• sl1782

Perbandingan Alat Detektor Logam / Emas

Diperbarui: 4 hari yang lalu


Saya harus milih detektor emas yang mana ya?



Salah satu pertanyaan yang sering saya dengar dari para penambang dan pemburu harta karun adalah


“Ada begitu banyak tipe detektor yang berbeda sekarang. Bagaimana cara saya memilih alat yang benar? Apakah saya perlu membeli yang paling mahal?

Lachlan ​Byrne

​Saya memiliki pengalaman lebih dari 39 tahun di bidang pencarian emas dan harta karun. Saya berasal dari Australia tetapi saya lebih sering di Indonesia, yang saya cintai dan hargai. Hubungi Kami


Memang ada banyak detektor hari ini. Tapi yang bagus tetap hanya sedikit. Detektor mana yang terbaik untuk Anda tergantung pada berbagai faktor dan pengalaman orang yang menggunakan detektornya. ​Jawabannya juga tergantung pada harapan Anda.

  • Apakah Anda berharap detektor Anda sangat mudah digunakan?

  • Apakah Anda berharap detektor logam Anda dapat mendeteksi butiran emas yang sangat kecil, seperti debu atau pasir emas?

  • Atau apakah Anda berharap detektor Anda bekerja dengan andal untuk mencari harta karun dan benda logam di dalam tanah?

  • Apakah Anda perlu detektor yang tahan air?


Dalam artikel ini saya membandingkan tiga detektor di berbagai ladang Emas dari Gorontalo, ke Lombok hingga Papua Barat (Manokwari). Untuk melakukan ini, saya mengunjungi lapangan tambang emas yang paling termineralisasi, dan - terima kasih kepada tim hebat di ATM Promining! - saya menggunakan tiga detektor logam paling populer dengan teknologi mutakhir yang ada di pasaran saat ini: Equinox800, AT Max dan Anfibio Multi.



Kalau membanding AT Max, Anfibio Multi dan Equinox800 maka kesimpulannya sederhana. Tidak perlu milih yang paling mahal! Anfibio Multi atau AT Max saja.


Cara membanding detektor & parameter Semua detektor hanya digunakan dengan baterai baru dan penuh.

  1. Waktu pengoperasian alat detektor masing-masing sama persis.

  2. Semua detektor di lokasi yang sama.

  3. Pretext dan target yang sama.



Anfibio Multi - Nokta



Nokta Anfibio Multi adalah detektor hybrid yang menggunakan berbagai tambahan fitur dan teknologi. Alatnya juga menggunakan fitur Multi Frequency (5/14/20 kHz). Dalam perbandingan ini, saya menjalankan Anfibio pada frekuensi 14 dan 20 kHz karena ini lebih mirip dengan AT Max dan Equinox 800 (15, 20). Dan terus terang, saya terkejut. Anfibio Multi berhasil dengan sangat baik. Yang jelas adalah bahwa detektor ini didesin oleh seseorang yang tahu cara mengoperasikan detektor. Saya harus mengubah terminologi dari terminologi Minelab karena Nokta menggunakan istilah yang berbeda untuk Sensitivitas (Gain). Kelihatan langsung. Anfibio dibuat dengan standar kualitas yang tinggi tanpa menjadi terlalu berat. Berat keseluruhan adalah 1.7 kg tetapi keseimbangan mesin bagus dan nyaman secara ergonomis. Handgrip dari karet nyaman dan semua tombol dapat diakses dengan ibu jari. Setting yang paling sering digunakan untuk mencari emas yaitu 3 Tone Mode Gain: 89. Disc: 04. Notch: 05. Notch volume: 02. Isat: 01. Frequency, 20khz.



Keunggulan Anfibio Nokta


  • Anfibio Multi secara konsisten mencapai kedalaman yang lebih baik daripada Equinox800.

  • Sensitivitas juga terbukti sangat tinggi. Jika menggunakan 20 kHz maka Anda bisa mendeteksi emas sekecil 0,2 g. Ketika menggunakan koil tambahan 5 Inch, Anfibio juga mampir mendeteksi Gold yang jauh lebih kecil lagi. Sebenarnya itu tingkat sensitivitas yang diharapkan dari Equinox800 dengan frekuensi tinggi.

  • Alarm getaran di pegangan adalah fitur sangat berguna dan handal. Hal ini memungkinkan pengoperasian detektor yang lebih fleksibel, mudah dan tenang. Jauh lebih nyaman daripada hanya Audio seperti di AT Max & Equinox800. Fitur alarm getaran menjadi lebih penting lagi jika mendeteksi dalam air atau waktu sudah gelap.

