunter maka silahkan menggunakan headphone ya. Headphone dari Minelab, Nokta, dan Garrett sangat mengesankan. Nyaman dan sangat akurat. Headphone Garretts MS3 Z-Lynk misalnya mencapai kecepatan sinyal 6 kali lebih cepat daripada Bluetooth. Itu luar biasa. Ini akan membantu Anda menemukan lebih banyak harta karun. Sinyal sekecil apapun kedengaran kalau pakai headphone.





Waspadalah terhadap yang namannya “Detektor Jarak Jauh”


Saat ini ada banyak tawaran “detektor logam jarak jauh” di pasaran. Itu sebuah penipuan. Produsen detektor jarak jauh ini melebih-lebihkan kemampuan alat, salah mengartikan fakta ilmiah untuk memanjing pelanggan, dan menjanjikan klaim yang salah total.


info mengenai detektor logam jarak jauh

Kami melihat banyak orang yang tertipu dengan skema seperti itu dan memutuskan untuk menulis artikel tentang itu: Detektor Logam Jarak Jauh. Fakta yang mengejutkat! Tolong cek artikelnya supaya memahami modus penipuan penjual tersebut ya. Jangan kena penipuan. Berhati-hatilah!




Kesimpulan

Cara mengoptimalisasikan kedalaman logam detektor.


Setiap detektor logam berbeda. Opsi penyesuaian tergantung pada jenis detektor logam yang Anda miliki. Dengan detektor logam untuk pemula, Anda mungkin tidak dapat menyesuaikan frekuensi atau keseimbangan tanah, tetapi Anda masih dapat mengayunkan detektor lebih dekat ke tanah, memakai headphone, menaikkan sensitivitas, mengurangi diskriminasi dan menggunakan coil lebih besar untuk mencapai jangkauan deteksi lebih dalam.


Dengan model MD yang lebih canggih dan detektor logam Pulse Induction, Anda dapat menyesuaikan lebih banyak pengaturan untuk mengoptimalkan kedalaman. Tolong membaca buku manual detektor Anda atau hubungi kami.


Sekarang Anda tahu cara bagaimana mencapai kedalaman detektor lebih bagus. Silahkan menggunakan langkah langkah tersebut agar bisa lebih baik daripada yang lain.



sign up banner informasi pendeteksian emas

 

Saya harap artikel ini telah membantu Anda memahami bagaimana Anda dapat mengoptimalkan kinerja detektor Anda.


Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar, silahkan tinggalkan pesan di bagian komentar di bawah ini.


Sampai jumpa dan Selamat Berburu Harta Karun!

Happy hunting. : )


Saya harap Anda menemukan sesuatu yang luar biasa!

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Hallo. Saya Stephen.

 

Saya dan tim saya di ATM Promining™ membantu Anda mendeteksi dan mengolah segala jenis emas. 

Silahkan Sign Up agar saya bisa kirim membantu Anda. 

stephen-atmpromining-blog.webp

Thanks for registering.

tombol-whatsapp-suport.webp
Ahli-Pendeteksian-Emas-ATM-Promining_edited.png

Signup . Kamu juga bisa detektsi emas.

bottom of page