top of page
  • Gambar penulisLeend

Mulai tahun baru dengan hobi baru: Ikut Metal Detecting

Diperbarui: 11 Jan 2023

Tahun baru mendekat. Banyak orang mulai memikirkan mengenai resolusi dan tujuan mereka untuk tahun baru apa. Biasannya resolusi tersebut ada kaitan dengan perubahan kebiasaan, lifestyle, kesehatan serta keadaan ekonomi dll.. Maka penyesuaian hobi juga sering menjadi bagian dari resolusi tahun baru. Jika Anda mencari hobi untuk di tahun baru, metal detecting menjadi salah satu opsi yang sangat bagus.


Daftar Resolusi Tahun Baru
Resolusi Tahun Baru dan Metal Detecting

Hobi Yang Menguntungkan: Metal Detecting

Metal detecting adalah hobi yang menyenangkan dan memungkinkan Anda untuk menjelajahi alam terbuka, bergerak aktif dan menemukan benda yang menarik dan bahkan bernilai, kuno dan bersejarah. Dengan metal detector yang tepat serta skill sederhana Anda sudah dapat menyisir pantai, taman, dan lokasi lain dan mencari harta terpendam di sana.


Metal detecting adalah kegiatan yang dapat dilakukan di mana saja. Anda tidak perlu lokasi khusus untuk mulai mendeteksi. Yang Anda butuhkan hanyalah metal detector dan tempat. Bergerak, sehat, menarik dan mungkin juga menguntungkan. Maka kegiatan ini sangat cocok untuk dijadikan resolusi tahun baru. Banyak orang sudah bosan tinggal di rumah saja. Apalagi pas pandemi. Dengan detektor Anda bisa keluar dari rumah dan melakukan sesuatu yang berbeda. Kegiatan asyik.


Sebagai contoh ya. Ini penemuan luar biasa di Sidoarjo.


Benda emas yang ditemukan di Sidoarjo pakai Metal Detektor.

Di Sidoarjo masih ada banyak harta karun lain. Ini hanya sebagian kecil dari apa yang bisa ditemukan di sana. Sejarahnya dan budaya kondusif dan ada beberapa area di sana yang layak untuk memburuh harta karun.




Hunting dengan Metal Detector itu Hobi Sehat

Selain menjadi hobi yang menyenangkan, metal detecting juga merupakan cara yang bagus untuk olahraga. Tergantung pada tempat Anda pergi dan berapa lama Anda mencari, Anda dapat membakar ratusan kalori dan mendapatkan latihan yang baik. Seperti jalan jalan namun dengan tujuan yang lebih menarik. Ini bukan seperti latihan intensif dan sulit tapi sehat dan low-intensity. Kan justru kegiatan seperti ini yang direkomendasikan untuk banyak orang. Masih ingat kata doktor? 6.000 langkah per hari! Ini membuatnya kegiatan yang sangat baik bagi orang-orang yang ingin memperoleh bentuk kuno, emas, perhiasan dll. sambil bergerak dan aktif di lapangan.


Silahkan cek daftar detektor emas.



Menemukan Benda Bersejarah, Berharga dan Menarik

Alasan lain mengapa metal detecting adalah kegiatan tahun baru yang sempurna adalah potensi penemuan emas dan barang berharga. Meskipun Anda mungkin tidak setiap kali metal detecting menemukan sesuatu yang berharga, rasa penasaran dan kemungkinan mengungkap harta terpendam adalah bagian dari apa yang membuat metal detecting begitu menyenangkan. Anda tidak pernah tahu apa yang akan Anda temukan - koin, perhiasan, artefak historis atau butiran emas - dan rasa terkejut saat menemukan sesuatu yang tak terduga adalah bagian dari apa yang membuat metal detecting begitu memuaskan.



