top of page
  • Gambar penulisLeend

Dulang Emas vs Detektor Emas: 7 Perbedaan yang Perlu Diketahui

Diperbarui: 19 Apr 2023



Pencarian emas dengan alat dulang sering dibandingkan dengan aktivitas yang serupa, yaitu pencarian emas dengan alat detektor logam.


Banyak pemula yang ingin memulai aktivitas tersebut, namun mereka tidak yakin apakah mereka harus mencari emas dengan piring dulang emas atau dengan menggunakan detektor logam!


Berita baiknya, kedua kegiatan ini sama-sama MENAKJUBKAN dan tentu saja layak untuk dicoba…


... Namun, dalam postingan ini saya akan membandingkan secara detail antara keduanya, sehingga Anda dapat memilih yang paling sesuai untuk Anda.


Perbandingan

Mencari Emas dengan Dulang

Detektor Emas

Biaya

Lebih murah

Lebih mahal

Teknik

Memerlukan teknik pencarian menggunakan air dan peralatan sederhana

Memerlukan teknik penggunaan detektor dan pemahaman tentang teknologi detektor

Target

Emas alami dan barang tambang lainnya

Barang tambang dan harta karun yang tersembunyi

Lokasi

Sungai, anak sungai, atau tempat-tempat di mana emas ditemukan sebelumnya

​Tempat-tempat di mana aktivitas sejarah atau lokasi yang tidak banyak dideteksi oleh orang lain

Ilmu Teknologi

Tidak memerlukan kesadaran teknologi yang tinggi

Memerlukan pemahaman tentang detektor

Keuntungan

Tergantung pada lokasi

Bisa menghasilkan uang dengan meneliti dan menemukan situs yang baik untuk berburu. Keuntungan bisa signifikan.


1. Peralatan yang Dibutuhkan


Perbedaan terbesar antara peralatan yang dibutuhkan untuk mencari emas dengan saringan / dulang dan menggunakan detektor logam adalah biayanya!


Biaya peralatan dan alat deteksi logam jauh lebih tinggi daripada biaya peralatan untuk mencari emas dengan menyaring dan mendulang materialnya. Anda dapat memeriksa Harga Detektor Pemula di sini untuk mendapatkan gambaran!


Alat untuk menyaring emas cukup murah dan sangat mudah didapat. Yang perlu Anda lakukan untuk memulai adalah membeli perlengkapan dulang emas sederhana (Periksa Harga Alat Dulang) dan sekop dll..


Seiring berjalannya waktu, Anda juga dapat menambahkan palu, penjepit, layar klasifikasi, dan beberapa aksesoris tambang emas lainnya jika Anda mau. Jika Anda ingin mencari dengan cara hemat, Anda bisa membeli set pendulangan emas yang sudah komplit.


Sementara itu, menggunakan detektor emas bukanlah aktivitas yang murah…


... Selain mesin deteksi itu sendiri, Anda mungkin juga memerlukan alat lain yang diperlukan seperti headphone, pinpointers, trowel atau bedug, sekop khusus dan baterai isi ulang jika detektor berjalan pada baterai, cangkul pasir, dan lain-lain.


Jadi, kesimpulannya, jika Anda memiliki anggaran terbatas, maka memulai dengan mencari emas dengan alat dulang emas akan menjadi ide yang lebih baik. Jika tidak, menggunakan detektor logam akan lebih masuk akal secara finansial.






2. Teknik yang Terlibat

Tidak diragukan lagi, jika Anda ingin semakin berhasil dalam kegiatan mencari emas dengan dulang atau detektor logam, Anda perlu memahami dan bahkan menguasai teknik yang terlibat.


Ada dua faktor umum yang harus diingat saat menyaring emas:


  1. Membuat partikel emas yang padat mengendap ke dasar piring dulang. Anda bisa melakukannya dengan mengocok campuran air dan endapan dengan kuat.


  1. Mengurangi jumlah endapan dalam dulang dengan membersihkan lapisan atas bahan yang dikumpulkan dengan hati-hati.


Banyak pencari emas juga mencari dengan cara mempraktekkan cara meletakkan potongan-potongan kecil logam seperti potongan kecil timbal pada sedimen. Timbal itu juga logam berat seperti emas maka bisa digunakan sebagai pengganti emas jika mau berlatih.

Kalau mau belajar detil bisa membaca dan menonton post ini tentang cara pendulangan emas.


