top of page
  • Gambar penulisTerry

Jenis Detektor Logam

Diperbarui: 23 Okt 2022

Penjelasan singkat mengenai jenis, kategori dan aplikasi detektor logam.



Definisi Detektor Logam


Sebenarnya detektor logam itu apa ya dan apa gunanya?

Metal detector atau alat detektor logam adalah perangkat yang bisa mendeteksi benda logam. Detektor logam digunakan untuk mencari benda logam terutama benda logam tersembunyi yang tidak mudah terlihat. Ada banyak aplikasi dan jenis detektor logam.



Jenis Detektor Logam


Ada beberapa tipe metal detector karena juga ada beberapa aplikasi yang berbeda. Semua detektor digunakan untuk menemukan logam yang tidak bisa dilihat dengan mata.



Detektor Keamanan


Perangkat detektor yang digunakan dalam konteks keamanan juga disebutkan Security Metall Detektor. Jadi aplikasinya selalu berhubungan dengan keamanan publik. Seperti di bandara udara, pelabuhan, pengadilan, instansi pemerintah lain, mall serta gedung-gedung publik lain. Ada dua subkategori.



Walkthrough Detectors


Alat ini berbentuk gerbang atau pintu. Di bandara selalu ada jenis detektor logam ini. Jika seseorang melewati detektor ini dan bawah benda logam, Walkthrough detector ini akan mendeteksinya. Dengan cara ini benda yang berbahaya seperti senjata tajam atau senjata api bisa terdeteksi. Alat ini juga sering digunakan di gedung umum lain seperti pengadilan, mall atau pelabuhan. Detektor ini diwajibkan oleh hukum di banyak lokasi seperti bandara.

















Handheld Detectors


Detektor logam genggam ini dirancang untuk mendeteksi benda logam yang mencurigakan, seperti senjata atau selundupan gelap logam. Petugas keamanan menggunakan detektor logam ini di pos pemeriksaan untuk memeriksa keamanan individu. Alatnya kecil, ringan dan dapat dioperasikan dengan satu tangan. Handheld Detector ini sering digunakan bersama dengan Walkthrough Detector di Pos Pemeriksaan karena detektor genggam ini lebih fleksibel daripada Walkthrough Detector.

Source: Garrett




Detektor Harta Karun


Detektor harta karun adalah detektor logam yang berbentuk tongkat. Alat ini juga bisa dioperasikan dengan satu tangan.

MD ini digunakan untuk mencari benda logam yang sudah jadi yang dalam tanah. Seperti cincin, perhiasan, koin kuno, barang peninggalan, relik dan artefak. Arkeolog sering menggunakan detektor harta karun. Selain itu ada banyak pemburu harta karun yang menggunakan alat ini untuk mencari harta karun yang tersimpan dalam tanah, di dalam dinding atau di dalam air. Detektor harta karun tidak bisa digunakan untuk mencari emas halus.





Detektor Emas


Detektor emas bentuknya persis sama seperti detektor harta karun namun sensitivitas terhadap benda logam lebih tinggi. Oleh karena itu detektor ini bisa digunakan untuk mencari emas alami yang biasannya halus. Seperti serpihan, pasir, debu dan urat emas. Detektor emas bisa digunakan sebagai detektor harta karun maupun detektor emas. Detektor ini biasannya digunakan oleh para penambang dan pemburu emas. Nama kegiatannya electronic gold prospecting.



Silahkan membaca info lebih lanjut terkait perbandingan detektor logam dan detektor serta perbedaannya.


Detektor Logam untuk Industri


Industri membutuhkan metal detector untuk mencari benda logam dalam produk mereka, terutama makanan, pakaian atau produk tembakau sebelum menjadi rokok, obat serta banyak produk lain untuk dikonsumsi manusia atau binatang. Kontaminasi makanan yang dikontaminasi dengan pecahan logam bisa membahayakan konsumen. Maka aplikasi detektor logam ini penting sekali dan sering diwajibkan secara legal. Silahkan membaca penjelasan lebih lanjut dari CEIE, salah satu produsen detektor logam industri paling terkemuka.


Source: CEIA



Dasar Cara Kerja Detektor Logam


Metal detector menggunakan medan atau gelombang elektromagnetik. Ketika benda logam masuk atau mendekati medan magnet detektornya maka ada perubahan medan magnet tersebut dan detektor mendeteksi keberadaan benda logam. Sensor untuk mengirim gelombang magnetik disebut coil. Coil ada banyak macam. Silahkan membaca detil lebih lanjut di sini.




Detektor Jarak Jauh


Alat ini adalah sebuah penipuan. Penjual menjanjikan pembeli bahwa detektor ini dapat mendeteksi emas dan barang berharga lainnya dari jarak yang sangat jauh. Ini adalah penipuan dan tidak bisa disamakan dengan jenis detektor logam lain yang disebutkan di atas. Ini link ke artikel khusus terkait penipuan detektor jarak jauh yang penting diketahui.



Aplikasi Detektor Emas untuk Hp


Aplikasi detektor emas untuk hp android dan iphone sering dijual di Indonesia dan negara lain dengan standar pendidikan masa yang rendah. Seperti detektor jarak jauh aplikasi itu adalah penipuan. Hp tidak bisa dijadikan detektor logam. Ada detektor yang memiliki app untuk hp namun app tersebut itu bukan detektor tetapi remote untuk perangkat detektornya.



 

Kesimpulan


Detektor logam ada beberapa macam. Alatnya ini melayani berbagai tujuan yang penting.


Apa masih ada pertanyaan terkait masalah detektor logam?


Silahkan menghubungi kami langsung atau sign up.


Hubungi kami : Tel: 0217992077 Hp / WA: 08994181142 Hp / WA: ​081289401406


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Hallo. Saya Stephen.

 

Saya dan tim saya di ATM Promining™ membantu Anda mendeteksi dan mengolah segala jenis emas. 

Silahkan Sign Up agar saya bisa kirim membantu Anda. 

stephen-atmpromining-blog.webp

Thanks for registering.

tombol-whatsapp-suport.webp
Ahli-Pendeteksian-Emas-ATM-Promining_edited.png

Signup . Kamu juga bisa detektsi emas.

bottom of page