  • Alatnya kedap air sampai kedalaman 5 meter: pengguna dapat menemukan harta karun dan emas di tempat dimana Equinox800 dan AT Max tidak bisa dipakai lagi. Itu penting di sini di Indonesia karena beda dengan Australia, pengguna detektor disini sering menggunakan detektor untuk mencari nafkah. Profesional. ITULAH YANG DIPERLUKAN DI SINI.

  • 9 mode pencarian. Dengan 9 mode detektor emas ini pengguna bisa mengatur setingan secara optimal agar bisa mencapai hasil yang lebih bagus lagi.

  • Detektornya lebih ringan maka pencarian berjam-jam kurang melelahkan.

  • Kecepatan Anfibio cukup cepat.

  • Ini memiliki tampilan layar yang nyaman dan informatif.

  • Headphone nirkabel tersedia dalam perangkat.

  • Perubahan Tone Break Threshold untuk sinyal besi / bukan-besi.



Kekurangan Anfibio Nokta

  • Multi Anfibio adalah alat deteksi logam yang sangat aktif. Maka pemula harus belajar sedikit lebih lama sampai betul betul mengerti alatnya dan settingannya. Tetapi begitu Anda memahami pengaturannya, masalah itu tidak ada lagi.

  • Istilah teknis yang digunakan beda dengan istilah yang biasanya digunakan pada Garrett dan Minelab.

  • Kalau menggunakan alatnya di pantai atau laut, jarak koil ke tanah / pasir mesti diperhatikan. ​


Kesimpulan Anfibio Multi

Anfibio Multi adalah detektor logam dan emas serba guna yang hebat yang mendeteksi segala bentuk emas mulai dari harta karun hingga nugget kecil di semua jenis lokasi. Dalam pandangan saya, itu layak mendapat banyak pujian. Anfibio Multi sangat direkomendasikan.



Equinox800 - Minelab

Minelab Equinox800 dipasarkan sebagai generasi detektor emas baru detektor karena memiliki fitur teknologi Multi-IQ. Mesin Minelab ini beroperasi pada lima frekuensi VLF dan LF (5Khz, 10Khz, 15Khz, 20Khz, 40Khz), yang dirancang untuk memungkinkan deteksi target kecil maupun target besar.


Equinox800 dapat mendeteksi target besi dan yang bukan besi dan alatnya bisa membedakannya besi dan yang bukan besi.


Ada mode deteksi standar pabrik: Park, Field, Beach, dan Gold. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan setingan yang sesuai konteks lapangan termasuk faktor tingkat diskriminasi, sensitivitas, kecepatan dll.. Setiap mode memiliki dua level.


The Equinox 800 dioperasikan terutama di Field 2 dan Gold 2, namun Field 1, Beach 2 juga diuji. Dalam semua mode, Multi Frequency digunakan untuk menguji teknologi Multi-IQ dalam lingkungan dengan mineralisasi yang relatif tinggi. All Metal Mode sering digunakan untuk menilai kemampuan pemisahan target (target separation) dan kecepatannya (recovery speed).

Equinox800 sering kalah mengindentifikasikan target. Sinyalnya tenang dan nyaman. Terjadi 3 kali. Saya hanya sadar bahwa ada target karena saya bawa detektor AT Max dan Anfibio. Equinox kadang kadang tidak akan mendeteksi targetnya sama sekali. Memang bagus sinyalnya tenang dan nyaman tapi kalau kehilangan target apa gunanya?


..KONSULTASI GRATIS VIA TELPON ..WHATSAPP


Keunggulan Equinox800

  • Equinox 800 memiliki fitur noise-canceling yang menghindari interferensi dan gangguan yang disebabkan oleh alat detektor lain, saluran listrik, atau bentuk interferensi elektromagnetik lainnya.

  • Equinox800 secara otomatis memilih frekuensi operasional yang optimal. Itu bagus.

  • Ground Balancing Equinox 800 dapat dilakukan secara manual atau dapat disetel biar Ground Balancing dilakukan secara otomatis.

  • Equinox800 adalah detektor yang ringan.

Kekurangan Equinox800

  • Equinox800 berjuang untuk mempertahankan fokus pada targetnya (target lock) dan sering tidak mampu mendeteksi targetnya. Rupa rupanya ini adalah efek samping dari teknologi Multi IQ yang sebenarnya belum matang.

  • Equinox800 memiliki banyak opsi pengaturan lanjutan dan kustom. Itu bermasalah bagi pemula tetapi bagus untuk pengguna tingkat lanjut dan berpengalaman.

  • Mode Field 1, Beach 2, dan Gold 2 tidak memberikan peningkatan jangkauan deteksi atau konsistensi, meskipun dari ketiga mode tersebut, Gold 2 adalah mode yang terbaik.