Sementara itu, dalam menggunakan detektor logam, salah satu teknik yang harus dikuasai adalah bagaimana cara mengayunkan detektor Anda. Setiap detektor logam memiliki prosesor yang tertentu. Beberapa prosesor lebih cepat daripada yang lain dan mampu scan areal yang lebih luas daripada detektor lain dalam waktu yang lebih singkat. Penting untuk memahami bahwa hanya mengayunkan detektor Anda dengan cepat tidak akan memberikan hasil yang memuaskan. Itulah sebabnya Anda perlu tahu cara menguasai ayunan Anda untuk mendapatkan hasil terbaik.


Saat belajar teknik mencari emas dengan dulang, tidak memerlukan waktu lama, begitu juga dengan teknik menggunakan detektor logam. Satu-satunya hal yang harus diingat dalam kedua aktivitas ini adalah bahwa seiring dengan pengalaman, Anda mulai mengembangkan pemahaman bawa Anda harus menggali dan memperhatikan ciri khas titik yang mengandung emas.





3. Target yang Mungkin Ditemukan

Ketika Anda menggunakan detektor logam, barang-barang yang paling umum ditemukan adalah perhiasan dan koin yang hilang. Barang-barang sampah seperti paku, kaleng soda, dan tutup botol biasanya menjadi barang yang paling banyak ditemukan.


Yang berlimpah yaitu perhiasan yang hilang, seperti anting-anting atau cincin berlian, cincin platinum, kalung, gelang perak, dan sebagainya. Kegiatan pencarian perhiasan seperti itu bahkan bisa menjadi kegiatan yang menguntungkan dan Indonesia sudah ada banyak hunter yang melakukan hal itu secara profesional.


Terkadang, jika Anda memiliki detektor logam berkualitas sangat baik dan Anda mampu mendeteksi lebih dalam di bawah tanah, Anda bisa menemukan perhiasan antik, liontin, medali, dan jika Anda beruntung, harta karun tersembunyi.


Tentu saja, tujuan utama dari mencari emas dengan alat dulang adalah untuk menemukan emas yang alami, tetapi sering kali, Anda juga menemukan barang-barang menarik lainnya saat menyaring material.


Beberapa di antaranya termasuk batu-batu dan fosil yang tidak biasa, batu permata dan mineral lainnya, perhiasan hilang, koin, dan sebagainya. Batu permata dan mineral lainnya yang berharga seringkali juga menjadi barang yang populer ditemukan karena di mana ada emas, kemungkinan juga ada logam lain yang berharga. Kami juga pernah menemukan deposit safir kecil, urat kuarsa, dan mineral lain yang bagus.





4. Lokasi

Ketika Anda berbicara tentang mencari emas dengan perlengkapan dulang, tempat yang paling mungkin untuk menemukan emas adalah di sungai, terutama anak sungai yang airnya dangkal. Tanah di sepanjang sungai yang melintasi tambang emas atau tempat-tempat di mana emas pernah diamati sebelumnya juga menjadi tempat yang layak untuk mencari emas.


Banjir di badan air juga membantu memindahkan dan mendistribusikan emas. Banjir membantu mengolah kembali endapan sungai yang ada dan mengungkapkan emas. Banyak orang sukses menemukan emas setelah hujan lebat atau banjir yang terjadi.


Gunung dan bukit juga dapat menjadi situs potens menjadi situs potensial bagi pencari emas. Dan di Indonesia sangat banyak gunung yang mengandung emas. Selain itu setelah ada gunung api yang meletus semua sungai sekitarnya harus dicek ulang. Seperti yang terjadi 2018 saat Merapi meletus. Setelahnya beberapa sungai tiba tiba mulai mengandung emas. Banyak contoh yang lain.

Sementara itu, untuk detektor logam, area yang dikunjungi oleh banyak orang, tempat-tempat yang memiliki aktivitas sejarah, dan lokasi yang tidak banyak dideteksi oleh pencari harta karun lainnya, biasanya menjadi tempat yang paling menguntungkan. Di sini harus membedakan antara lokasi untuk mencari emas alami seperti nugget atau urat dan lokasi untuk pencarian harta karun.


Beberapa lokasi yang bagus untuk detektor logam meliputi taman, pantai, stadion olahraga, gereja, medan perang, hutan, lapangan, tempat berkemah, dermaga, balap kuda, taman bermain, tempat piknik, sungai, kota hantu, lokasi anker, candi, kuburan, atau rumah yang terbengkalai, dan banyak lagi.



