top of page

Pelatihan Dompeng Emas: Mencerdaskan Penambang di Sulawesi

Diperbarui: 7 Apr

Cakupan tugas latihan pertambangan emas.

Pelanggan minta Tim ATM Promining untuk melakukan pelatihan penggunaan mesin sedot emas dan perlengkapan terkait serta memberikan petunjuk dan pemahaman dasar terkait cara menambang emas plaser / aluvial. Pelanggan juga minta saran terkait dengan pencarian titik di sungai yang ada emasnya.


Di bawah ini kami menerangkan mengenai jenis tugas dan hasil perjalanan dan kunjungan pelatihan tambang emas kita selama 10 (sepuluh) hari di area pertambangan client tersebut.



1. Latihan penggunaan dompeng emas.

Customer sudah memiliki mesin sedot emas namun belum memahami ilmu tambang emas. Oleh karena itu kami mengajar cara penggunaan alat dompeng emas dan alat terkait. Dasar operasional termasuk metode penyedotan material yang mengandung emas, pemakaian suction nozzle dan fungsi blaster, serta sniping, pengawasan karpet emas dan keamanan penyelam dan tim lain. Selain cara operasional gold dredge dan highbanker faktor terkait lingkungan dan keamanan operasional juga diajarkan.



2. Mencari titik emas di sungai.

Padahal tugas ini bukan fokus pelayanan yang disepakati, ujungnya kami membantu customer ini untuk menemukan titik emas yang layak dikerjakan. Lokasi tambang yang ditunjukkan oleh pelanggan tidak optimal maka tugas pencarian areal yang mengandung emas dan layak dikerjakan otomatis menjadi prioritas. Tugas kedua lebih mudah dilakukan di medan yang ada kandungan emas.


tim ahli pengerukan emas










Tim, Operator dan Customer

Tim ATM Promining dan Pelatih Dompeng Emas

Pelanggan Perusahaan Tambang



Laporan Harian: Kegiatan Latihan Tambang Emas di Kali.


7 - 8 Juni 2022: Perjalanan ke Toli-Toli


Hari kedua. 9 Juni 2022: Tiba di Toli-Toli. Briefing awal.


Hari ketiga. 11 Juni 2022: Perjalanan ke pit tambang. Offroad & berbahaya. Kapal tenggelam.


tim tambang menuju lokasi di toli toli pakai kapal sungai

Mobil Terguling dalam Perjalanan Menuju Tambang di Sulawesi


Hari keempat. 12 Juni 2022: Perkenalan tim tambang. Inspeksi alat dan lokasi. Area tidak sesuai jenis alat tambang.


Hari kelima. 13 Juni 2022: Optimalisasi titik tambang. Latihan pertama.


tim tambang meminggirkan batu terlebih dahulu

Hari keenam. 14 Juni 2022: Latihan dompeng emas. Konflik dan solusi. Banjir & frustrasi.


memulai mengeruk emas pakai dompeng emas

hasil pengerukan emas dalam bentuk butiran

beko bukan jalan dan lokasi baru bisa nambang

Hari ketujuh. 15 Juni 2022: Penentuan titik tambang baru. Perbaikan mesin. Mengatasi masalah.


mendulang emas di lokasi dan sampling

Hari kedelapan. 16 Juni 2022: Pemindahan lokasi tambang.


Hari kesembilan. 17 Juni 2022: Buat basecamp baru. Menemukan emas yang memuaskan.


merakit alat dredge (pengeruk emas)

Hari kesepuluh. 18 Juni 2022: Menyedot emas. Hasil emas yang bagus. Masalah logistik.


mulai menyedot sedimen dan emas dasri lantai sungai

Hari kesebelas. 19 Juni 2022: Hasil terakhir sangat bagus. Perpisahan. Amanah antar orang sakit berat ke rumah sakit. Perjalanan ekstrim. Tabrakan. Mobil terbalik.


banyak emas di dulang saat di toli toli

mobil berguling tapi tidak ada korban

Hari keduabelas. 20 Juni, 2022: Kunjungan anggota yang sakit berat. Menunggu.


naik kapal ke lokasi emas di toli toli

Hari ketigabelas. 21 Juni, 2022: Perjalanan pulang. Menunggu di bandara.


Hari keempat-belas. 22 Juni, 2022: Perjalanan pulang. Perpisahan anggota tim.


Demikianlah laporan perjalanan ke lokasi pertambangan Pak Hamid ini dibuat, sesuai dengan tugas dan arahan yang kita terima berdasarkan kontrak kesepakatan di awal, kesimpulan dan hasil analisanya akan dijelaskan sebagai berikut :



Kesimpulan dan hasil latihan serta analisa keadaan di lapangan:

  1. Pak Hamid dan timnya tidak memiliki dasar pengetahuan dan pengalaman apapun mengenai tambang emas plaser dan peralatannya. Hal ini yang membuat mereka selalu berpindah lokasi area kerja, padahal kemungkinan di lokasi paling awal mereka sudah bisa menjadi area yang mempunyai potensi bagus untuk dikerjakan.

  2. Hal seperti inilah yang sering membuat biaya kerja dan operasional menjadi sangat besar. Pencarian dan penentuan area kerja yang tidak pasti akan menyebabkan besarnya biaya-biaya logistik, transportasi dan yang lainnya.