  • Performa Equinox800 tidak seperti yang diharapkan dari sisi kedalaman maupun sensitivitas. ​​


KESIMPULAN MENGENAI EQUINOX800

Saya perlu mengatakan bahwa saya sangat suka SDC2300 Minelab saya. Luar biasa alatnya. Namun saya perlu jujur ​​dalam evaluasi model detektor Minelab Equinox800.


Pertimbangan marketing lebih diperhatikan daripada pertimbangan kualitas teknis di Minelab saat ini. Seperti Equinox800, meskipun menggunakan teknologi Multi IQ yang baru, tidak mampu meningkatkan sensitivitas atau kedalaman sama sekali. Saya memeriksa ulang target yang sama dengan AT Max dan Anfibio Multi beberapa kali sementara Anfibio Multi secara konsisten mencapai kedalaman dan sensitivitas yang jauh lebih baik. AT Max mencapai sensitivitas sedikit kurang dari Equinox tetapi kedalaman / jangkauan yang sama atau malah lebih baik. Kalau begitu untuk apa bayar mahal kalau perbedaan performa begini saja. Kayaknya teknologi Multi IQ yang baru ini tidak siap untuk dirilis / dipasarkan tetapi sudah dirilis untuk bikin shareholdernya senang. Saya tidak peduli bahwa teknologi Multi IQ tidak memenuhi harapan jika pakai alat kelas bawah dan murah seperti Vanquish. Sesuai harga saja. Tetapi Equinox800 mengecewakan dan tidak sesuai harganya. Ada anggapan bahwa Minelab tidak melakukan outsourcing ke Cina karena cara Cina sudah masuk ke dalam perusahan Minelab. Benar atau tidak, rilis detektor setelah model SDC2300 seperti GoFind, Equinox dan Vanquish mendukung anggapan tersebut mengenai kehilangan fokus kualitas di Minelab. Model GoFind adalah contoh kehilangan fokus kualitas yang paling nyata dan katastropik. Tetap, jangan salah paham. Equinox800 adalah detektor yang bagus, tetapi keunggulan teknologi Multi IQ yang dijanjikan oleh Minelab itu tidak nyata dan alatnya tidak lebih baik daripada model VLF yang lebih murah.



AT MAX - Garrett

Garrett AT Max pada dasarnya adalah kombinasi teknologi dari mesin AT Pro dan AT Gold Garrett, dikombinasikan dengan sejumlah perangkat, fitur dan setting tambahan. Beroperasi pada frekuensi operasi 13.6Khz, AT Max dioptimalkan untuk mencapai jangkauan deteksi logam lebih dalam lagi. Alatnya juga cocok untuk mendeteksi berbagai macam tipe target seperti barang peninggalan zaman lalu, artefak, relik, koin, perhiasan dan emas dalam bentuk alami (nugget, butiran, bongkahan dll) juga. ALLROUNDER.


Keunggulan AT MAX

  • Kedalaman tambahan yang signifikan lebih bagus.

  • Kemampuan membedakan tipe target juga lebih optimal.

  • Sistem Ground Balancing manual / otomatis juga memungkinkan AT Max menangani beragam komposisi tanah dan air. Satu detektor logam untuk semua jenis lokasi.

  • Sensitivitas mengejutkan saya. Saya berpikir mesin 13,6 Khz tidak akan mampu mendeteksi nugget kecil tapi ternyata bisa. Saya juga mendeteksi nugget sekecil 0.3g dengan AT Max.

Kekurangan AT MAX

  • Sinyal AT Max kadang kadang kurang stabil dibanding dengan AT Gold. Itu berarti Anda perlu memperhatikan pengaturan yang tepat dan Ground Balancing dengan baik.

  • Kadang-kadang AT Max overload dan Anda perlu restart alatnya. Itu bukan masalah, tetapi juga tidak ideal. Jarang terjadi tapi pernah terjadi. Mungkin karena cuaca waktu itu lagi panas sekali. ​


Kesimpulan mengenai AT MAX

AT MAX adalah detektor untuk heavy duty yang bekerja dan berfungsi dengan baik di darat dan di air untuk emas alami maupun harta karun. AT Max sangat mudah dioperasikan. Maka AT Max adalah detektor yang cocok untuk pemula maupun pengguna yang sudah berpengalaman. Good detector.




Anda ingin tahu titik emas dalam tanah di mana?

stephen-atmpromining-blog.webp

Hallo. Saya Stephen. Saya dan tim saya di ATM Promining™ membantu Anda mendeteksi dan mengolah emas. 

Silahkan Sign Up agar saya bisa kirim info terbaru. Info tersebut penting buat Anda agar bisa mencapai efisiensi yang tinggi juga. 

Jangan khawatir. Kita melayani penambang kecil maupun perusahan besar. Teknologi harus disebarkan secara sejahtera. 

Archives

Tema / Divisi

Whatsapp Chat Button.webp