Efek Penggunaan Detektor Terhadap Kesehatan

Penggunaan detektor logam juga dapat memiliki beberapa efek positif pada kesehatan mental. Salah satu alasannya adalah dopamin, neurotransmiter yang muncul di tubuh saat ada kenikmatan. Dopamin naik sampai level sangat tinggi saat Anda menemukan sesuatu dengan metal detector Anda.


Penggunaan detektor telah digunakan sebagai terapi untuk mengatasi PTSD (Post Traumatic Stress Syndrom). Info lebih lanjut: Metal Detecting & Mental Health.


Daftar 5 Keunggulan Hobi Metal Detecting


Metal Detecting Dan Dopamin

Saat Anda menemukan benda logam emas atau kuno pakai detektor, otak Anda merilis dopamin yang menyebabkan perasaan kenikmatan dan kepuasan. Rilis dopamin ini sangat bermanfaat sebenarnya. Sosmed bisa menyebabkan kecanduan karena kalau lagi terima banyak “like” atau komentar positif maka Dopamin naik. Namun Sosmed itu bukan kegiatan sehat untuk tubuh dan jiwa. Banyak anak, pemuda maupun orang dewasa sudah kena masalah kesehatan karena penggunaan sosmed yang salah dan keterlaluan. Sampai harus diadakan terapi untuk anak anak dan pemuda yang sudah punya masalah kecanduan Sosmed, terutama Tiktok. Ternyata metal detecting termasuk salah satu kegiatan yang bisa bantu dengan masalah kecanduan seperti itu karena rilis dopamin saat metal detecting juga tinggi namun kegiatannya sendiri sehat dan tetap bersifat olahraga di luar. Efek positif tersebut tidak ada batasan tertentu.


Dopamin + Olahraga + penemuan yang menarik dan bernilai = Hobi dan kegiatan sehat dengan efek positif.


Mengurangi Ketergantungan Dari Sosmed dll.

Hobi metal detecting dapat membantu mengurangi rasa bosan, stres, frustrasi atau gelisah dan memberikan rasa tujuan, petualangan dan makna.


Jangan hanya menghabiskan waktu anda di depan layar HP anda, Sosmed, Netflix dan lain sebagainya. Saat di lapangan menggunakan detektor di alam maka ada sumber dopamin alami memiliki manfaat tambahan bagi kesehatan mental dan tubuh.



Mulai hunting pakai detektor itu mudah.

Jika Anda pemula jangan khawatir - penggunaan detektor itu mudah. Kegiatan ini tidak perlu latihan lama. Bisa langsung. Bisa otodidak. Bisa belajar bareng dengan teman teman. Simpel dan nyaman. Bahkan ada beberapa metal detector khusus dirancang untuk pemula, dengan kontrol yang mudah digunakan. Anda juga dapat menemukan banyak sumber info online untuk membantu Anda, termasuk video tutorial dan forum di mana para pengguna detektor berpengalaman berbagi tip dan trik mereka.


Kalau belum yakin mesti pilih detektor yang mana maka silahkan membaca dan download checklist terkait pilihan detektor terbaik di 2023.




Jadi jika Anda mencari hobi atau kegiatan baru dan sehat untuk di tahun baru, pertimbangkanlah metal detecting. Pilihan baik, sehat dan menguntungkan dan ada unsur petualangan sekalian. Mantap.



Masih ada pertanyaan?


Butuh saran terkait detektor atau cara memulai mendeteksi harta karun?


Silahkan hubungi kami atau tinggalkan komentar di bawah ini.


Metal Detection Center Indonesia: ATM Promining™


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Hallo. Saya Stephen.

 

Saya dan tim saya di ATM Promining™ membantu Anda mendeteksi dan mengolah segala jenis emas. 

Silahkan Sign Up agar saya bisa kirim membantu Anda. 

stephen-atmpromining-blog.webp

Thanks for registering.

tombol-whatsapp-suport.webp
Ahli-Pendeteksian-Emas-ATM-Promining_edited.png

Signup . Kamu juga bisa detektsi emas.

bottom of page