5. Pemahaman Teknologi


Untuk mengoperasikan detektor logam, terutama yang lebih baru, Anda perlu memiliki pengetahuan teknologinya. Istilah terakti detektor emas seperti sensitivitas, diskriminasi, frekuensi, konduktivitas dan VLF, Multi IQ dll. harus dikenal oleh Anda.


Namun, untuk mencari emas dengan alat dulang, Anda hanya perlu mengambil peralatan dan mulai mencari dengan memahami teknik yang terlibat.





6. Dapat Cuan

Kebanyakan orang tidak memulai menggunakan detektor logam dengan rencana untuk menjadi kaya. Meskipun Anda masih bisa menghasilkan uang dengan detektor Anda jika Anda meluangkan waktu untuk meneliti dan menemukan situs yang baik untuk berburu.

Kalau merencanakan strategi pendeteksian emas dengan baik dan mengidentifikasi tempat-tempat yang berpotensi menguntungkan maka preparasi itu sangat meningkatkan peluang keberhasilan. Dan ada banyak yang SANGAT BERHASIL.


Silahkan cek ceritahnya Saleh atau Hery. Hery masih di lapangan. Atau cek referensi dari lapangan di Indonesia di https://www.tambang.id/kisah-sukses


Dalam kebanyakan kasus dan cara penggunaan detektor yang normal, jumlah emas yang Anda temukan mungkin tidak cukup untuk membuat Anda kaya. Namun, kalau meluangkan waktu yang mencukupi dan tambah preparasi dan penelitian terkait Gold prospecting maka bisa mencapai level ekonomis sekali. Jika Anda ingin mencari emas besar, Anda harus melakukan penelitian dan mendefinisikan areal yang layak untuk dikerjakan.




7. Regulasi / Sosialisasi

Sebelum keluar rumah untuk kedua aktivitas ini, penting untuk mengetahui hukum / peraturan di tempat Anda tinggal. Pencarian emas alami di lahan yang umum tidak legal di Indonesia jika dilakukan tanpa izin terkait. Itu masalah tersendiri ya. Minimal begini: Jangan main detektor di sebuah lahan tanpa persetujuan dan pemilik dan orang lokal. Jangan merusak apa apa. Itu adab paling dasar. Selain itu jangan tarik banyak perhatian karena bawah alat berat atau hunting dalam rombongan.


Mencari emas tanpa persetujuan, terutama di properti orang lain tanpa orang tersebut kasih persetujuan, dapat mengakibatkan penangkapan atas tuduhan pencurian, vandalisme, atau perusakan. Di tanah pemerintah federal, propinsi, dan lokal, pencarian emas dapat diizinkan dengan izin tertentu.




Pikiran Akhir

Saya benar-benar berharap artikel ini memberikan ide yang jelas tentang perbedaan utama antara kedua aktivitas ini. Pada akhirnya, salah satunya akan menjadi aktivitas yang cocok dan asyik untuk Anda. Petualangan yang unik.



Ingin saya buka 8 rahasia yang para profesional ingin rahasiakan? Silahkan download e-book gratis tentang rahasa pencarian emas di sini.


Mengapa tidak melakukan keduanya? Betul, ini bisa menjadi lebih menyenangkan dan menguntungkan! Biasannya prospektor emas yang berpengalaman selalu bawah alat dulang juga saat pakai detektor di lapangan.




Akhirnya, jika Anda tertarik pada detektor logam, saya mengundang Anda untuk memeriksa perbandingan dan panduan memilih detektor ini. Di mana saya membagikan perbedaan antara detektor emas dan detektor harta karun jelaskan pilihan terbaik sehingga Anda tidak akan memilih yang salah jika Anda hanya ingin fokus pada emas!


Ada pertanyaan? Silahkan hubungi kami.




Postingan Terakhir

Lihat Semua

Hallo. Saya Stephen.

 

Saya dan tim saya di ATM Promining™ membantu Anda mendeteksi dan mengolah segala jenis emas. 

Silahkan Sign Up agar saya bisa kirim membantu Anda. 

stephen-atmpromining-blog.webp

Thanks for registering.

tombol-whatsapp-suport.webp
Ahli-Pendeteksian-Emas-ATM-Promining_edited.png

Signup . Kamu juga bisa detektsi emas.

bottom of page