• sl1782

Pertanyaan perihal detektor logam dan mineralisasi tinggi

Diperbarui: Apr 26

Tadi Pak Rombeng ada pertanyaan yang bagus. Pertanyaannya Pak Rombeng seperti berikutnya:


Rombeng Kinata Siip mantap sekali. Ada satu pertanyaan tentang tanah tertentu jika digali/dilubangi dan dilewati koil detektor menunjukan nada tingi emas padahal tidak ada logam sedangkan alat yg dipakai garett at pro. Apakah tanah tersebut yg dimaksud tanah bermineral tinggi. Terima kasih sebelumnya.

Jawabannya.


"Tanah dengan mineralisasi tinggi": Apa yang dimaksud dengan istilah itu? Ini bukan definisi kami tapi istilah para prospektor diseluruh dunia. --> Tanah yang mengandung elemen yg magnetis, mineral dan logam alami selain emas.


Kenapa hal itu penting? Karena tanah seperti itu bisa menggangu sinyal detektor, khususnya detektor yang berbasis VLF teknologi.

Simptom gangguannya: sinyal yg tidak stabil, detektor bunyi walaupun logam tidak kelihatan kalau sudah digalih tanahnya, detektor kadang2 bunyi dan kadang2 tidak walaupun tempatnya sama.


Apa yang bisa dilakukan: Pastikan bahwa gangguan yg dialami tidak disebabkan cara operasional yg salah. Rekomendasi operasional: 1. Factory reset. 2. Groundbalancing. 3. Menyesuaikan sensitifitas sampai sinyalnya (treshhold) cukup stabil (rata). 4. Mengecek koneksi koil dengan kontrolbox.

Kasus Pak Rombeng:

Mencari emas di lokasi yang rupa2nya mineralisasinya tinggi. Pakai alat AT Pro.


Penjelasan lebih spesifik:


1. Maaf Pak Rombeng ya. Saya harus menjelaskan bahwa detektor Anda tidak beli dari kami (agen resmi) karena masalah seperti ini biasanya bisa dihindari kalau konsultasi Pra-Beli sah dan komplit. Investasi Anda harus termasuk tidak hanya alat tapi pra- dan after-sales servis juga!! Hak konsumen.


2. Detektor Anda: AT PRO INTERNATIONAL. Detektor itu bukan detektor emas. Detektornya bisa dipakai untuk mendeteksi harta karun. Kalau dipakai untuk pendeteksian emas HANYA bisa mendeteksi BUTIRAN EMAS UKURAN BESAR. Detektor Series AT ada dua alat, yaitu AT PRO untuk HARTA KARUN DAN BUTIRAN EMAS AGAK BESAR dan AT GOLD untuk MENDETEKSI BUTIRAN EMAS. Perbedaan alat itu adalah tingkat sensitifitas. Alat AT GOLD sensitifitas jelas lebih tinggi dan sesuai untuk pendeteksian butiran emas. Jadi mungkin salah konsultasi awal. Kalau Pak Rombeng dari awal ingin mencari emas, mesti pakai alat AT GOLD bukan AT PRO. Sekali lagi, ini mungkin kesalahan konsultasi awal, bukan Pak Rombeng sendiri. Penjual harus merekomendasikan alat yang sesuai untuk aplikasi yang diinginkan oleh klien!!!!


3. Kenapa detektor bisa bunyi walaupun tidak ada logam? Perbedaan detektor VLF dan PI. Anda pakai alat yang berbasis VLF teknologi. VLF detektor bisa dibayangkan seperti balanced electrostatical field. Kalau field itu berubah dan balancenya dirubah karena ada logam lain, detektornya akan bunyi. Jadi .... walaupun logamnya tidak kelihatan mungkin ada pasir besi dan magnetis misalnya. Pasir besi (dalam tanah atau batu) bisa menggangu detektor Anda kalau kuantitas sudah cukup walaupun tidak kelihatan. Bentuk logam lain tidak begitu penting. Yang penting kuantitasnya. Karena itu untuk lokasi dengan mineralisasi tanah yang tinggi biasannya mesti pakai detektor yang berbasis teknologi Pulse Induction. Detektor Pulse Induction tidak mudah diganggu oleh pasir hitam misalnya karena prinsipnya teknologinya beda. Detektor PI mengirim sinyal (pulse induction) ke dalam tanah/batu. Sinyal itu dikirim balik (refleksi) oleh butiran logam, termasuk butiran emas. Pasir hitam terlalu halus biasannya dan tidak menyebabkan refleksi sinyal detektor. Para prospektor pakai istilah: non-responsive form. Jadi bukan kuantitas pasir hitam yang penting tapi BENTUKNYA. Kalau ada logam yg berbentuk butiran, detektor PI akan bunyi. Karena butiran emas biasannya (ideal) lebih besar dan "responsive" dibanding dengan pasir hitam / pasir magnetis, maka detektor PI bisa dipakai di tanah dengan mineralisasi tinggi. Detektor PI akan bereaksi dengan logam yg paling responsive bentuknya! VLF tidak begitu.


Karena itu kami jarang merekomendasikan alat AT PRO untuk penambang emas. Tidak cocok. Harus minimal AT Gold atau detektor PI.


Walaupun Pak Rombeng bukan klien saya, silakan menghubungi kalau perlu penjelasan lagi.

You are welcome.


Tim tambang.id


2 tampilan0 komentar

Anda ingin tahu titik emas dalam tanah di mana?

stephen-atmpromining-blog.webp

Hallo. Saya Stephen. Saya dan tim saya di ATM Promining™ membantu Anda mendeteksi dan mengolah emas. 

Silahkan Sign Up agar saya bisa kirim info terbaru. Info tersebut penting buat Anda agar bisa mencapai efisiensi yang tinggi juga. 

Jangan khawatir. Kita melayani penambang kecil maupun perusahan besar. Teknologi harus disebarkan secara sejahtera. 

Archives

Tema / Divisi

Whatsapp Chat Button.webp