• sl1782

Kapal harta karun di Indonesia: Nilainya ratusan milyar.

Diperbarui: 4 hari yang lalu

Artikel by Ramadhian Fadillah - Link


Merdeka.com - Nama kapal Flor de la Mar kini muncul kembali ke permukaan. Kapal seberat 400 ton tersebut berisi harta rampasan tentara Portugis pimpinan Alfonso De Albuquerque dari bumi Melaka. Kapal yang sempat berlayar selama 9 tahun di Lautan India ini dilaporkan karam pada November 1511 bersama harta rampasannya. Isinya fantastis. Si kuntum bunga lautan itu dikabarkan berisi 200 tong yang dipenuhi batu permata juga berlian berbagai macam ukuran.


Diperkirakan isi kapal yang tenggelam di sekitar perairan Aceh ini ratusan miliar.

Direktur Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sudirman Saad mengungkapkan, kapal tersebut kini jadi 'rebutan'. Tak cuma pemburu harta, produser dari Hollywood pun tertarik membuat filmnya.


"Ada satu kapal di Indonesia, diburu pemburu harta karun, namanya kapal Flor de la Mar. Produser film kapal Titanic minat kalau ditemukan kapalnya," kata Saad di Jakarta, Rabu (7/1).


Kapal berisi muatan barang berharga di Indonesia tak cuma Flor de la mar. Masih ada ratusan kapal diduga berisi barang berharga yang belum tersentuh.


Berikut kisah-kisah perburuan harta karun di Indonesia: 1. Para Indiana Jones di dasar laut Indonesia Pekerjaan mereka mencari-cari rute pelayaran kapal kuno. Menganalisa tempat kapal berusia ratusan tahun tenggelam. Melakukan penyelaman dan mengangkat harta karun bernilai ratusan juta dolar yang sudah ratusan tahun terkubur. Persis aksi tokoh fiksi 'Indiana Jones'.

CEK DETEKTOR HARTA KARUN


Para 'Indiana Jones' ini juga beraksi di dasar laut Indonesia. Sebagian memiliki izin untuk mengangkat barang muatan kapal tenggelam (BMKT) yang resmi dikeluarkan pemerintah. Sebagian lagi beroperasi secara ilegal. Kebanyakan para pencari harta ini adalah orang bule yang sudah berpengalaman puluhan tahun di bidang perburuan harta karun. Tidak heran, Indonesia setidaknya mempunyai 493 lokasi kapal karam. Berdasarkan data kementerian kelautan dan perikanan, dari jumlah itu, baru 10 persen yang sudah dieksplorasi. (...) Ada nama-nama seperti Luc Heymans, pria asal Belgia ini sudah malang melintang di dunia harta karun. Dua tahun lalu, dia berhasil mengangkat 271.384 artefak dari perairan Cirebon. Penemuan ini disebut-sebut sebagai penemuan harta karun paling berharga di Perairan Pulau Jawa. Sejumlah harta karun berharga yang ditemukan di lepas pantai Cirebon, Jawa Barat, dilelang di Singapura. Pelbagai artefak yang berusia sekitar seribu tahun itu ditaksir bernilai 733 miliar rupiah. Harta karun itu terdiri dari 250 ribu barang pecah belah dan perhiasan, meliputi guci keramik, mutiara, hingga emas.

Action! Preparasi Pencarian Harta Karun

  • Preselection (hit-list / spotlist / titik)

  • Strategi / proposal

  • Seleksi peralatan yang sesuai (detektor, kapal dan lain-lain)

  • Survey lokasi dan target / pre-verifikasi hitlist points

  • Mengurus ijin dari instansi yang bertanggungjawab. Hitam atas putih.

  • Kontrak pembagian hasil dengan instansi dan tim (resmi dan legal lebih bagus)

  • Expedisi

  • Dokumentasi / laporan

Rekomendasi kami: Kerja sama dengan tim arkeolog dari universitas terkenal agar urusan dokumentasi diurus oleh mereka. Kerjasama dengan tim arkeolog juga mempermudahkan pengurusan ijin dan - kalau perlu - pencarian investor. Peralatan: Tergantung tipe lokasi dan posisi targetnya (kedalaman). Wajib dimilik: diving equipment, peralatan pendeteksian emas dan harta karun, diving camera. Most equipment can be rented (ship, cranes etc.).

2. Kapal Vec De Geldermalsen & Tek Sing

Michael Hatcher, seorang pemburu harta karun asal Australia. Hatcher melakukan ekspedisi perburuan harta karun di perairan Blanakan Subang, Jawa Barat tahun 2010. Diduga dia tidak memiliki izin resmi untuk melakukan kegiatan itu. Hatcher pun sempat dicekal dan dicari polisi.


Michael Hatcher lahir di York, Inggris tahun 1940. Dia pindah ke Australia saat berusia 14 tahun. Hatcher mulai serius menekuni perburuan harta karun saat berusia 30 tahun. Perburuan harta karun pertamanya dimulai tahun 1970 dengan kapal tua yang direnovasi. Selain Indonesia, Hatcher beraksi tahun 1981 di Malaysia.


Di Indonesia, Hatcher berhasil mengangkat Kapal Vec De Geldermalsen di perairan Bintan Timur tahun 1986. Dia juga berhasil mengangkat kapal Tek Sing di Perairan Bangka pada tahun 1999. Disebut-sebut keuntungan Hatcher mencapai miliaran rupiah.


Hatcher pun membantah melakukan kegiatan ilegal. Pada sebuah media Inggris, Hatcher mengaku isu ini sengaja diciptakan para pesaingnya.


3. Langkah anak buah Susi selamatkan harta karun


Kabar Kapal Flor de la Mar berisi harta karun mewah membuat Indonesia harus makin ketat menjaga keamanan lautnya. Sebab, kekayaan laut kini tidak hanya soal ikan yang berlimpah.


Direktur Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sudirman Saad mengungkapkan, pihaknya telah memerintahkan agar melakukan survei nasional untuk seluruh benda muatan kapal tenggelam (BMKT).


Nantinya akan dipilih kapal mana yang harus diangkut dari dasar laut. Namun, syarat utama untuk lakukan pengangkatan, yakni bertujuan untuk penelitian.


"Pemerintah harus survei nasional, berapa kapal tenggelam. Mana yang boleh diangkat untuk ilmu pengetahuan," kata Saad di Jakarta, Rabu (7/1).


Kementerian yang dikomandani Menteri Susi Pudjiastuti ini menegaskan akan lebih fokus terhadap persoalan BMKT. Terutama, terhadap kapal tenggelam yang berumur 50 tahun lebih. "Nilainya di situ," ungkapnya.


0 tampilan0 komentar

Anda ingin tahu titik emas dalam tanah di mana?

stephen-atmpromining-blog.webp

Hallo. Saya Stephen. Saya dan tim saya di ATM Promining™ membantu Anda mendeteksi dan mengolah emas. 

Silahkan Sign Up agar saya bisa kirim info terbaru. Info tersebut penting buat Anda agar bisa mencapai efisiensi yang tinggi juga. 

Jangan khawatir. Kita melayani penambang kecil maupun perusahan besar. Teknologi harus disebarkan secara sejahtera. 

Archives

Tema / Divisi

Whatsapp Chat Button.webp