  3. Lokasi awal pak Hamid adalah lokasi yang kurang sesuai untuk mesin dredge dengan kapasitas 6 inch. Lokasi awal itu merupakan sungai besar, dengan lebar lebih dari 50 meter dan ditaksir kedalaman rata-rata bedrocknya sekitar 6-8 meter atau lebih.

  4. Lokasi awal tersebut lebih sesuai untuk skala kerja dengan alat berat atau ekskavator.

  5. Frekuensi banjir dan tingginya permukaan air saat banjir jelas menghambat kinerja mesin dredge, ditambah lagi harus bersaing bekerja dengan alat-alat berat.

  6. Diketahui area-area kerja di lokasi memiliki grade rata-rata diatas 0.7 gram per ton, bahkan di area-area tertentu, grade rata-ratanya mencapai sekitar 1.3 gram per ton atau bahkan lebih dari itu.

  7. Area dengan kondisi yg belum dikerjakan masih cukup banyak, atau virgin spot, dan area-area dengan kandungan deposit cukup tinggi juga masih sangat luas. Di beberapa area, dinding sungai purbanya sangat jelas terekspos. Area seperti inilah yang diburu oleh penambang lokal menggunakan mesin alkon jet atau molo.

  8. Ilmu tambang emas yang dipelajari dari Youtube dan Media Sosial tidak mencukupi sama sekali dan tidak mampu menyampaikan banyak faktor yang wajib diketahui. Faktor teknis, psikologis, geologis dan administratif. Media tersebut bisa membantu untuk membuat sebuah tim lebih semangat namun pengetahuan praktis dan operasional harus berdasarkan latihan kompeten on site.

  9. Ilmu yang bersifat teori saja tidak mencukupi di lapangan. Harus ada beberapa anggota tim yang memiliki pengalaman tambang emas, terutama gold dredging, yang praktis dan juga memiliki mindset penambang emas yang sesuai (keras). Ilmu teori lebih bermanfaat ketika digabungkan dengan ilmu praktis.

  10. Prospek pertambangan emas plaser masih sangat luas namun jalur transportasi yang masih cukup sulit.


katalog alat pengeruk emas


Saran dan petunjuk teknis terkait penggunaan Dompeng Emas

  • Sebaiknya menggunakan mesin dredge di area-area sungai kecil atau tributary area, dimana sungai-sungai kecil tersebut harus diketahui sebagai penyumbang emas besar ke sungai induk.

  • Jika menggunakan mesin dredge di sungai kecil, lebih baik menggunakan beberapa unit mesin supaya mesin dredge tersebut disebar tidak jauh ke arah hulu atau hilir dari basecamp. Jika ada mesin lating karpet emas yang ternyata menghasilkan produksi besar maka mesin dredge yang lain dapat dipindah ke lokasi yang mempunyai potensial produksi besar tersebut. Hal ini dapat mempercepat produksi seperti yang diinginkan oleh Pak Hamid padahal biaya operasionalnya masih jauh lebih kecil dari menggunakan alat berat.

  • Jika menggunakan alat berat di sungai induk atau area sekitarnya, sebaiknya membangun tanggul atau benteng yang cukup besar, karena volume banjir serta frekuensinya cukup tinggi.

  • Rata-rata area sungainya cukup dangkal, sehingga operasional kerja dengan alat berat tidak terlalu sulit.

  • Kalau menggunakan dompeng emas lebih bagus kalau sekalian disertai alat detektor emas supaya bisa menemukan titik emas dengan cara yang lebih cepat dan efektif.

  • Diketahui para penambang lokal hanya menggunakan mesin alkon, sebesar 5.5 Hp, dan nozzle hisap 3-4 inch saja, tetapi mereka mampu menghasilkan belasan, bahkan puluhan gram per hari. Pada beberapa kasus mereka mampu menghasilkan ratusan gram per hari. Coba membayangkan hasil yang bisa dicapai dengan dredge 8 inch seperti Spyro atau Highbanker 6 inch seperti Processor.

  • Kondisi cuaca di lokasi kerja cukup ekstrim, sering terjadi banjir harian dan suhu air yang cukup dingin dapat menyulitkan pekerjaan. Diperlukan peralatan dan perlengkapan tambahan untuk mengatasinya.


Ada pertanyaan terkait cara tambang emas? Membutuhkan latihan cara pengunaan alat dompeng emas juga? Supaya bisa berhasil.

Kontak ATM Promining™

Divisi Pertambangan Emas / Gold Dredging

T. (021) 7992077

Hp / Wa. 081289401406

Hp / Wa. 08994181142

e-Mail: dredging@tambang.id


Koordinat Toko dan Kantor:

Jalan Mampang Prapatan Raya No. 39. C5. 12790 Jakarta Selatan.

https://g.page/deteksiemas?share


⛔ JANGAN BELI BARANG TIRUAN.


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Hallo. Saya Stephen.

 

Saya dan tim saya di ATM Promining™ membantu Anda mendeteksi dan mengolah segala jenis emas. 

Silahkan Sign Up agar saya bisa kirim membantu Anda. 

stephen-atmpromining-blog.webp

Thanks for registering.

tombol-whatsapp-suport.webp
Ahli-Pendeteksian-Emas-ATM-Promining_edited.png

Signup . Kamu juga bisa detektsi emas.

bottom of page