• sl1782

Survey - Emas di Sungai



Nambang Emas di Sungai

Pakai Dompeng sebagai alat tambang emas dan alat survei

Foto di atas adalah contoh salah satu cara pemakaian dompeng emas (stik / lanting ). Jadi dompeng emas digunakan dalam dua fase.


1. Sebagai alat eksplorasi dan survei.

Dompeng digunakan untuk mencari deposit dan titik emas terbaik di sungai. Dompeng (Dredge) di bawa ke titik yang tertentu yang sudah memenuhi kriteria visual khas untuk deposit emas. Baru dompengnya dipakai disana untuk mengetes titiknya. Operator harus mencatat koordinat titiknya, waktu pekerjaan, kedalaman, tipe material sekitarnya, kuantitas dan bentuk emas. Data itu harus dikumpulkan.


Persyaratan:

1. Dompeng emas ukuran 4 - 6 inci.

2. Alat detektor emasyang kedap air.

3. Alat dulang emas modern.

4. Alat untuk dokumentasi kegiatannya.


2. Sebagai alat produksi dan pengelolaan emas.

Kalau tahap pertama sudah selesai maka pemilik / operator dompeng emas sudah bisa membanding dan memilih salah satu titik dengan prospek / potensi yang paling bagus. Baru dia bawa dompeng emas dengan kapasitas lebih besar (6-10 inci) atau dia tambah jumlah dredge yang dia miliki di lokasi.


Persyaratan:

1. Dompeng emas ukuran 6 - 10 inci.

2. Alat detektor emas yang kedap air.

3. Konsentrator ampas / konsentrat.

5. Alat untuk dokumentasi kegiatannya.




Penambang emas rakyat tidak ada bajet untuk melakukan kegiatan eksplorasi formal dan modern. Tapi ada hal yang tidak boleh dilupakan. Lokasi tambang paling besar di dunia tidak ditemukan dengan high technology tetapi dengan ilmu mengenai indikator emas visual. Sampai saat ini kemampuan geolog Jerman, Belanda dan Kanada di zaman lalu masih legendaris. Orang Belanda sudah mampu mengetahui titik deposit emas dan logam lain. Oleh karena itu para penambang emas di Indonesia harus mengadaptasikan metode yang sesuai maka itu aplikasi ilmu sederhana (tapi penting) serta teknologi yang masih sesuai dengan bajetnya. Dengan dua hal itu sudah bisa melakukan eksplorasi yang sistematis, hemat waktu, hemat biaya dan efisien. Deposit emas yang dicari oleh penambang emas rakyat sudah otomatis tidak harus besar sekali. Cukup kalau bisa kerja di salah satu lokasi beberapa bulan dengan hasil yang bagus. Selama operasional di sana sudah bisa preparasi titik berikutnya (scouting - silakan ilustrasi di bawa ini).

Dredge ATM Promining™menjamin standard kualitas dan efisiensi paling tinggi padahal harganya masih murah dan sesuai dengan bajet penambang rakyat. Jadi operator dredgenya (dompeng emas) bisa beruntung dalam waktu jauh lebih singkat. Contoh: karpet emas biasa yang digunakan oleh penambang tradisional rata2 mencapai efsiensi sekitar 15%. Kadang-kadang malah lebih rendah lagi. Dredge ATM Promining sudah lengkap dengan segmentasi horisontal dan vertikal dan mencapai efisiensi >85% untuk emas yang sudah lepas dari batuan. Hal itu juga tergantung tipe dan kehalusan emas tapi rata-rata begitu. Penambang rakyat bisa sukses juga, tapi mereka harus mengikuti SOP tertentu (yang aman), mereka harus menggunakan alat yang bagus agar tidak kehilangan emasnya dan mereka harus kerja dengan cara yang sistematis.

SILAKAN CEK MODEL DOMPENG EMAS







3 tampilan0 komentar

Anda ingin tahu titik emas dalam tanah di mana?

stephen-atmpromining-blog.webp

Hallo. Saya Stephen. Saya dan tim saya di ATM Promining™ membantu Anda mendeteksi dan mengolah emas. 

Silahkan Sign Up agar saya bisa kirim info terbaru. Info tersebut penting buat Anda agar bisa mencapai efisiensi yang tinggi juga. 

Jangan khawatir. Kita melayani penambang kecil maupun perusahan besar. Teknologi harus disebarkan secara sejahtera. 

Archives

Tema / Divisi

Whatsapp Chat Button.webp